Masalahnya Sepele, Tapi Inilah Awal dari Kehancuran Rumah Tangga

Komentar

5 Sikap yang Sering Bikin Rumah Tangga Hancur, Padahal Sangat Sepele

Cekcok dengan pasangan mungkin merupakan hal yang biasa. Bahkan hal tersebut sudah lumrah di kehidupan berumahtangga. Namun, hal ini bisa menjadi musibah tatkala berbuntut pada perpisahan.

Kalau engkau tak ingin hal ini sampai terjadi, segera lakukan evaluasi pada diri sendiri. Kalau engkau seringkali melakukan 5 hal di bawah ini, berarti engkaulah penyebab perpecahan.

1. Sering Berpikiran Negatif

Semua orang pasti pernah memiliki negative thinking atau pikiran negatif terhadap orang lain, tak terkecuali pasangan. Tapi kalau terlalu sering dan terlalu negatif, pasangan akan jemu dan hubungan kalian pun akan berakhir.

Kalau engkau masih memelihara sifat ini, itu artinya engkau tidak memiliki rasa percaya kepada si dia. Coba pikirkan, apakah ada orang yang mau bertahan menjalin hubungan cinta denganmu kalau engkau sendiri tak percaya kepadanya?

2. Semakin Enggan Menceritakan Masalah Kepada Pasangan

Merupakan hal yang wajar ketika seseorang melampiaskan keluh kesah yang dia rasakan kepada kekasihnya. Tapi kalau seiring berjalannya waktu engkau justru makin enggan melakukannya, berarti ada yang salah denganmu.

Mungkin engkau merasa lebih nyaman untuk menyelesaikan masalahmu sendiri, tanpa campur tangan atau bahkan sekadar saran darinya.

BACA JUGA : Janji Allah, Siapa yang Hidupnya Seperti ini akan Dijuluki Ainul Mardhiyah (Bidadari Tercantik di Surga)

Tapi kalau ternyata engkau justru meminta saran dari sahabat atau seseorang lainnya, itu juga berarti engkau tak memercayainya.

3. Engkau Selalu Berkata ‘Tidak’ Saat Diajak Pergi

Ketika si dia mengajakmu menghadiri konser penyanyi favoritnya, engkau menolak. Pun ketika saat akhir pekan dia mengajakmu pergi menonton film di bioskop, engkau selalu berkata tidak.

Padahal, saat-saat itu harusnya bisa dimanfaatkan menjadi momen untuk menghabiskan waktu bersama pasangan.

Apalagi ketika ada kiriman undangan acara dari teman-temanmu, bukannya memilih pasangan untuk menemanimu, engkau malah pergi dengan sahabatmu. Semakin jarang kalian menghabiskan waktu bersama, semakin kalian tak bisa bersatu di masa depan.

4. Engkau Memilih Diam Tentang Apa yang Sebenarnya Engkau Rasakan

Sudah bukan rahasia lagi, dalam menjalin sebuah hubungan, engkau harus punya keberanian untuk membuka tentang dirimu kepada pasangan, termasuk apa yang sejatinya engkau rasakan.

Hadirnya perasaan cemburu misalnya, rasa yang satu ini juga harus engkau ungkapkan, bukan malah dipendam sendirian dan berakibat munculnya kecurigaan yang berlebihan.

Daripada engkau hanya menduga, lebih baik engkau bertanya, tentang seberapa dekat hubungannya dengan sahabat wanitanya mungkin. Ingat, komunikasi itu hal penting dalam hubungan.

5. Engkau Gengsi Untuk Berkata Maaf

Pertengkaran juga merupakan hal wajar dalam hubungan. Jangan pernah menganggap pasangan yang jarang bertengkar adalah pasangan yang hubungannya selalu berjalan mulus.

Karena nyatanya, hubungan yang sehat justru lebih kerap memunculkan masalah karena sedang berusaha menyesuaikan visi dan misi dalam hubungan. Tapi ingat, setelah bertengkar, siapa yang salah juga harus bersedia minta maaf.

Kalau engkau masih dan selalu gengi untuk melakukan hal ini, siap-siap saja hubunganmu tak akan bertahan lama. Gengsi mengakui kesalahan hanya membuat engkau terlihat seperti anak kecil. Pun tak bisa menghargai hubungan.

Kalau masih mau melanjutkan hubungan dengan dia di masa depan, jauhi sifat dan sikap di atas ya sahabat dakwah!
Top