Rekomendasi Tempat-tempat Makanan Enak di Jogja, di Jakarta, di Surabaya, di Bali dan Kota Besar Lainnya Part 1


Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : tempatnongkrongasik

Di era seperti sekarang ini, sedang banyak sekali bisnis kuliner yang menjamur dikarenakan minat konsumen untuk jajan pada kurun waktu tertentu terus bertambah.

Apalagi jika membahas soal cita rasa anak muda yang mana gemar sekali menghabiskan waktu di tempat makan untuk mengerjakan tugas atau pun sekedar untuk mengobrol bersama teman.

Artikel pilihan : Liburan Telah Tiba! Coba Cari Tahu Destinasi Liburan Berdasarkan Zodiakmu (Part 1)

Selain itu ketika membahas perihal efek dari media sosial, kini tempat makan bukan hanya menjadi sarana untuk mencari rasa kenyang saja.

Akan tetapi lebih dari itu, di mana banyak anak muda yang singgah di tempat makan untuk berfoto ria atau melakukan selfie dan wefie.

Sehingga, menjadi salah satu tantangan bagi para pelaku usaha kuliner agar selain barang dagangan yang lezat juga tempat mesti nyaman dan membuat betah pengunjung.

Nah, berbicara perihal tempat makan yang lezat dan pastinya nyaman untuk dikunjungi. Beberapa pilihan kota berikut bisa menjadi pilihan yang tepat ketika pergi melancong.

Sudah siap untuk pergi liburan ke suatu tempat? Eits tapi jangan lupa mampir di beberapa tempat makan di kota besar yang dijamin ciamik ini ya.

Mungkin saja referensi berikut bisa masuk ke dalam daftar liburan panjang yang akan datang. So, let's check it all!

Rekomendasi Tempat-tempat Makanan Enak di Jogja, di Jakarta, di Surabaya, di Bali dan Kota Besar Lainnya

Wah siapa sih yang ketika bertandang ke suatu tempat tak ingin mencoba salah satu kuliner khas yang pastinya ingin membuat ingat akan perjalanan tersebut?

Selain banyak oleh-oleh yang mungkin saja bisa dibawa pulang ke rumah. Rekomendasi tempat makan di kota besar murah dan lezat berikut bisa juga menjadi tujuan wisata yang keren.

Penasaran di kota mana saja dan tempat makan apa saja yang berhasil masuk dalam rangkuman kali ini?

Jogjakarta

1. Gudeg Mercon Bu Tinah

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : hipwee

Membahas perihal makanan enak di Jogja tanpa membahas Gudeg Jogja, itu merupakan “kedzaliman” dalam dunia perkulineran.

Sebab gudeg Jogja merupakan salah satu ikon dari kota Jogja yang tidak bisa dipisahkan.

Benar sekali, dikarenakan sejarahnya yang tak bisa lepas dari kota tersebut, dan gudeg menjadi salah satu panganan yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sana.

Jika biasanya gudeg cenderung mempunyai rasa manis dan asin yang pas, namun ada yang beda dengan gudeg Jogja yang satu ini.

Namanya gudeg mercon. Waduh pakai petasan nih?

Gudeg mercon Bu Tinah sangat populer dan kondang di kalangan Mahasiswa, khususnya mereka yang menyukai kuliner pedas.

Dinamakan gudeg mercon karena gudeg ini dikenal memiliki kepedasan tidak seperti gudeg pada umumnya. Sekali kamu makan gudeg mercon ini, dijamin rasa pedasnya meledak di mulut.

Buat kamu yang penasaran dengan sensasi kepedasan gudeg ini, kamu bisa datang ke warung makan gudeg mercon Bu Tinah di Jalan Asem Gede No.8, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta.

Buka mulai pukul 21.00-01.00 WIB, dijamin akan membuat malam di Jogja lebih hot!

2. Angkringan KR

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : modatranswisata

Satu lagi kuliner yang tidak boleh ketinggalan saat bahas kuliner Jogja, yaitu angkringan. Mungkin terdapat ratusan angkringan yang tersebar di seluruh pelosok Jogja.

Salah satu yang paling populer ialah angkringan KR, dinamakan angkringan KR sebab angkringan ini berada persis di depan kantor surat kabar harian Kedaulatan Rakyat (KR).

Berbagai jenis menu angkringan tersedia disini, dari mulai sate hati, satu usus, sate telur puyuh, aneka macam gorengan, dan aneka macam nasi dan lauk pauknya.

Selain menghidangkan berbagai macam makanan khas angkringan, disini juga lokasinya sangat cocok buat berkumpulnya para mahasiswa, terlebih buat para komunitas.

Harga yang ditawarkan pun sangat bersahabat dengan kantong mahasiswa, untuk jam operasi angkringan KR mulai dari jam 17.00 sampai 01.00.

Sudah mulai keroncongan melihat begitu banyak menu murah yang ditawarkan?

Setelah sedikit menjelajahi makanan enak di Jogja malioboro yang sudah pasti enak dan menjadi rahasia umum. Ada baiknya mengubah sedikit rute dan mampir di beberapa tempat yang tak kalah menarik pastinya.

Jakarta

1. Talaga Sampireun Jakarta Utara

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : sobatpetualang

Tempat makan yang satu ini mungkin sering kita dengar bagi yang tinggal di Jakarta pastinya.

Di sini tersedia beberapa ruangan di beberapa lantai yang bisa digunakan untuk acara-acara seperti pesta sampai meeting

Menikmati makanan yang lezat sambal lesehan di Talaga Sampireun menjadi salah satu ide asik. Bagaimana tidak, suasananya yang asri pastilah membuat betah.

Jangan lupa untuk mencoba Patin Bakar Bambu, Udang Bakar Madu, Sop Iga Garang Asam, Buntil, Dori Bumbu Lychee dan Nasi Liwetnya.

Kisaran harganya adalah sekitar Rp 8.000,- s/d Rp 150.000,- kalau tidak mau repot pesan menu paket buat rame-rame aja, biar makin hemat! Luar biasa bukan untuk tempat makanan enak di Jakarta murah?

Bertempat di Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lapangan Golf 7 (depan Dufan) dan mempunyai jam operasional dari Senin-Minggu, pukul 10.00 s/d 22.00 WIB.

2. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : manual

Belum lengkap rasanya menjajal tempat makan murah Jakarta kalau belum mencoba nasi goreng yang satu ini. Menu nasi goreng kambing yang sudah ada sejak tahun 1958 ini merupakan menu andalan.

Selain menjual nasi goreng, disini juga terdapat sate kambing yang bisa dicicipi kok. Wah sangat memanja lidah bukan?

Harga dari menu makanan di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini bermacam-macam, mulai dari Rp. 18.000-Rp. 60.000.

Sebagai pelengkap, berbagai minuman dibanderol dengan harga di bawah 20.000. Kuliner murah meriah dan mengenyangkan, salah satu alternatif untuk tempat kencan nih.

Cabangnya tersebar di berbagai daerah, diantaranya di Lebak Bulus, Bintaro, Blok M, Ciputat, dan Pamulang. Kamu bisa mendatangi yang paling dekat dengan kantormu atau rumah pacarmu. Aihh...

Semarang

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : tripadvisor

Bagi para pecinta bakmi, warung makan murah Semarang di mana menjual olahan bakmi sangat banyak sekali.

Namun yang satu ini jangan sampai terlewatkan, Karena pengunjung diajak untuk merasakan sensasi makan yang berbeda dengan cara masak yang khas yaitu menggunakan arang.

Arang seperti zaman tempo dulu? Wahh.

Benar sekali, karena bukan menggunakan kompor layaknya warung-warung bakmi di tempat lain, di tempat ini masih dilestarikan bagaimana untuk mengolah sajian dengan cara yang menarik.

Ada dua macam jenis masakan bakmi di tempat ini yaitu bakmi masak kuah dan goreng. Campuran ayam suwir, kol, serta sawi menambah rasa bakmi pak Gareng ini menjadi lebih nikmat.

Kalau dari segi tata ruang, tempat ini tergolong sederhana, karena masih bersifat warung makan tradisional seperti layaknya warung makan lainnya.

Tapi, kalau dari segi rasa yang dihasilkan berani diadu dengan masakan bakmi di tempat lain.

2. Bandeng Juwana Elrina

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : agenkuliner

Ini mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. Yup, menjadi salah satu ikon khas kota Semarang dan juga makanan Semarang enak yang wajib dicoba.

Kudapan khas ini memang banyak yang menjualnya. Si bandeng presto yang lembut dan lezat.

Akan tetapi, meskipun bandeng presto memang mudah didapatkan di tempat lain, bahkan hampir tiap daerah anda bisa mendapatkan bandeng presto dengan sangat mudah terutama di daerah Jawa.

Namun, untuk citarasa yang lezat dan beda, sepertinya olahan bandeng presto dari tempat ini tetap menjadi pembeda. Karena tekstur hasil olahan yang lembut dan lezat sangat terasa sekali.

Untuk memanjakan lidah para pengunjung, resto ini juga menyediakan berbagai macam hasil olahan bandeng seperti sate bandeng, tongseng bandeng, bakso bandeng, nasi bakar bandeng, dan masih banyak lagi.

Bila tertarik untuk menikmati sajian aneka masakan bandeng ini, langsung saja berkunjung ke resto Bandeng Juwana Elrina yang terdapat di jalan Pandanaran No. 57 Semarang.

Palembang

1. Pempek Beringin Palembang

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : tripadvisor

Tinggal di Palembang, selain kaya akan budaya juga banyak sekali tempat wisata kuliner di sana yang wajib untuk dikunjungi.

Mungkin bagi yang mencari kata kunci tentang cemilan Palembang, akan dengan mudah menjumpai makanan satu ini.

Benar sekali, pempek yang bisa menggoyah lidah pastinya. Lain dari pempek yang lain, ternyata ada salah satu tempat yang bisa didatangi ketika ingin mencicipi olahan ikan tersebut lho.

Namanya pempek Beringin yang berada di jalan Lingkaran I No.20/B9 Kota Palembang, dengan jam operasional 10 pagi sampai jam 10 malam setiap harinya.

Toko ini merupakan toko pempek terbesar dan tertua di kota Palembang yang menawarkan aneka ragam pempek khas Palembang.

Mulai dari pempek kapal selam, pempek gelongdongan, pangsit ikan, mie celor, nasi goreng samin yang dijual dalam bentuk paket dengan harga mulai dari Rp.70.000 sampai Rp.420.000.

Kira-kira bisa masuk ke dalam list belanja liburan yang menyenangkan bukan?

2. River Side Resto Palembang

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : omnduut

Selain pempek yang menjadi camilan khas Palembang, ternyata ada tempat ikonik yang bisa dikunjungi bukan karena makanannya.

Untuk macam panganan di sana pasti dijamin lezat dan murah. Akan tetapi sensasi yang ditawarkan juga tak kalah seru.

River Side Resto terletak dipinggir Sungai Musi tepat di dalam komplek Benteng Kuto Besak Jalan Rumah Bari Kota Palembang.

Resto ini merupakan salah satu restoran elit di kota Palembang yang telah berdiri sejak bulan Maret 2008.

Restoran yang dibuka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam ini akan menyajikan ragam kuliner khas Palembang yang dapat dinikmati para pengunjung sambil menikmati kekokohan Jembatan Ampera dan Aliran Sungai Musi.

Medan

1. Kesawan Square

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : cushtravel

Tengah plesiran di Medan? Eits, tak usah kawatir tentang rumah makan enak Medan kalau di sini. Salah satunya adalah di Kesawan Square ini yang tergolong sebagai kawasan kulinernya kota Medan.

Di mana selalu ramai dikunjungi setiap harinya, dengan beragam makanan yang tersedia di Kesawan Square ini, mulai dari yang halal sampai dengan yang non halal.

Pun tidak perlu khawatir karena disini sudah dibedakan.

Tempat makan yang menyajikan menu halal menggunakan kursi warna biru beserta beberapa atribut lainnya, sedangkan untuk non halal, menggunakan atribut berwarna merah.

Jadi aman kan? tidak perlu kuatir salah tempat makan jadinya.

Berada di Kesawan Square yang ada di sepanjang 800 meter ini, pengunjung seakan dibawa ke masa lalu.

Selanjutnya pengunjung bisa menikmati kuliner lezat dengan ditemanai ragam bangunan tua peninggalan masa penjajahan, yang pastinya bisa menjadi pengalaman menarik.

Hal tersebut karena memang Kesawan Square berada di kawasan kota lama atau lebih tepatnya di Jalan Ahmad Yani.

2. Kedai Kopi Apek

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : kompasiana

Termasuk pecinta minuman kopi? Wah, berarti wajib nih datang ke tempat ngopi yang satu ini. Selain masuk dalam daftar makan enak murah di Medan, pun bisa menjadi tempat nongkrong asik.

Bernama Kedai Kopi Apek, tempat ngopi yang satu ini bisa dikatakan kedai kopi tertua di Medan.

Bagaimana tidak?

Kedai Kopi Apek ini telah ada sejak tahun 1922 lalu dan hingga saat ini masih tetap berjaya.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, ini karena racikan kopinya masih sama tidak ada yang berubah dari dulu hingga sekarang.

Kedai Kopi Apek telah berdiri sejak tahun 1922 dan hingga sekarang cita rasa kopinya tidak berubah.

Konon katanya, kunci kenikmatan kopi di sini ada pada pemilihan kopi terbaik, pengaturan suhu air sampai dengan teknik mengaduk yang harus dilakukan secara tepat.

Adapun menu favorit di kedai kopi ini yaitu Kopi O yang merupakan kopi hitam tanpa gula.

Sebagai teman menikmati secangkir kopi, pengunjung juga bisa memesan menu lain seperti roti bakar, roti kukus, martabak telur atau bisa juga nasi soto.

Mantap kan? Silahkan saja mampir ke Jalan Hindu No. 37, Medan.

Bogor

1. Bapatong

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : daihatsu

Berjalan-jalan ke kota hujan, mungkin paling enak adalah mencari kuliner Bogor recommended dan pastinya bikin badan anget jalani hari yang dingin.

Nah, salah satu kuliner khas Bogor yang pas adalah bapatong. Namanya cukup unik kedengarannya, ya?

Bapatong ini merupakan singkatan dari Bakso Kupat Gentong.

Ketupat yang dipotong bentuk dadu disajikan dengan bakso ditambah dengan daging iga sapi yang dipotong-potong dan kuah bakso dari kaldu sapi.

Jika ingin mencicipi Bapatong, langsung saja datang ke Jl Pangrango No 1, Bogor. Dijamin bikin ketagihan deh!

2. Asinan Bogor

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : Pinterest

Selain bapatong yang jadi kuliner bogor kekinian. Ulasan satu ini juga tak kalah luar biasa.

Kuliner khas Bogor dari zaman dahulu hingga sekarang masih eksis yang tak boleh ketinggalan tentu saja adalah asinan bogor.

Asinan bogor ini merupakan kuliner hasil percampuran budaya masyarakat Tionghoa yang sudah beratus tahun tinggal di Bogor.

Ada tiga jenis asinan bogor, yaitu asinan buah, asinan sayur, serta asinan campuran buah dan sayur.

Potongan-potongan sayur dan buah yang diguyur dengan kuah asam pedas ini rasanya sangat segar dan nikmat, apalagi bila disantap dengan kerupuk kuning dan kacang tanah.

Bisa dijumpai di Gang Aut, Jln Suryakencana yang merupakan pusat kulinernya kota Bogor.

Jadi pengunjung dapat menemukan berbagai macam kuliner yang akan membuat perut seketika keroncongan saat menyusuri Jalan Suryakencana, termasuk asinan Bogor yang melegenda ini.

Artikel pilihan : Bukan Hanya Gambar Pahlawan, Destinasi Wisata yang Ada Pada Gambar Uang 2.000 Ini Patut Kamu Kunjungi

Manado

1. Nasi Kuning

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : resepmagz

Bagi yang tinggal di daerah Jawa, pastilah sudah paham betul dengan apa yang dinamakan dengan nasi kuning dan bagaimana rasanya.

Akan tetapi tidak hanya di Jawa saja, ternyata Manado juga punya olahan nasi kuning sendiri lho.

Berbeda dengan nasi kuning di daerah lain, nasi kuning khas Manado mengandalkan pelengkapnya berupa irisan ikan cakalang, serta daging sapi yang diolah dalam bentuk irisan kecil-kecil.

Telur rebus juga menjadi pelengkap serta ditaburi berbagai bumbu lainnya. Nasi kuning khas Manado sering disajikan atau dibungkus di daun woka (sejenis janur).

Di sana juga banyak rumah makan yang menyajikan menu tersebut. Tetapi yang paling terkenal adalah nasi kuning di Kampung Kodo atau di Rumah Makan Saroja dan Rumah Makan Selamat Pagi.

Jika malam hari, puluhan penjual nasi kuning bertaburan di Komo, yang membuka lapak hingga subuh.

2. Pisang Goreng Teluk Manado

Rekomendasi tempat makanan enak dan murah / Pic source : news-sulut

Apa yang istimewa dengan pisang goreng? Jangan salah, di Manado, pisang goreng disantap dengan dabu-dabu (sambal).

Terutama sambal roa. Selain pisang sepatu yang umum, di Manado ada pisang goreng yang sangat khas. Pisang goreng goroho namanya. Pisang ini digoreng justru saat belum masak.

Pisang digoreng hingga garing, dan disantap dengan dabu-dabu.

Nah, jika ingin mencicipi jajanan tersebut, kawasan kuliner sabuah bulu di Malalayang menjadi tempat favorit menyantap pisang goreng.

Datanglah menjelang sore, ratusan kios di sana akan menawarakan suasana sunset yang ditemani pisang goreng dan secangkir kopi.

Itulah beberapa info tentang rekomendasi tempat makanan enak di Jogja, Jakarta, dan juga tempat lainnya.

Bagaimana dengan kota-kota yang lain? Ikuti terus ulasan selanjutnya ya!
Top