Ternyata Dari bahayanya Kutu di Rambut, Ada Juga Fakta-fakta Uniknya. Inilah 5 Fakta Unik dari Kutu

Kebanyakan orang menginginkan rambut yang indah dan bagus. Namun dibalik semua itu, juga terdapat gangguan yang terdapat di rambut.

Ketika kita merasa gatal pada rambut, itu disebabkan karena adanya kutu di dalam rambut. Apa sih kutu itu? kutu rambut atau Pediculus humanus capitis itu bersarang di dalam sela-sela rambut yang membuat orang tidak nyaman.

Biasanya kutu ini menghisap darah yang ada di kepala. Tapi jangan salah kalau kutu itu juga memiliki fakta-fakta unik. Ingin tau apa saja fakta-faktanya! simak dulu ini,

Kutu tidak mudah berpindah


obatkuturambut

Sebagaimana di kutip dari kumparan, banyak orang beranggapan jika kutu sangat mudah berpindah, sehingga jangan mendekati orang yang mempunyai kutu. Padahal faktanya, kutu rambut tak mudah berpindah dari satu kepala ke kepala lainnya karena mereka hanya bisa berjalan biasa saja. Kutu rambut pun tidak bisa melompat karena tak memiliki kaki belakang yang cukup kuat untuk melompat jauh dan juga tak bisa terbang karena tak bersayap.

Ada pun hal paling memungkinkan dari penyebaran kutu adalah ketika seorang yang terinfeksi kutu rambut berbagi benda-benda pribadi seperti sisir atau topi ke orang lain.

Menyukai rambut bersih dan mengkilap

Rambut yang bersih ternyata membuat kutu rambut semakin senang berkembang biak. Jadi anggapan soal kebersihan rambut yang tidak dijaga itu tidak terlalu tepat.

Baca Juga :  Miris! 2 Bocah di Boyolali Mati Gara-Gara Pakai Pestisida untuk Basmi Kutu Dirambutnya

Dalam beberapa kasus bisa membuat anemia


detik

Meski sangat jarang terjadi, namun jika seseorang terkena infeksi kutu rambut yang cukup berat, hal ini diketahui bisa juga membuat orang itu terkena gejala anemia atau kekurangan darah.


Mudah terlihat



Meskipun mencari kutu rambut terbilang cukup sulit karena warnanya yang gelap dan mudah tersamar di antara rambut. Kita bisa mengetahui apakah rambut terinfeksi kutu dengan melihat tanda-tandanya seperti munculnya telur.

Telur kutu rambut biasanya berwarna keputihan atau kecoklatan dan menempel pada helai rambut. Sedangkan gejala yang bisa jadi penanda adanya kutu antara lain seperti kulit yang memerah atau merasakan ada sesuatu yang bergerak-gerak di kulit kepala dan kulit rambut terasa gatal, hal ini bisa disebabkan karena air liur kutu.
Keramas 3

Baca Juga : Ini Salah Satu Buah yang Bisa Dijadikan Obat Alami Untuk Memanjangkan Rambut, Coba Sendiri

Hilangkan kutu rambut cukup dengan sampo


kumparan

Cara menghilangkan kutu rambut terbilang cukup mudah, sampo khusus untuk membunuh kutu rambut dapat dengan mudah dibeli di apotek-apotek. Namun tentu saja perlu berhati-hati dalam menggunakannya, karena sampo khusus untuk membunuh kutu ini mengandung bahan kimia atau insektisida yang bisa tak cocok untuk semua orang terutama anak-anak.

Ada baiknya jika memang diperlukan konsultasikan kepada dokter ahli. Hal ini untuk menghindarkan kejadian nahas seperti yang menimpa kaka-beradik di Boyolali, Jawa Tengah yang meninggal diduga karena keracunan pestisida golongan insektisida setelah memakainya untuk obat kutu rambut.

Alih-alih menggunakan obat kutu untuk memberantasnya, mereka menggunakan Diazinon yang merupakan insektisida untuk memberantas hama tanaman seperti kutu loncat.
Top