16 Cara Membesarkan Anak yang Tangguh, Karena Anak yang Tangguh Orang Tua yang Melatihnya

Komentar

TIDAK ADA YANG TAHU ANAK KITA NANTI JADI APA SAAT DEWASA

Orang tua terkadang bercermin pada pengalaman hidupnya adalam membesarkan anak.  
Akhirnya, orang tua pun ingin menjadikan anak sebagai salinan mereka, hanya saja dalam bentuk mini. 

Sayangnya, orang tua lupa jika anak mempunyai dunianya sendiri yang berbeda dengan orang tuanya, Lalu bagaimana cara mendidik anak agar tangguh seperti orang tuanya ?

Orang tua terkadang bercermin pada pengalaman hidupnya adalam membesarkan anak. 

Kesuksesan yang diraih dan merupakan hasil dari kerja keras, disiplin, hemat, gigih untuk mencapai sesuatu yang diinginkan cenderung ingin diwariskan kepada anak untuk mendapatkan hasil yang sama.

Akhirnya, orang tua pun ingin menjadikan anak sebagai salinan mereka, hanya saja dalam bentuk mini.

Sayangnya, mereka lupa kalau anak itu memiliki dunia dan tantangan yang berbeda dengan yang mereka hadapi dahulu.

Bisakah Kita Membesarkan Anak Yang  Kuat?


Apakah bisa membesarkan anak untuk menjadi pekerja keras yang pantang menyerah, hemat, dan gigih di jaman sekarang ini? Ya, tentu saja, hanya saja caranya yang harus diubah. Ada hal-hal yang mesti disesuaikan dalam mendidik anak-anak. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan:

1. Hubungan

Bantu anak-anak membuat hubungan yang kuat dengan setidaknya satu orang dewasa yang peduli selain orangtua.

2. Pengendalian

Ada banyak keputusan penting yang dapat dibuat anak di setiap tahap perkembangannya. Dorong anak Anda untuk membuat keputusan dan mengalami konsekuensi tanpa gangguan Anda.

3. Harapan

Mengharapkan anak Anda untuk melakukan yang terbaik. Jangan biarkan anak lupa bahwa ada orang-orang yang sangat peduli tentang seberapa baik dia lakukan.

4. Identitas

Cari peluang bagi anak Anda untuk menunjukkan pada orang lain apa yang membuatnya unik. Menampilkan keterampilah anak Anda di depan umum dapat dilakukan untuk melihat kesiapannya menerima apresiasi.

BACA : Kamu Anak Pertama? Selamat! Karena Anak Perempuan Tertua Cenderung Jadi Orang Kaya dan Sukses

5. Keselamatan & Support

Tidak peduli seberapa kacau kehidupan anak Anda, ingat bahwa mereka mengatasi banyak hal dengan baik ketika mereka merasa aman, aman dan penasaran tentang makanan mereka selanjutnya. Manfaatkan waktu makan malam untuk mendekatkan diri dengan anak Anda dan berbagi sesuatu yang penting tentang kehidupan Anda. Kemudian mintalah dia untuk berbagi sesuatu yang penting tentang dirinya dengan Anda.

6. Kontribusi

Bantu anak Anda menemukan cara untuk membuat kontribusi untuk komunitasnya. Kegiatan sukarela membantu Anda anak melihat dirinya sebagai kompeten, sementara mengumpulkan sekitar rekan-rekan anak Anda dan orang dewasa yang akan melihat dia sebagai seseorang yang istimewa.

7. Milik

Membantu anak untuk merasa dicintai dan dihargai untuk menjadi bagian dari keluarga Anda. Memiliki hewan peliharaan keluarga? Buatlah tanggung jawab anak untuk melihat bahwa itu akan makan dan rapi. Jika anak sudah cukup besar untuk menggunakan kompor, biarkan dia memasak makan malam seminggu sekali. Dia bahkan dapat membantu mengurus adik. Menjadi anggota aktif dari sebuah keluarga akan menumbuhkan rasa memiliki.

8. Budaya

Apakah anak Anda tahu darimana mana kakek-neneknya berasal?  Bagaimana kakek tumbuh dari kecil hingga besar? Bantulah anak Anda mengetahui tentang akar budaya keluarganya. Bantu  anak Anda mengembangkan rasa bangga akan kampung halamannya. Dorong anak untuk membawa makanan favorit keluarga untuk acara kelas atau sekolah; melakukan sesuatu yang bersifat tradisional untuk perayaan; atau mengundang teman-teman untuk acara budaya.

9. Penerimaan

Ada beberapa hal yang anak inginkan lebih dari penerimaan. Kita semua memiliki saat-saat yang sukses dalam hidup kita, dan kita semua memiliki kesalahan. Dorong anak Anda untuk tidak terlalu keras pada dirinya sendiri ketika dia merasa gagal. Membantu anak Anda menemukan cara untuk meningkatkan diri. Ingatkan dia bahwa setiap orang adalah pribadi yang unik, dan itulah yang membuat teman-teman dan keluarga mencintainya.

10. Keadilan Sosial

Ajari anak Anda cara membela hak-haknya. Jika ada pertempuran, anak Anda bisa memperjuangkan dirinya sendiri. Latih ia tentang bagaimana cara berdebat dengan santun untuk memperjuangkan hak-haknya atau hak orang lain.

11. Reward ketekunan

Berilah pengakuan atas apa yang anak Anda lakukan, terlepas dari hasilnya. Berikan pujian ketika mereka tidak menyerah menyelesaikan sesuatu yang berat.

12. Cari win-win solution

Jika Anda ingin dia menyelesaikan sesuai rencana Anda, coba pahami bahwa dia juga memiliki agenda. Ajari anak Anda untuk berbicara dan menemukan. Hal ini akan menjadi keterampilah hidup yang sangat berharga.

13. Selalu berlatih

Banyak anak-anak khawatir bahwa mereka tidak cukup baik sehingga mereka mudah menyerah. Bantulah anak Anda untuk memahami bahwa tidak ada hal yang bisa dicapai dalam waktu semalam. Semua ahli dan penemu telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mencapai keunggulan dalam bidang mereka. Karena itu, semangati anak Anda ketika mereka harus mengulang sesuatu yang membosankan.

14. Tawarkan dukungan

Jika anak Anda ingin berhenti beberapa saat dari satu jadwal tertentu, dengarkan dulu alasannya. Siapa tahu ternyata ia lebih bisa menemukan gairahnya dalam bidang lain. Tapi jika dia ingin berhenti segala sesuatu yang dia mulai, berbicaralah mengenai hal yang menghalanginya itu. Dia membutuhkan bantuan Anda untuk melalui ketakutannya, atau akan mulai menyerap area lain dari hidupnya, dan Anda akan menemukan semangatnya terkadang menyusut dari mencoba hal-hal baru. Ketika itu terjadi, cobalah ubah peran dan biarkan dia menjadi guru sementara Anda siswanya

15. Jadilah contoh ketekunan

Tunjukkan kepada anak Anda bagaimana seseorang bisa menguasai sesuatu meski terkadang ia bergerak melalui kemunduran untuk melakukannya. Bicara tentang perasaan Anda saat Anda gagal melakukan hal yang membuat Anda berhasil saat ini.

16. Ajarkan anak Anda untuk mengambil istirahat

Ajari ia mengenali suasana hati dan kondisi fisik dan mentalnya. Hal ini berguna untuk menghindari frustasi di masa depan
Top