Luar Biasa, Inilah 29 Gelar Akademik yang Dimiliki Welin Kusuma

Gelar akademik merupakan gelar ditorehkan ketika lulus dari bangku kuliah, dan pada umumnya gelar akademik seseorang tidak lebih dari lima, dari tingkat Sarjana, Magister, maupun Doktor. Seseorang yang memperoleh gelar Doktor aja perjuangannya setengah mati.

Anehnya ada salah satu pemuda Indonesia yang memiliki gelar akademik sebanyak 29, wow banget kan ? 29 gelar loh, pasti kalian bertanya-tanya, gimana cara bagi waktunya ?

Tapi ingat ya, 29 gelar yang dimiliki oleh mas Welin bukan dari praktek jual-beli Ijasah, karena Wiliam memang suka belajar, tentunya kerja keras juga. Dilansir dari kumparan, Welin mendapatkan 29 gelar diperoleh dari 11 gelar S1, 3 gelar S2, dan 15 gelar Profesi, jadi totalnya ada 29 gelar. Kira-kira seperti ini bila ditulis gelarnya.



Welin Kusuma, S.T, S.E, S.sos, S.H, S.kom, SS, SAP, S.stat, S.akt, S.ikom, S.IP, M.T, M.SM, M.kn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.wm, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV.

"Saya mendapatkan 29 gelar yang terdiri dari 11 gelar S1, 3 gelar S2, dan 15 gelar profesi," kata Welin saat berbincang dengan kumparan (kumparan.com), Selasa (5/9/2017).

Bila ditulis gelarnya maka akan menjadi Welin Kusuma ST, SE, SSos, SH, SKom, SS, SAP, SStat, SAkt, SIkom, SIP, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV.

Pemuda yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, dan besar di Kendari, Sulawesi Tenggara ini mengaku memang hobi belajar. Saat lulus SMA tahun 1999 di Kendari, Welin memilih kuliah di universitas swasta di Surabaya. Di sana dia menjalani kuliah di beberapa jurusan di kampus yang berbeda namun pada waktu yang bersamaan.

Baca juga : Mengharukan, 35 Tahun Terpisah tanpa Kabar, Bapak ini Bertemu Ibunya yang Berusia -+ 100 Tahun

"Saat semester 5 saya juga ambil kuliah di tempat lain. Dalam satu waktu bisa beberapa kampus dan jurusan yang berbeda. Saya ngambil ada teknik, ekonomi, hukum, ada juga statistika. Macam-macam ilmunya," ucapnya.

Begitu lulus dari satu kampus, Welin masih menjalani kuliah di kampus lain. Begitu seterusnya selama 18 tahun.

"Saya kerja juga sambil kuliah, kan ada kuliah untuk karyawan," katanya.

Soal membagi waktu, Welin mengaku tak kesulitan karena kelas yang diambilnya biasanya malam hari. Ada juga kuliah yang melalui pertemuan online.

"Waktu kerja, saya kuliahnya di Universitas Terbuka, kan nggak datang langsung, belajar sendiri ada tutorial buat belajar online," ucapnya.



Pada April 2012 lalu, Welin mendapatkan rekor MURI sebagai peraih gelar multidisiplin terbanyak. Kala itu Welin masih berusia 31 tahun, dia meraih 8 gelar S1, 3 gelar S2, 7 gelar profesional, totalnya 18 gelar multidisiplin.

"Kemarin 18 gelarnya tahun 2012 saya daftarkan ke MURI, sekarang sudah 29 gelarnya," ucap pria kelahiran 8 Maret 1981 ini.

Selain sukses di akademik, Welin juga sukses di dunia kerja. Saat ini dia berkerja di perusahaan rokok di Surabaya. Dia juga mengambil kerja sampingan sebagai konsultan pajak.

Baca juga : Sebelum Dibunuh, Inilah Rekaman Pertengkaran Diduga AM dan Istrinya Tersebar

"Saya bekerja di perusahaan industri rokok, saya pakai gelar Teknik Industri untuk bekerja di sini," kata Welin yang berencana menikah 1 hingga 2 tahun ke depan ini.


Top