Seenaknya saja Pria ini, Membuang sampah Disungai Tanpa Memikirkan Nasib Orang Lain yang Dirugikan

Komentar
Kamu pasti sering lihat dong di jalan-jalan sering ada tulisan "Dilarang Buang Sampah Sembarangan"?

Pastinya walaupun ada tulisan seperti itu kalian pasti masih suka buang sampah sembarangan kan?

Nggak munafik pasti dulu aku pun suka buang sampah sembarangan, nah mulai sekarang terapkan yuk untuk enggak buang sampah sembarangan lagi.

Banyak hal loh yang harus dipertimbangkan jika kamu masih tetap buang sampah sembarangan, baik untuk diri kamu sendiri, orang lain dan bumi kita tercinta ini.



Contohnya pria yang membuang sampah di sungai bawa mobil pick up dengan plat nomer dan orang yang jelas.

Diambil dari Facebook Yuni Rusmini. Mungkin orang ini tidak memikirkan orang lain yang kesusahan akibat banjir, kesehatan, pencemaran lingkungan, penyapu jalanan lanjut usia dan pemanasan global.



ini beberapa penjelasan untuk orang yang membuang sampah sembarangan supaya sadar akan hal yang sangat merugikan orang lain.

1. Banjir



Sudah nggak asing dong sama kata "Banjir", dan sudah nggak asing juga kan kalo buang sampah sembarangan mengakibatkan banjir?

Sebenarnya buang sampah sembarangan bukan satu-satunya penyebab banjir, penyebab banjir lainnya adalah, penyempitan lahan untuk tumbuhan, karena semakin berkurangnya lahan untuk tumbuh-tumbuhan, maka akan semakin sedikit juga penyerapan air, tapi balik lagi yaa guys dengan tidak membuang sampah sembarangan akan membantu untuk mengurangi resiko banjir, jadi yuk buang sampah pada tempat yang sudah di sediakan.

Baca juga : Ternyata, Kambing Sebabkan Darah Tinggi itu Hanya Mitos, ini Penjelasan Dr Johanes Chandrawinata

2. Kesehatan



Pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya merupakan tempat yang cocok bagi beberapa kuman dan bakteri dan menarik bagi berbagai binatang seperti lalat dan nyamuk yang dapat menjangkitkan penyakit, banyak penyakit yang diakibatkan karena lingkungan tidak sehat akibat pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, buanglah sampah pada tempatnya untuk kesehatan kita berama :)

3. Pencemaran lingkungan



Mulai dari pencemaran udara dan pencemaran air, membuang sampah tidak pada tempatnya dapat membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat, bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana dapat memberikan dampak negatif bagi makhluk hidup, untuk menangani permasalahan sampah perlu dilakukan kedisiplinan mulai dari dalam diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar.

Perlu diberlakukannya gotong royong pada tiap-tiap masyarakat.

4. Penyapu Jalan Lanjut Usia



Siapa sih yang tega ngeliat kayak gini? Enggak ada masalah dengan pekerjaannya, tapi miris nggak sih ngeliat orang berusia lanjut nyapuin sampah-sampah di jalan? Mungkin beberapa sampah yang pernah kalian buang adalah salah satu yang mereka bersihkan.

Banyak banget penyapu jalan yang sudah lanjut usia, yang harus ngebersihin jalan-jalan yang penuh sampah, nah untuk mengurangi beban mereka ada baiknya kan kita buang sampah pada tempatnya? Jadi kalo kita nggak bisa bantu mereka dari segi materi, bisa juga kan kita bantu untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga : 2 Cara Jituh menyembuhkan Kelenjar Getah Bening!!

5. Pemanasan Global



Pemanasan Global adalah adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi, salah satu hal penyebab pemanasan global adalah sampah-sampah plastik yang tanpa kita sadari adalah konsumsi kita sehari hari seperti saat kita berbelanja.

Saat ini yang harus anda diketahui, plastik yang mulai digunakan sekitar 50 tahun yang silam, kini telah menjadi barang yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Nah maka dari itu, selain buang sampah pada tempatnya kurangi yuk pemakaian plastik yang satu kali pakai buang, bisa kita siasati dengan menggunakan totte bag yang dapat dipakai berkali-kali tanpa harus menyisakan sampah.

Nah bagaimana masih mau buang sampah sembarangan, nggak kasian sama masyarakat yang mengalami musibah akibat diri kita?

semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi cerminan buat diri kita masing-masing.
Top