Rekomendasi Tempat-tempat Makanan Enak di Jogja, di Jakarta, di Surabaya, di Bali dan Kota Besar Lainnya Part 2

Komentar

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : wajibbaca

Indonesia sebagai negara yang mempunyai beragam keunikan dan juga ciri khas yang tersebar di setiap pelosoknya.

Sehingga bukan hal baru lagi jika negara ini begitu banyak budaya dan juga tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Membahas perihal wisata, dimana selain wisata alam, sejarah, maupun wisata belanja yang bisa dilakukan. Jangan ditanya lagi kalau masalah wisata kuliner yang pasti bisa menggugah selera.

Baca juga : Rekomendasi Tempat-tempat Makanan Enak di Jogja, di Jakarta, di Surabaya, di Bali dan Kota Besar Lainnya Part 1

Benar sekali, wisata kuliner di negara ini memang sudah tak usah diragukan lagi kelezatannya. Mulai dari ujung barat sampai ujung timur semua penuh dengan cita rasa.

Pun dengan tempat-tempat makan yang semakin marak dengan berbagai keunikannya tersendiri.

Bukan hanya untuk menyuguhkan makanan yang disajikan saja, namun di era sekarang ini, banyak tempat makan yanng juga menghadirkan tempat nongkrong asyik dan juga ramah untuk anak muda.

Nah, berbicara perihal tempat makan yang lezat dan pastinya nyaman untuk dikunjungi. Beberapa pilihan kota berikut bisa menjadi pilihan yang tepat ketika pergi melancong.

Sudah siap untuk pergi liburan ke suatu tempat? Eits tapi jangan lupa mampir di beberapa tempat makan di kota besar yang dijamin ciamik ini ya.

Mungkin saja referensi berikut bisa masuk ke dalam daftar liburan panjang yang akan datang. Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Rekomendasi Tempat-tempat Makanan Enak di Jogja, di Jakarta, di Surabaya, di Bali dan Kota Besar Lainnya

Setelah ulasan sebelumnya membahas perihal tempat makan yang enak dan murah di beberapa daerah di Indonesia.

Pun pastinya tak usah diragukan lagi soal harga dan juga rasanya.

Seperti halnya ulasan kali ini yang akan mengulik kembali perihal rekomendasi tempat makan enak dan murah.

Di mana bisa menjadi referensi untuk daftar liburan yang menyenangkan dan penuh dengan kenangan pastinya.

Sudah pasti selain banyak oleh-oleh yang mungkin saja bisa dibawa pulang ke rumah. Rekomendasi tempat makan di kota besar murah dan lezat berikut bisa juga menjadi tujuan wisata yang keren.

Penasaran di kota mana saja dan tempat makan apa saja yang berhasil masuk dalam rangkuman kali ini?

Surabaya

1. Pecel Rawon Pucang


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : foody

Sedang berada di Surabaya, dan ingin mencicipi makanan enak di Surabaya malam hari?

Bukan cuma makanan biasa saja, akan tetapi salah satu kudapan di kota pahlawan ini cukup unik karena menggabungkan antara pecel dan rawon.

Pecel dicampur dengan rawon? Bagaimana rasanya, ya?

Kombinasi kedua menu makanan khas Jawa Timur ini bisa ditemukan di Surabaya. Yakni pecel rawon Pucang yang menjual nasi dengan sayuran dan bumbu pecel, lengkap disiram dengan kuah rawon.

Awalnya mungkin terlihat agak aneh, tetapi setelah dicoba rasanya sangat enak. Pengunjung juga bisa memilih aneka lauk, mulai dari telur, ayam goreng atau empal.

Warung Pecel Rawon Pucang ini tak pernah sepi pengunjung. Beberapa pengunjung rela duduk lesehan di depan toko yang sudah tutup untuk menyantap nasi pecel rawon ini.

Warung Pecel Rawon Pucang berada di Jalan Pucang Anom dan di depan Toko Kain Moro Seneng. Warung ini buka sekitar pukul 10 malam.

2. Sop Buntut Gelora Pancasila


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : tripadvisor

Ketika berada di Surabaya dan ingin mengisi perut pada saat larut malam salah satu makanan enak di Surabaya murah bisa didapatkan di tempat ini.

Datang saja ke depot Sop Buntut Gelora Pancasila yang buka 24 jam. Ini adalah salah satu tempat makan yang menjual sop buntut paling enak di Surabaya.

Pengunjung yang datang bisa menikmati buntut bakar yang juga merupakan menu andalan dari depot ini.

Jika tidak ingin makan buntut, tempat makan ini juga menyajikan olahan sop iga atau iga bakar.

Potongan buntut atau iga sapi yang dijual di depot ini cukup besar. Jadi, harga dan porsinya memang bikin lega di perut dan juga kantong.

Sop Buntut Gelora Pancasila berada di Jalan Mayjen Sungkono No. 94B, Surabaya. Jangan lupa untuk mampir ketika bertandang ke Ibukota Jawa Timur ini ya!

Malang

1. Bakso Bakar


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : awanliem

Lain bakso malang yang sudah menjadi ikon dari Kota Apel tersebut pastinya. Seperti halnya Bakso President yang melegenda dan menjadi tempat nongkrong di Malang.

Akan tetapi tak kalah seru ada pula kudapan lezat a la Malang yang patut dicicipi, itulah Bakso Bakar.

Dibanding dengan makanan lainnya, makanan khas Malang yang satu ini sebenarnya jenis kuliner yang masih tergolong baru.

Bakso Bakar pertama kali diperkenalkan oleh Pak Man atau Suparman pada tahun 1997 silam.

Sebagaimana cara membuat bakso pada umumnya, Bakso Bakar dibuat dari daging sapi, digiling, direbus, kemudian dibakar.

Tentunya sebelum dibakar, dilumuri terlebih dulu dengan saos, kecap, dan bumbu-bumbu. Bakso Bakar khas Malang ini sehabis dibakar aromanya akan sangat harum, memiliki citarasa nikmat dan pedas.

Penasaran ingin mencicipi lezatnya Bakso Bakar? Datangi saja langsung ke Warung Bakso Bakar Pak Man di Jln. Diponegoro No. 19 A Kota Malang.

2. Orem-Orem


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : wisatamalangbatumahamerjayatravel

Pernah mendengar kata anglse atau sego mawut khas Malang? Apa itu semua makanan?

Eits, satu lagi dinamakan orem-orem, dan lagi-lagi ini adalah nama yang cukup aneh.

Tetapi, camilan khas Malang satu ini punya cita rasa yang unik dan pastinya sangat lezat lho.

Orem-Orem adalah kuliner Malang dengan komposisi irisan ketupat dan daging ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Kuahnya mirip kuah opor atau lodeh, namun masih lebih kental lagi.

Orem-Orem identik dengan rasa pedas. Untuk menjaga kualitas rasa alaminya, Orem-Orem dimasak di atas bara api dari arang, bukan api kompor.

Orem-Orem biasanya disajikan bersama tempe goreng dan Mendol. Mendol adalah semacam gorengan yang terbuat dari tempe yang dihaluskan, lalu dicampur bumbu dan digoreng.

Agar Orem-Orem terasa lebih lezat, harus ditambahkan dengan kecap dan sambal sesuai dengan selera. Namun jika tak ditambahkan pun rasanya tetap nikmat karena gurih rempahnya bercampur menjadi satu.

Kuliner Orem-Orem ini sangat jarang dijumpai di luar Malang, dan jika sedang mampir ke kota Malang bisa melipir sedikit ke kedai orem-orem Arema Jalan Blitar Nomor 14 Malang.

Bali

1. Sate Lilit


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : resepmasakanindonesiaku

Jika di Jogja memiliki sate klatak, maka di Bali ada sate lilit yang sangat terkenal.

Benar sekali, makanan enak di Bali ini bisa menjadi salah satu referensi makan siang yang menyenangkan jika sedang bertandang ke sana.

Dan untuk mendapatkan makanan yang memiliki rasa dan tampilan unik ini, kita tidak harus pergi ke restoran mewah, sebab sate lilit sangat mudah ditemui di sepanjang jalanan Bali seperti Sate Lilit di jalan Pulau Kawe no 36 Denpasar.

Sate lilit beragam jenisnya, ada yang terbuat dari daging sapi, udang, daging ayam, dan ada juga yang menggunakan tahu.

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate lilit menggunakan daging yang sebelumnya dicincang lembut, kemudian dicampur dengan bumbu khas dan dililitkan ke tusuk sate.

Tampilan yang unik ini dan harganya yang bersahabat membuat sate lilit disukai oleh semua golongan.

Dari anak-anak sampai dewasa, dari turis dalam negeri sampai turis luar negeri menyukai makanan khas Bali ini.

2. Rujak Kuah Pindang


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : perutgendut

Satu lagi makanan khas Bali yang tidak boleh dilewatkan, yakni rujak kuah pindang namanya.

Rujak disajikan dengan kuah? Lalu dengan ikan pindang? Bagaimana rasanya ya?

Sesuai namanya, makanan khas Bali yang satu ini merupakan dua kombinasi antara rujak dengan kuah ikan pindang.

Jadi tampilan makanan ini ialah terdiri dari buah-buahan yang lazim dibuat rujak, lalu disiram dengan kuah ikan pindang.

Buat kamu yang belum pernah ngerasain pasti penasaran dengan rasanya. Rasa dari rujak kuah pindang sangat rame, asam, manis, seger dan ada sedikit amis.

Kesegaran buah-buahan yang dicampur dengan kuah pindang ikan memang menciptakan rasa kuliner baru yang segar di lidah. Biasanya kuah pindang yang dipakai ialah kuah pindang kepala ikan tongkol.

Nah, jika ingin merasakan sensasi nano-nano tersebut, datang saja ke Warung Rujak Kuah Pindang Bolin, jalan Abimanyu no 2 Denpasar, Bali.

Kupang

1. Se’i Sapi


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : merdeka

Berkunjung ke kawasan elok timur Indonesia, Kupang namanya. Apabila sedang berada di sini, dan bingung ingin mencari makanan enak di Kupang, tak ada salahnya untuk mencoba se'i sapi yang khas.

Se’i Sapi adalah jenis makanan yang terbuat dari daging Sapi dimasak menggunakan asap dari kayu api, dimana kayu apinya berasal dari pohon bernama kesambi yang terpercaya dapat menghilangkan bau amis daging sapi.

Pengunjung bisa menikmati Se’i sapi di berbagai rumah makan atau pun dapat membeli di toko daging di sekitaran Kota Kupang.

Cukup mudah didapat bukan?

Tapi, jika ingin lebih spesifik tahu mengenai proses pembuatan secara langsung, datang saja ke salah satu tempat legendaris di Baun bernama Om Ba’i, untuk menikmati Se’i dengan porsi banyak.

Bahkan bisa berkilo-kilo asalkan siap untuk mengendarai sejauh 25 Km dari kota Kupang.

Cita rasa Se’i sangat khas di lidah penggemarnya, bumbunya meresap, dagingnya lembut saat masih panas dan proses pengasapan juga mengeluarkan minyak murni dari daging.

Bagi yang baru mencobanya pasti langsung ketagihan apalagi jika dinikmati bersama keluarga, sahabat ataupun rekan kerja.

Untuk makanan Se’i ini cukup mahal yakni 100 ribu rupiah per kilogram.

Oh ya, Se’i sapi juga bisa dijadikan oleh-oleh, akan tetapi tidak bisa bertahan lebih dari dua hari, kecuali dimasukan kedalam pendingin dan kemudian dipanaskan atau dimasak lagi sesuai keinginan.

Hal yang perlu diingat adalah, di kota Kupang terdapat berbagai macam se'i yang salah satunya adalah daging babi. Nah, bagi muslim harus lebih berhati-hati ya.

Biasanya bisa dibedakan dari nama yakni "nabas" yang berarti babi.

2. Jagung Bose


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : mangandosetiawan

Jagung Bose merupakan makanan khas pulau Timor yang biasa dijadikan sebagai pengganti Nasi, Jagung Bose terdiri atas biji-bijian yakni Jagung, kacang tanah, dan kacang merah atau kacang nasi.

Rasanya hambar layaknya nasi, biasanya dimasak menggunakan santan dan juga cukup memakan waktu untuk memasaknya, sehingga kuah Jagung Bose sangat kental dan rasanya pecah dimulut.

Jagung Bose bisa dibuat sendiri di Rumah, bahannya dapat ditemukan dipasar tradisional, Jagung Bose disajikan dirumah biasanya dalam rangka menyambut tamu ataupun merayakan sebuah perayaan.

Jagung Bose dapat dibandrol dengan harga yang variatif di rumah makan ataupun restaurant yang menyajikannya, jangan lupa pesanlah sesuai porsi seperti memakan nasi.

Pasangan paling mantap untuk memakan Jagung Bose adalah Se’i Sapi, hmmm dijamin ketagihan. Di pulau Timor makanan ini menjadi favorit bagi masyarakatnya.

Jadi, sudah puas kan dengan beberapa makanan Kupang enak yang telah direkomendasikan sebelumnya?

Makassar

1. Sop Konro


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : resepcaramemasak

Bertandang ke daerah timur Nusantara, sebagai contoh adalah saat mencari tempat makan enak murah di Makassar.

Nah, siapa sih yang tak ingin mencicipi salah satu atau beberapa makanan khas daerah tersebut?

Misalnya saja Sop Konro yang merupakan salah satu masakan khas suku Bugis yang sudah melegenda dan tidak boleh terlewatkan kelezatannya.

Warna kuahnya yang hitam, membuatnya terlihat seperti Rawon, karena dua-duanya sama-sama memakai bahan kluwak sebagai bumbu.

Selain kluwak, terdapat bumbu rempah lainnya seperti lengkuas, ketumbar, kapulaga, dan bahan lainnya.

Isi dari sop konro ini adalah daging dan iga sapi yang empuk dan terkadang masih berbalut lemak.

Itulah mengapa disebut “konro” yang berarti iga. Biasanya, sop konro ini disantap bersama dengan ketupat.

Meskipun pada umumnya Konro ini berbentuk sup, tapi sekarang sudah muncul variasi baru yang tak kalah lezat, yaitu Konro Bakar. Sebelum disajikan, iga sapi dibakar menggunakan bumbu rempah-rempah khas.

2. Coto Makassar


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : resepanekamasakantradisional

Selain Sop Konro, rumah makan enak Makassar juga seringkali menyajikan sajian lezat satu ini.

Kira-kira apa ya?

Kalau yang satu ini pastinya sudah tak asing lagi di telinga kita.

Benar sekali, Coto Makassar ini bisa dibilang masakan ikonik khas Makassar. Saking populernya, Coto Makassar ini bisa kita temui di berbagai daerah Indonesia.

Meski begitu, tetap saja wajib hukumnya menyantap Coto Makassar kalau sudah menginjakkan kaki di Makassar.

Coto Makassar merupakan sup yang kaya akan rempah-rempah khas. Yang membedakan Coto Makassar dengan soto-soto lainnya adalah adanya kacang tanah yang disangrai.

Sedangkan isi dari Coto Makassar pada umumnya adalah daging sapi beserta jeroan-jeroan yang telah direbus.

Wuihh, dijamin bikin ngiler deh!

Ambon

1. Sambal Colo-Colo


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : jalan2liburan

Nama sambalnya memang aneh, namun rasa pedasnya tiada tandingannya.

Ya, menjadi salah satu makanan enak di Ambon, sambal colo-colo ini merupakan sambal khas yang menjadi pelengkap wajib bagi masyarakat Ambon dalam menikmati makanannya.

Sambal colo-colo terbuat dari rempah-rempah seperti bawang merah, cabai rawit, tomat muda, daun seledri yang diiris dan dicampur menjadi satu, lalu diberi taburan garam dan disiram perasan jeruk nipis.

Sambal colo-colo ini juga dapat ditambahkan dengan daun kemangi dan irisan kenari mentah, dapat juga ditambahkan kecap manis.

Sambal super pedas ini disajikan tanpa diulek. Rasa sambalnya cukup unik, perpaduan antara pedas dan asam dari perasan air jeruk nipis cukup menggoyang lidah dan membuat ketagihan.

Jadi pergi ke Ambon, jangan lupa menyantap ikan asar dengan sambal colo-colo.

Cukup mudah untuk menjumpai kuliner satu ini, karena mulai dari warung pinggir jalan hingga resto kece pun siap menyajikannya sebagai teman petualangan di sana.

2. Gogos


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : gedubar

Makanan khas Ambon yang satu ini penampakannya mirip lemper kalau di Jawa.

Hanya bedanya jikalau lemper biasanya berisi suwiran daging ayam, abon ataupun cacahan tempe, namun gogos biasanya berisi suwiran ikan.

Bahan baku gogos adalah ketan yang diisi suwiran ikan, dibungkus daun pisang lalu dibakar. Paling mantap disajikan saat masih hangat dan dijadikan teman minum kopi atau minum teh.

Cemilan Ambon satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman sehabis berkunjung ke kota cantik tersebut.

Sorong

1. Papeda dan Ikan Kuah Kuning


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : indonesiawow

Sorong memiliki hasil olahan ikan yang melimpah, selain juga dikenal sebagai daerah penghasil sagu.

Tak heran jika Sorong memiliki papeda, salah satu kekayaan kuliner yang juga menjadi santapan khas Tanah Papua.

Di antara tempat makan murah Sorong yang menyajikan papeda, adalah Rumah Makan Cahaya di Jalan Selat Karimata.

Di rumah makan sederhana ini, satu porsi papeda dengan ikan kuah kuning ditawarkan dengan harga Rp 30.000. Namun sebaiknya datang di siang hari.

Pasalnya, sajian papeda di rumah makan ini biasanya habis dalam waktu singkat sehingga warung tutup menjelang sore.

Selain rumah makan Cahaya, rumah makan Hawion yang letaknya tepat berada di depan Kantor Walikota Sorong juga menjadi salah satu rumah makan tujuan untuk berburu hidangan papeda dan ikan kuah kuning.

Lokasinya yang sangat strategis, serta tempatnya yang nyaman menjadikan rumah makan ini selalu ramai didatangi pengunjung.

Harga yang ditawarkan pun sama, yakni Rp 30.000 untuk satu porsi papeda dan ikan kuah kuning. Yang perlu diperhatikan adalah menu papeda yang biasanya diberikan dalam porsi besar.

Jadi, bagi yang tak terbiasa makan dengan porsi besar, boleh meminta setengah porsi papeda dan ikan kuah kuning, agar perut tak terasa penuh.

2. Pisang Goreng dan Kelapa Muda Laut Sorong


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : mulpix

Salah satu tempat wisata Sorong yang banyak diminati ialah Pantai Tembok Berlin.

Di mana tak cuma sunset yang dicari para pengunjung dan warga lokal di pantai ini, mereka juga berburu aneka gorengan yang disajikan dan dinikmati bersama sambal sagu beserta air kelapa muda yang segar.

Di pantai ini, gerobak penjaja aneka gorengan berjajar di sepanjang pantai. Biasanya, pantai baru mulai ramai di sore hari menjelang matahari terbenam.

Meski menunya hanya gorengan seperti pisang goreng, ubi goreng, tempe mendoan, atau tahu, tapi ketika dicocol dengan sambal sagu, ternyata paduan rasa yang dihasilkan sungguh menerbitkan air liur.

Sambal sagu adalah sambal yang dicampur tepung sagu dengan tekstur agak sedikit kental, dicampur ulekan cabe dan daun jeruk yang menyegarkan lidah.

Tak heran jika banyak pengunjung yang akhirnya ketagihan mencoba hidangan ringan ini.

Sudah lengkap rasanya informasi tentang rekomendasi tempat makan enak di Indonesia ini. Jadi, sudah menyiapkan diri dan dana untuk mencicipi satu persatu hidangan melegenda yang penuh cita rasa tersebut?
Top