"Trotoar Itu untuk Jalan Kaki, Bukan Jualan Kambing" Ujar gubenur DKI Jakarta ini

Penulis Unknown | Ditayangkan 29 Aug 2017

"Dimana-mana trotoar itu untuk jalan kaki, bukan untuk jualan kambing bagaimana kalau ada yang berjalan kaki kalau banyak kotoran dan kencing kambing".

Trotoar adalah jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari permukaan perkerasan jalan untuk menjamin keamanan pejalan kaki yang bersangkutan.



Dikutip dari Kompas, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kembali menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melarang penjualan hewan kurban di trotoar.

Baca juga : Ada-ada Saja Kelakuan Anak Presiden RI yang Satu ini, Sampai Netizen jadi Kasihan Sama Jan Ethes

Salah satu alasan yang dikhawatirkan yakni hewan kurban itu akan membuang kotoran di sana sehingga menimbulkan bau.



"Kalau kambing parkir di trotoar berarti kan pasti dia kencing ya, bagaimana itu? Terus kemudian juga dia akan buang kotoran di situ ya," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (28/8/2017).

Selain itu, trotoar hanya difungsikan untuk pejalan kaki. Djarot melarang selain pejalan kaki mengokupasi trotoar tersebut.

Baca juga : Nggak Waras Kali ya, Selingkuh Dengan Berondong Pulah, Jatuhin Harga Diri Suami saja

Pemprov DKI Jakarta akan memberi peringatan kepada para pedagang hewan kurban untuk tidak berjualan di sana.

"Kami kan punya perangkat untuk kasih surat, kami kasih catatan mereka yang jualan di trotoar. Trotoar itu untuk jalan kaki, bukan untuk jualan kambing," kata dia.

Djarot juga sudah memerintahkan camat untuk mencari lahan bagi pedagang hewan kurban. Lahan untuk pedagang hewan kurban berjualan sudah tersedia.



Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede sebelumnya mengatakan, Pemerintah Kota Administratif Jakarta Pusat menyiapkan beberapa tempat untuk para pedagang hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 1 September 2017.

Salah satu tempat yang disiapkan untuk penjual hewan kurban yakni lahan milik PT Djarum atau di samping flyover TPU Karet Bivak, Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang.

Para camat di Jakarta Pusat juga akan menyiapkan tempat untuk para pedagang hewan kurban di wilayahnya masing-masing.

Kenaikan harga hewan kurban terutama sapi di Pasar Patok, Lumajang, Jawa Timur, terjadi sejak sebulan terakhir.
SHARE ARTIKEL