Membongkar 4 Fakta Mengerikan Air Minum Kemasan yang Belum Kita Ketahui


Air kemasan memang dianggap paling praktis oleh kebanyakan orang tapi dalam kepraktisannya ada fakta mengerikan yang belum anda tahu.

Saat melakukan perjalanan atau sedang menjalani kegiatan ataupun aktivitas, air kemasan memang sering menjadi pilihan ketika kita ingin minum. Atau bahkan setiap hari mengonsumsi air mineral, terkadang setiap orang hanya ingin yang cepat dan praktis sehingga tak perlu repot-repot memasak air. Namun tahukah Anda, ternyata banyak rahasia yang mungkin belum kita ketahui tentang air kemasan ini.

Baca juga : Asam Mefenamat Ini Cenderung Disepelekan Padahal Ada Efek Samping Yang Jarang Diketahui Orang

Botol plastik yang digunakan sebagai kemasan tak hanya buruk jika digunakan berkali-kali, ternyata menurut Bright Side, ada beberapa alasan kenapa kita harus hati-hati dalam membeli minuman kemasan.

1. Bakteri
Minum air dari botol plastik yang dipakai berkali-kali bisa dibilang sama dengan menjilat dudukan toilet. Ngeri bukan? Menurut peneliti, hal ini karena banyaknya bakteri yang akan terkandung di dalam botol. Gak kebayang seberapa banyak bakterinya jika berkali-kali digunakan, sudah terkontaminasi dari beberapa bakteri yang dibawa orang lain.

2. Botol plastik harus sekali pakai-buang
Faktanya, botol plastik banyak mengandung bahan kimia. Terutama tanda segitiga PET di bagian bawah botol. PET atau PETE berarti kita hanya boleh menggunakannya satu kali saja.
Jika sudah terkena oksigen dan temperatur tinggi seperti matahari, bahan beracun yang ada di dalam botol kemasan akan tercampur dengan air. Dengan menggunakan tangan yang tak bersih, pertumbuhan bakteri juga akan semakin cepat. Untuk itu, jangan sampai lupa mencuci botol dengan sabun atau pencuci mulut antibakteri.

Baca juga : Jangan Abaikan! 10 Tanda Kurang Darah ini Perlu Diwaspadai, Salah Satunya Sering Pikun

3. Tak sehat
Ada banyak kesalah pahaman tentang air kemasan yang diberitakan banyak media. Ternyata, air dalam kemasan botol bisa jadi sama tak sehatnya dengan minuman bersoda. Hal ini hanya permainan pemasaran bagi mereka.

4. Kita harus tahu asal air kita
Banyak perusahaan yang menyebut bahwa air kemasan mereka berasal dari mata air mengalir. Padahal ternyata air yang ada dalam botol kemasan sama saja dengan air yang kita minum biasa. Bahkan perusahaan melakukan pencampuran bahan-bahan kimia untuk membersihkan air, jika airnya didapat pada mata air yang tidak asli.
Top