Tata Cara Shalat Istikharah Lengkap, Mustajab Langsung dapat Petunjuk


Tata cara shalat istikharah lengkap / Pic source : hijup

Pernahkah kita, sebagai seorang manusia merasa bingung akan sesuatu?

Harus memulai sebuah pilihan, namun keduanya sangat sulit untuk dipisahkan karena mungkin saja dari kedua hal tersebut ada sisi yang kita harapkan selama ini.

Memang sebagai manusia, kita selalu menghadapi hal yang baru dari hari ke hari. Sehingga secara otomatis akan ada saat dimana kita diharuskan untuk memilih.

Artikel pilihan : Niat Shalat Jamak Qasar Zuhur Ashar, Lengkap dengan Tata Cara dan Doanya

Karena hidup adalah sebuah pilihan, dimana kita harus memilih salah satu untuk berada pada jalan yang memang kita harus lalui setelahnya.

Membahas perihal pilihan, Islam mengajarkan kepada manusia yang seringkali bingung dengan apa yang hendak ia pilih.

Yakni dengan shalat istikharah sebelum tidur yang bisa dilakukan ketika hendak memulai sebuah pilihan.

Mungkin bagi beberapa orang yang tahu akan kenikmatan Allah SWT satu ini, pastilah sudah tak asing lagi di telinga mereka untuk selalu melaksanakan ibadah tersebut apabila terjebak pada pilihan sulit.

Lalu, bagaimana Islam sendiri memandang hal tersebut?

Shalat Istikharah Menurut Islam

Di dalam shalat, salah satunya shalat istikharah ini. Pun tata cara shalat istikharah yang aakan dibahas nanti.

Namun hakikat sebenarnya dari shalat istikharah yang kebanyakan dilakukan ketika umat muslim ragu-ragu dalam memilih atau memutuskan sesuatu.

Sehingga shalat istikharah dilaksanakan dengan harapan untuk menghilangkan keragu-raguan, sedangkan untuk berbagai hal yang menyebabkan keragu-raguan tersebut tidak dibatasi jenisnya.

Kadang dalam hidup ini kita dihadapkan pada beberapa pilihan, beberapa pilihan itu membuat kita bingung untuk menentukan mana yang terbaik sehingga shalat istikharah adalah jawaban yang tepat.

Shalat istikharah sendiri merupakan shalat sunnat sebanyak 2 rakaat atau paling banyak 12 rakaat ( 6 salam ) yang dilakukan oleh umat muslim, dan bisa dilakukan kapan saja di luar waktu shalat wajib.

Meskipun bisa dilakukan kapan saja, shalat istikharah akan lebih efektif jika dilakukan ketika waktu sepertiga malam seperti waktu pelaksanaan shalat tahajud.

Alasannya adalah berdoa dan memohon petunjuk di keheningan malam bisa membuat ibadah yang dilakukan akan lebih khusyu dilakukan.

Nah, bagaimana? Dari sini, pastilah kita sudah sedikit memahami perihal apa itu pengertian dan waktu pelaksanaan shalat istikharah.

Selanjutnya, bagi kita yang ingin melaksanakan shalat tersebut, tapi belum tahu tentang apa saja yang harus dilakukan. Berikut penjelasan lengkapnya.

Tata Cara Shalat Istikharah Jodoh Lengkap, Mustajab Langsung dapat Petunjuk

Dari Shahabat Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَلِّمُنَا الِاسْتِخَارَةَ فِي الْأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالْأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, mengajari kami shalat istikharah dalam setiap perkara atau urusan yang kami hadapai, sebagaimana beliau mengajarkan kami suatu surah dari Al-Quran.

Beliau berkata, “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhari)

Dari hadist ini bisa disimpulkan bahwa shalat istikharah mampu menjadi jawaban atas apa yang tengah kita risaukan.

Maka, untuk memberikan penjelasan yang lebih baik lagi. Inilah tata cara shalat istikharah jodoh, karir, atau permasalahan apa pun yang tengah membuat kita bingung dan ingin terselesaikan.

Cara Melaksanakan Shalat Istikharah

Tata cara shalat istikharah lengkap / Pic source : redaksindo

Shalat istikharah bisa dilakukan, dimana shalat istikharah doanya diharapkan menjadi jalan keluar dari rasa risau dan bingung akan sesuatu.

Berikut contoh-contoh shalat Istikharah dilakukan untuk apa saja, diantaranya:

  • shalat istikharah untuk cerai
  • shalat istikharah untuk jodoh
  • shalat istikharah untuk memilih jodoh
  • shalat istikharah untuk memilih jurusan kuliah
  • shalat istikharah untuk memilih sekolah
  • shalat istikharah untuk meminta jodoh
  • shalat istikharah untuk mendapatkan petunjuk allah merupakan
  • shalat istikharah untuk menentukan pilihan
  • shalat istikharah untuk orang lain
  • shalat istikharah untuk pekerjaan
  • shalat istikharah untuk perceraian

Sehingga bisa menjadi acuan untuk kita, apabila menghadapi salah satu atau beberapa situasi tersebut. Baiknya melakukan shalat istikharah untuk memohon petunjuk kepada Allah SWT.

Ketika melaksanakan shalat istikharah, yakni dikerjakan seperti halnya shalat sunnah atau wajib yang lain, di mana berjumlah minimal dua rakaat.

Surat yang dibaca setelah Al-Fatihah adalah surat yang mudah dan telah kita hafal.

Lalu apakah ada cara khusus untuk melakukan shalat istikharah? Jawabannya adalah tidak ada , sama seperti melakukan shalat sunnah pada umumnya.

اُصَلِّى سُنَّةَ اْلاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhaarati rak'ataini lillaahi ta'aala

Artinya:

Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala

Setelah menggumamkan niat dengan tulus, bisa dilanjutkan mengerjakan shalat istikharah sebagaimana gerak shalat baik wajib maupun sunnah pada umumnya sampai salam.

Untuk doanya, bisa dilafalkan ketika selepas shalat dan berharap apa yang membuat kita dilema tersebut akan segera ada jalan keluarnya.

Bagaimanakah doa shalat istikharah?

Doa Setelah Melaksanakan Shalat Istikharah

Tata cara shalat istikharah lengkap / Pic source : habibnovel

Setelah melakukan shalat istikharah, inilah dimana waktu bagi seorang muslim untuk mulai membicarakan masalahnya kepada Allah SWT lewat doa.

Doa selepas shalat istikharah bermacam-macam, karena banyak yang menganjurkan untuk melafalkan doa sendiri terlepas dari permasalahan yang juga berbeda adanya.

Namun di antara hal tersebut ada doa yang mungkin bisa menjadi acuan dalam berharap kepada Allah SWT. Seperti doa berikut ini.

اَللهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ........خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَ..............شَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

Titik-tik bisa dilafalkan dengan urusan atau hal yang membuat dilema. Bisa menggunakan bahasa Indoensia karena Allah SWT tak membebani seseorang di luar kemampuannya.

Artikel pilihan : Memahami Doa Rabithah Hingga Hukum Mengamalkanya

Artinya:

Wahai Allah, bahwasanya aku mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu, dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu, serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, karena Engkaulah Dzat yang berkuasa.

Sedang aku tiada kuasa, dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui, sedang aku tiada mengetahui, dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib.

Wahai Allah, jika adanya, Engkau ketahui bahwa urusan ini ........ adalah baik bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibat urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya.

Maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku, kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku.

Namun jikalau adanya, Engkau ketahui bahwa urusan itu ......... menjadi buruk bagiku, untuk duniaku, akhiratku, penghidupanku, dan akibatnya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya.

Maka hindarkanlah aku dari padanya, lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan, bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah aku dengan kebaikan itu."

Semoga ringkasan mengenai niat, doa, dan tata cara shalat istikharah tersebut menjadikan permasalahan kita bisa teratasi.

Banyak yang mengharapkan jawaban atas shalat istikharah dari mimpi. Namun benarkah demikian? Lepas dari hal tersebut, semoga kita bisa meraih ridha Allah SWT guna memberikan semangat menghadapi masalah yang ada.
Top