Eksperimen ini Buktikan, Seburuk-Burukuknya Asap Knalpot Masih Lebih Berbahaya Asap Rokok

MASIH MAU MEROKOK?

Kalau ada yang berpendapat asap rokok tak lebih berbahaya dari polusi kendaraan. Maka pendapat anda akan PATAH oleh eksperimen ini...


bahaya asap rokok lebih esar daripada asap kendaraan

Kenapa asap rokok lebih berbahaya dari polusi akibat asap kendaraan bobrok...?

Jawaban atas pertanyaan tersebut berhasil dipecahkan salah satunya oleh Dr Giovanni Invernizzi dan timnya dari Tobacco Control Unit of Italy's National Cancer Institute yang menganalisis kedua jenis asap tersebut melalui sebuah uji coba. Eksperimen itu berlokasi di sebuah garasi yang bertempat di desa kecil di Italia Utara dengan tingkat polusi rendah.

Mengutip detik, percobaan dimulai dengan menyalakan mesin diesel berisi 2 liter bahan bakar diesel bersulfur rendah selama 30 menit di garasi dengan pintu ditutup (yang sebelumnya sudah dibiarkan terbuka selama 4 jam).

Sesudahnya, tiga filter rokok dinyalakan dan dibiarkan membara selama 30 menit dalam ruangan yang sama.

Baca Juga :  Anda Perokok Pasif? 4 Resiko Mengerikan ini Mengancam Kesehatan Anda

Dari hasil pengamatan, pada sesi pertama sebelum rokok dinyalakan tingkat polusi udara pada garasi tersebut berada di angka 88 ug/m3.

Dibandingkan dengan tingkat polusi sesudah tercampur dengan asap rokok, tingkat polusinya meningkat menjadi hampir 10 kali lebih besar yaitu 830 ug/m3.

"Saya sangat terkejut. Kami tidak berharap menemukan perbedaan besar dalam hal partikular yang dihasilkan," kata Dr Invernizzi menanggapi hasil temuannya seperti dilansir New Scientist, Jumat (22/9/2017).

Studi ini pun menambah deretan fakta, meskipun sama-sama berbahaya, asap rokok tetap lebih buruk bagi kesehatan dibandingkan dengan asap kendaraan.

Di samping itu, berbagai studi pun sudah sering menjelaskan bahwa di dalam asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia racun (toksik) dan 43 senyawa penyebab kanker (karsinogenik) yang artinya memang lebih banyak dari kandungan berbahaya asap kendaraan.

Dan akibat dari menghirup asap rokok itu sendiri ialah dapat mengganggu sistem pernafasan, penyempitan pembulu darah dan masih banyak efek dari menghirup asap rokok.
Top