Salah Satu Bahan Ini Ternyata Yang Membuat Kaldu Sup Masakan Bunda Berbau Amis Menyengat



Pernahkah anda membuat olahan sup namun tercium aroma amis yang menyengat? Ternyata hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor loh.

Salah satunya karena kualitas kaldu yang digunakan jauh dibawah standard.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips membuat kaldu yang harum dan lezat.

sebagaimana dikutip dari buku Koleksi Resep Sambal dan Saus: Chapter 4, karya Budi Sutomo yang dilansir dari lifestyle.okezone.com.

Perhitungkan takarannya Untuk menghasilkan kaldu dengan cita rasa yang lezat dan sempurna, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan termasuk menentukan takaran air dan tulang atau daging.

Umumnya sebagian orang menggunakan takaran 2:1. Cuci daging atau tulang hingga bersih Jika Anda ingin mendapatkan kaldu ayam atau kaldu daging yang jernih, sebaiknya cuci daging atau tulang sampai bersih, lalu rebus selama 2 menit dengan api kecil.

Buang air rebusan pertama yang mengandung banyak lemak, buih, dan kotoran lalu ganti dengan cairan yang baru. Rebus kembali dengan api kecil sambil dibuang busanya yang terapung.

Gunakan meat clarification Ingin membuat kaldu untuk mengolah sup jenis consommé soup, sebaiknya kaldu dijernihkan lagi dengan meat clarification (campuran 150 gram daging cincang dengan 1 putih telur). Campur meat clarification dalam kaldu dan masak dengan api kecil hingga campuran daging dan telur menggumpal serta kotoran terikat.

BACA JUGA:  Mau Ngakak Tapi Kasihan, Ibu Ini Mau Bikin Soto Beli Daun Salam Malah Dikasih Daun Jambu Ada Yang Pernah Ngalamin?

Angkat dan saring. Kaldu yang dijernihkan dengan meat clarification aromanya lebih harum, rasanya lebih lezat, warnanya lebih jernih kekuningan, dan kaya gizi.

Hindari penggunaan daun bawang dan seledri Kaldu memang akan terasa lezat jika ditambahkan daun bawang dan seledri. Sebelum menambahkan sayuran tersebut, potonglah bagian daunnya lalu masukkan batang bawang dan seledri ke dalam air rebusan. Ini bertujuan agar kuah kaldu tetap jernih tidak berwarna hijau.

Jangan rebus terlalu lama Jangan merebus terlalu lama kaldu udang atau ikan karena cita rasa manis khas kaldu akan hilang. Waktu maksimal untuk perebusan kaldu ikan atau udang adalah 60 menit. Selain itu, jangan lupa menambahkan beberapa potong jahe dan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amis.
Top