Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Sebagian Nanti Malam, atau Anda Baru Bisa Menyaksikan Th 2035

Komentar
Didunia, banyak orang yang menantikan kemunculan gerhana.

Meskipun setiap tahun selalu ada.Banyak masyarakat ingin melihat fenomena gerhana bulan, khususnya masyarakat indonesia yang berpeluang tinggi untuk menyaksikan fenomena alam tersebut.

Dan yang belum melihatnya, InsyaAllah malam ini masih ada.

Proses terjadinya gerhan bulan Copyright : Ist.

Karena tidak semua negara yang bisa menyaksikan secara langsung fenomena tersebut.Sebagin warga masyarakat indonesia ada yang percaya bahwa kalau ada gerhana bulan khususnya bagi para suami yang memiliki istri yang sedang hamil harus membuat sykuran.Supaya anak yang dikandung selamat dan tetap sehat.

Pada bulan ini, terjadi Gerhana Bulan Sebagian yang kebetulan bisa diamati dari Indonesia.

Informasi ini dilansir dari pernyataan BMKG yang menyebut gerhana tersebut akan terjadi pada 7 - 8 Agustus nanti malam, tepatnya pada hari senin - selasa.

Durasi gerhana dari fase dimulainya gerhana hingga berakhir, adalah 5 jam 4,9 menit. Fase puncak di mana terdiri dari gerhana sebagian mulai hingga berakhir, berlangsung selama 1 jam 56,6 menit.Bagi yang kurang jelas dalam melihatnya bisa menggunaka teleskop antara pukul 17.22 sampai 19.18 UTC ( Coordinated Universal Time ).

Sebagin besar asia, khususnya Indonesia , bulan meluncur di ujung utara gelap dibumi.

Tepatnya pada tengah malam pada selasa ( 8 agustus ).dan di eropa barat gerhana bulan akan lebih awal terlihat daripada Asia.Hanya terlihat pada  kemarin malam pada waktu sisa sisa umbra terakhir di tungkai barat bulan, Spanyol bagian timur.

Baca Juga: Ngeri Anjing Pitbull Yang Terkenal Bersahabat Ini Malah Menyerang Bocah SD Hingga Tewas Di Malang
Gerhana Bulan sendiri adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana ini bisa diamati dari seluruh bagian Asia, Afrika kecuali sebagian kecil Afrika Barat, Eropa, Serta Samudera Pasifik bagian barat dan tengah.

Gerhana bulan sebagian yang muncul nanti malam ini merupakan anggota ke 61 dari 80 anggota pada seri Saros 119. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan sebagian yang terjadi pada 28 Juli 1999 silam.

Inilah hadits yang menjelaskan tentang gerhana

Hadis riwayat Abu Masud Al-Anshari ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: "Sesungguhnya matahari dan rembulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kebesaran Allah. Dengan kedua ayat tersebut Allah membuat rasa takut kepada hamba-hamba-Nya. Keduanya tidaklah terjadi gerhana karena kematian seorang manusia. Karena itu bila kalian melihatnya, salat dan berdoalah kepada Allah sampai hilang yang menakutkan kalian." 
Nomor hadis dalam kitab Sahih Muslim [Bahasa Arab saja]: 1516

Top