Susah Hadapi Permasalahan Hidup Coba Terapi Al Qur'an Jawaban Dari Semua Masalah

Komentar


TERAPI AL-QURAN, JAWABAN DARI SEGALA PERMASALAHAN HIDUP

Al Quran adalah komponen terlengkap, terjelas, terakurat dan merupakan buku petunjuk bagi manusia dalam menjalani hidup di dunia. Semua peristiwa-peristiwa yang ada di dunia, jelas tertulis di dalam Al Quran. Semua kemajuan teknologi pun, sudah digambarkan jelas di dalam Al Quran. Lalu bagaimana dengan masalah hidup yang dialami manusia?

Apakah penyelesaiannya juga ada dalam Al Quran? Baca selengkapnya..

Sebagai muslim, kita mempunyai kewajiban untuk membaca Al Quran dan memahami maknanya. Dari kecil kita sudah diperkenalkan Al Quran dengan diikutkan TPA atau Taman Pendidikan Al Quran, atau memanggil guru untuk mengajarkan kita mengaji di rumah.

Saat dewasa kita mulai mengikuti pengajian yang mana ada program tilawah secara bergantian. Adapula tadarus bersama selama bulan Ramadhan. Hingga akhirnya munculah gerakan One Day One Juz, yang bertujuan untuk membiasakan dan merutinkan diri kita sendiri dalam membaca Al Quran setiap hari.

Semua cara yang dilakukan merupakan bentuk dari semua usaha untuk memperbaiki bacaan. Tetapi apakah cukup dengan membaca dan memperbaiki bacaan, kita dapat memaknai isi Al Quran?

Tidak. Isi dan penjelasan di dalam Al Quran, adalah pedoman. Dia tak punya ukuran standar seperti pedoman hidup pada umumnya. Al Quran mempunyai isi yang sangat jelas dan sangatlah luar biasa. Tidak bisa dibandingkan dengan buku best seller manapun, yang ditulis penulis terkenal sekaliber apapun.

Al Quran adalah komponen terlengkap, terjelas, terakurat dan merupakan buku petunjuk bagi manusia dalam menjalani hidup di dunia. Semua peristiwa-peristiwa yang ada di dunia, jelas tertulis di dalam Al Quran. Semua kemajuan teknologi pun, sudah digambarkan jelas di dalam Al Quran. Lalu bagaimana dengan masalah hidup yang dialami manusia?

Apakah penyelesaiannya juga ada dalam Al Quran?



Yah semua petunjuk untuk hidup menjadi manusia yang lebih baik lagi, serta penyelesaian dari setiap masalah,  sangat jelas diterangkan di dalam Al Quran.

Tetapi terkadang kita lupa, kita terlalu banyak mengeluh akan cobaan hidup yang kita hadapi. Bahkan tak jarang kita  mencurahkan isi hati dan masalah kita di dunia maya. Atau yang lebih parah kita juga berkicau kesana-kemari tentang apa yang kita alami. Yang kita perlukan hanyalah Al Quran.

Saya menyebutnya adalah Terapi Quran. Dimana terapi ini sangat bermanfaat saat kita benar-benar berada pada posisi terendah kita sebagai manusia. Yaitu saat semua permasalahan datang menerpa. Dan kita akhirnya hanya bisa berkata "saya pasrah", maka disaat itulah Allah memberi petunjuk lewat Al Quran.

Pointnya bukan saja pada membaca Al Quran seperti kita mengaji. Atau mengetahui terjemahannya. Tetapi apa yang ditunjukkan oleh Allah pada surah tertentu, maka disitulah penyelesaian masalah yang harus kita hadapi.

Seperti yang dilansir dari majallahummi ketika sebuah keluarga diberi cobaan masalah ekonomi. Dimana kondisi mereka sedang membutuhkan materi untuk membayar suatu kewajiban. Tetapi mereka terhimpit masalah dana dan tidak tahu harus membayar dengan apa. Maka ketika istri melakukan terapi quran, setelah sholat tahajud.

Allah pun menurunkan petunjuk lewat surah Fathir ayat 1-8, tentang perintah untuk bersyukur, bersabar dan perintah untuk selalu yakin dan mengingat Allah, bahwa hanya Allah-lah satu-satunya pemberi nikmat rezeki.

BACA JUGA: Ketika Kehilangan Orang yang Dicintai (Direbut Pelakor), Relakanlah Karena Ada Balasan Surga Untuk Istri Yang Tabah

Jika sudah begini. Yakinlah, bahwa semua masalah yang kita hadapi dalam hidup kita. Hanya Allah satu-satunya penolong. Dan Al Quran satu-satunya petunjuk.
Top