Cara Tepat Memakaikan Kaos Kaki Pada Bayi Agar Terhindar dari Insiden Hair Tourniquet



JANGAN SAMPAI SALAH YA BUN.... bisa-bisa nanti malah jadi masalah


Hair Tourniquet sering terjadi pada bayi, sehelai rambut bisa dengan mudah terlilit di jari saat bayi bergerak dengan aktif. Semakin erat rambut melilit, maka akan memotong sirkulasi darah, kejadian ini bisa terjadi saat bayi sedang tidur atau bermain di tempat tidur, rambut-rambut yang tak terlihat bisa dengan mudah melilit jari mereka.

Orangtua yang tak teliti bisa langsung memakaikan kaus kaki pada sang anak. Tanpa menyadari jari sang anak sudah terikat rambut. Hair tourniquet membuat bayi merasa sangat kesakitan. Jika tidak segera disadari, maka bisa mengancam nyawa sang buah hati. seperti yang dialami anak dari Scoot dan Jessica yang membagikan kisah mereka agar orangtua lebih peka.



Baca juga : Bayi ini Menangis Tak Henti Henti, Ibunya Baru Sadar Kesalahanya Cuma Karena Kaos Kaki ini

Masa bayi merupakan masa pertumbuhan yang sangat penting, terutama bayi yang baru lahir membutuhkan tingkat kesterilan agar bayi tak cepat sakit atau merasa kedinginan. Untuk itu, biasanya bayi sering menggunakan kaus kaki, terutama saat tidur.

Mungkin tujuan orangtua baik, namun beberapa di antara ibu belum paham benar tip merawat bayi yang benar. Nah, sekarang muncul pertanyaan apakah sebenarnya bayi boleh menggunakan kaus kaki saat sedang tidur?

Perlu ibu ketahui bahwa setiap bayi memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda-beda. Selain itu, tidak semua bayi merasa nyaman memakai kaus kaki saat tidur. Seorang ibu perlu mengenali isyarat dari perilaku anaknya untuk memahami berapa banyak pakaian yang dapat membantu menjaga bayi untuk tetap hangat.

Dalam kondisi lembap ternyata tidak disarankan jika bayi tidur sambil memakai kaus kaki. Alasannya, bayi akan mudah cepat berkeringat sehingga bayi akan merasa tidak nyaman karena lapisan tambahan atau selimut dapat membuat bayi rewel dan mudah marah.

"Namun, di musim dingin mungkin perlu untuk menjaga anak berpakaian dengan baik," kata Dr Chaitali Laddad, Pendiri & Direktur, The Pediatric Network. Tetapi bukan berarti ibu harus menggunakan pakaian berlapis-lapis untuk menghangatkan bayi.

Ternyata, tidak dianjurkan untuk memilih pakaian yang berbahan wol, kaus kaki dan sarung tangan ketika bayi tidur. Pilihlah pakaian berbahan katun lembut untuk menenangkan dan agar bayi tetap hangat.

Baca juga : 5 Hal yang Selalu Diimpikan Oleh Orangtua Terhadap Anaknya, yang Jarang Terucap Oleh Mereka

Namun, sebelum ibu mulai memasangkan bayi dengan sarung tangan dan kaus kaki, di sini ada beberapa hal yang perlu diingat kata Dr Chaitali :

- Jika bayi berkeringat pada bagian telapak tangan dan kakinya, jangan biarkan ia memakai kaus kaki atau sarung tangan.

- Jika tangan dan kaki bayi sudah merasa hangat, jangan gunakan kaus kaki dan sarung tangan karena dapat membuat tubuhnya menjadi terlalu panas.

- Jika bayi terbangun di tengah malam, periksa apakah ia telapak tangan dan kakinya berkeringat. Jika iya, bukalah kaki dan sarung tangan jika dibutuhkan


Jadi lebih teliti dan selalu peka terhadap bayi anda, jangan sampai terjadi apa-apa, selalu periksa dulu apakah sudah benar atau belum. Semoga bermanfaaat...
Top