Tahukah Bunda Ternyata Kepintaran Bayi Ini Muncul Secara Alami, Ini Yang Harus Bunda Lakukan

Komentar


KEPINTARAN BAYI YANG MUNCUL SECARA ALAMI

Tahukah Bunda, si kecil secara alami akan memiliki kemampuan-kemampuan ini. 

Tugas Bunda hanyalah harus rajin memberinya stimulasi-stimulasi yang dapat merangsang si kecil melakukan kemampuan alaminya. 

Berikut caranya:

Berikut 13 kepintaran bayi yang dimilkinya di usia 0-6 bulan seperti yang dikutip dari ayahbunda.co.id.

  1. Menggerakan kepala dari satu sisi ke sisi lain (1 bulan).
  2. Berkedip bila ada cahaya (1 bulan). “Silau, man!” Kalau dia bisa bicara, mungkin itu yang terucap. Meski penglihatannya masih buram tapi, bila lampu kamar tiba-tiba berpijar, dia berkedip menyesuaikan matanya dengan situasi dari gelap ke terang.
  3. Senyum (2 bulan) pada Bunda yang bisa dilihatnya dari jarak sangat dekat.
  4. Mengulang bunyi "ooh" dan "aah" (2 bulan), sebagai awal dari babbling.
  5. Membuka dan menggenggam (3 bulan). Coba letakkan jari Anda di telapak tangannya, pasti dia genggam.
  6. Memegang dan menggoyang mainan (3 bulan), apalagi mainan yang bisa bunyi.
  7. Berguling (4 bulan) karena otot punggungnya tambah kuat.
  8. Melek warna (4 bulan), terutama warna-warna terang; kuning, merah dan hijau terang.
  9. Memerhatikan benda-benda kecil (5 bulan) bisa dilakukan bayi di usia  ini karena koordinasi kedua mata mulai berkembang. Bayi akan mendekatkan benda-benda ke arah matanya. Hebat! Dia bisa memusatkan perhatiannya pada benda kecil.
  10. Meraih & mendekati mainan (5 bulan), bisa dilakukan dengan cara apa saja; berguling dan mendorong badannya dalam posisi telungkup.
  11. Memegang botol sendiri (6 bulan) karena otot lengan dan telapak tangannya kuat.
  12. Meniru ekspresi wajah (6 bulan). Cemberutlah, maka bayi Anda akan mengikuti ekspresi wajah Anda yang cemberut.
  13. Mengucap “ba..ba..ta..ta” (6 bulan), karena organ bicaranya berkembang. Suku kata yang dia ucapkan menyerupai awal sebuah kata.
Setelah bunda mengetahui 13 kepintaran bayi yang muncul secara alami, bunda hanya tinggal mendukungnya dengan memberikan beberapa cara dibawah ini:

Mendukung Kecerdasan Bayi Sejak Dini

Hampir seluruh perkembangan otak bayi dalam enam bulan pertama kehidupan merupakan perkembangan motorik dari kelima inderanya (penciuman, pendengaran, perasa, penciuman dan penglihatan) dengan kemampuan kognitif. Apa yang  bisa dilakukan orang tua dan pengasuh untuk mendukung perkembangan otak bayi secara maksimal selama usia enam bulan pertama kehidupan bayi?

Nutrisi

Mama yang masih memberikan ASI eksklusif harus makan sesehat mungkin. Artinya buah dan makanan mentah, sebaiknya ditanam secara organik untuk mengurangi kandungan pestisida dan mineral berlebih, mengingat janin dan bayi sangat rentan terhadap efek berbahaya pestisida.

Perawatan Dasar

Seperti sudah diketahui, bayi perlu diberi kehangatan, perlindungan, serta perhatian penuh kasih yang menjadi dasar pengasuhan bayi. Sebagai bagian dari naluri bertahan hidup, bayi sejak awal sadar jika mereka kurang mendapatkan pengasuhan dan mengalami perkembangan yang terhambat.

Sensitivitas Sensori Motor

Perkembangan otak yang paling dini terutama melibatkan keterampilan motorik dan lima indera. Orang tua yang penuh kasih perlu merangsang bayi di area ini, seperti sering memberikan pelukan, memanjakan, bernyanyi, hingga berbicara dengan ucapan sederhana yang mudah dipahami bayi. Lingkungan juga perlu memberikan stimulasi positif dengan musik, mainan, percakapan menyenangkan, dan tanda-tanda kehidupan bahagia lainnya.
Top