Mulai Sekarang Jangan Pernah Beli Tiket Pertunjukan Lumba-Lumba, Anda Harus Tahu Alasan Berikut

Komentar


Dilarang Nonton Sirkus Lumba-Lumba! Ini Sebabnya

Mencari hiburan dengan menyaksikan pertunjukan atau atraksi-atraksi sirkus memang tidak ada larangan dan mungkin itu menjadi salah satu sarana untuk menghilangkan penat, namun tidak untuk sirkus yang melibatkan hewan termasuk lumba-lumba, baca alasannya berikut ini

Lumba-lumba adalah hewan yang kerap dijadikan hewan sirkus karena pintar dan lucu. Artikel mengenai  larangan nonton sirkus lumba-lumba ini saya tulis berdasarkan pengetahuan pribadi saya sebagai dokter hewan disertai dengan beberapa sumber buku.

Meski umum disebut 'ikan' lumba-lumba, namun hewan yang berkomunikasi dengan menggunakan sonar untuk berkomunikasi kepada sesamanya ini sebenarnya bukan ikan karena mereka bernafas dengan paru-paru, memiliki bulu, berdarah panas, memiliki kelenjar susu, memiliki 4 ruang jantung. Semua ciri tersebut tidak sesuai dengan ciri ikan.

BACA JUGA : Teguran Untuk Orang Tua, Si Kecil Sering Mainkan Gadget Akibatkan Jadi Susah dan Terlambat Bicara

Di paragraf sebelumnya, saya mengatakan bahwa lumba-lumba memiliki kemampuan sonar yang berguna untuk berkomunikasi antar sesamanya. Kemampuan unik lumba-lumba inilah yang menjadi alasan utama kita sebaiknya tidak menonton pertunjukan lumba-lumba.

  • Di habitat aslinya, lumba-lumba bisa mengeluarkan sonarnya dengan sempurna karena didukung lingkungan laut yang luas. Sonar yang dikeluarkan lumba-lumba bisa tersalurkan lewat air laut yang kemudian diterima oleh lumba-lumba lain di seantero lautan.
  • Kemampuan sonar lumba-lumba ini tidak bisa digunakan oleh lumba-lumba yang dipelihara atau mendiami kolam pemeliharaan seadanya. Kemampuan sonar lumba-lumba yang dipelihara di kolam pemeliharaan tidak akan ada gunanya karena gelombang sonar akan segera memantul kembali ke lumba-lumba yang memancarkan sonar tersebut segera setelah dipancarkan akibat lingkungan pemeliharaan yang tidak terlalu luas. 
  • Bagi lumba-lumba yang belum terbiasa dengan kondisi ini, efeknya malah akan membuat lumba-lumba menjadi stress. Hal ini biasanya lebih sering terjadi pada lumba-lumba hasil tangkapan liar dari laut ketimbang lumba-lumba yang sudah dipelihara lama.
  • Butuh waktu lama bagi seekor lumba-lumba agar dia bisa beradaptasi dengan lingkungan kolam tempat ia dipelihara. Tak jarang juga, lumba-lumba yang dijinakkan mengalami stress yang amat parah yang berakhir pada kematian karena lumba-lumba tersebut tidak mau makan.

Anda bisa ikut berpartisipasi dalam mencegah perburuan lumba-lumba dengan tidak menonton pertunjukan sirkus lumba-lumba dimanapun dan kapanpun. Dengan begitu anda bisa memutus mata rantai perburuan lumba-lumba untuk dilatih sebagai binatang sirkus. Terima kasih.
Top