Jangan Merubah Bentuk Alis Sebelum Tau Hukumnya Dalam Pandangan Islam, Inilah Akibatnya

Komentar

Wanita Memang identik dengan berhias. Ia ingin selalu terlihat cantik. Oleh sebab itu, banyak kita dapati salon-salon kecantikan yang siap memanjakan mereka. Karena mereka selalu menganggap kurang apa yang telah mereka miliki. Namun, dengan berdirinya salon kecantikan, hal itu banyak membuat wanita melakukan penyimpangan dan hal-hal yang tak sepantasnya dilakukan muslimah.

Baca  juga : Mengurus Rumah Tangga? Bekerja? Dimarahi Bos? Jangan Mengeluh Karena 8 Kelelahan Ini yang Disukai Allah

Seperti yang telah terjadi baru-baru ini, merubah bentuk alis dengan berbagai model lagi tren ini menjadi ramai diperbincangkan, gaya model alis ini biasanya disebut alis gelombang samudra, alis ombak laut. dan apalah itu... Tetapi dalam hukum islam merubah segala bentuk ciptaan Allah itu hukumnya haram, dan hal itu termasuk mengubah ciptaan Allah dan mengikuti setan yang selalu memperdaya manusia supaya mengubah ciptaan Allah.

Sejatinya, berdandan dan merawat tubuh sah-sah saja bagi wanita. Terlebih bagi mereka yang sudah bersuami. Tampil cantik di depan suami sangat dianjurkan. Hal itu demi menambah kelanggengan rumah tangga. Disamping itu, menyejukkan pandangan suami merupakan ibadah berpahala. Berdandan boleh-boleh saja asalkan tidak merubah ciptaan Allah yang dilarang atau menggunakan benda-benda haram.

Baca juga : 4 Hal yang Selau Jadi Penghambat Pernikahan, Ini Saran Buat Kalian yang Masih Ragu Buat Nikah!

Hukum merubah ciptaan Allah dalam islam dan akibatnya

لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ

Allah telah melaknat mengutuk orang-orang yang membuat tato dan orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi demi kecantikan yang merubah ciptaan Allah." (HR. Muslim)

Hadits shahih di atas menjadi dalil larangan merubah ciptaan Allah. Dalam hadits tersebut Allah melaknat para wanita pembuat tato berikut wanita yang minta dibuatkan tato, wanita yang mencabut alis dan yang meminta dicabutkan alisnya, serta wanita yang mengikir gigi dan yang minta dikikir giginya. Ketiga hal tersebut (mentato, mencabut alis, dan mengikir gigi) haram bagi laki-laki maupun wanita. Tidak ada perbedaan hukum antara subyek dan obyeknya.  Karena disana terdapat laknat. Dan tidaklah sesuatu itu dilaknat melainkan karena itu hal yang diharamkan. Bahkan termasuk salah satu dosa besar.[5] Dalam Umdatul Qori dinyatakan, “Ada ulama yang mengatakan bahwa dosa besar adalah semua tindakan maksiat. Ada juga yang mengatakan, dosa besar adalah semua dosa yang diancam dengan neraka, laknat, murka, atau siksa.”[6]

Baca juga ; Kegalauan Wanita Muslim yang Pertanyaannya Langsung Dijawab Allah

Sebagaimana juga perkataan Syaikh Fauzan, “Laknat hanya diberikan untuk perbuatan yang haram dan berat tingkat keharamannya. Bahkan termasuk dosa besar. Karena diantara batasan dosa besar adalah adanya ancaman laknat, murka, neraka, ancaman, atau hukuman di dunia.








Top