Hindari 10 Perbuatan Ini, Jika Ingin Rezeki Anda Terus Tetap Lancar dan Makin Banyak

Allah sudah perintahkan umatnya untuk beribadah dan memenuhi kebutuhan dengan bekerja. Jika dibahas tentang hal ini, maka akan ada banyak hadist yang berkaitan.

Namun terlepas dari itu, intinya dalam bekerja adalah untuk mengumpulkan rezeki yang telah Allah berikan kepada kita.

Namun banyak orang yang mencari rezeki tapi tak pernah instropeksi kenapa rezeki tak kunjung datang. Apalagi stagnan, penghasilannya hanya berkisar segitu-gitu saja.

Hingga bahkan banyak yang tak menyadari kalau salah satu perbuatan mereka malah menghambat kelancaran rezeki.


Dailymoslem


Lantas apa saja, yang menyebabkan rezeki kita terhambat? Berikut 10 perbuatan yang menyebabkan rezeki susah dicari.

1. Syirik kepada Allah
Syirik merupakan sesutau yang diharamkan dan termasuk dosa besar. Karena syirik adalah menyamakan Allah selain Allah dalam rububiyyah dan uluhiyyah Allah SWT. Allah berfirman yang artinya :

Dan sesungguhnya telah diwahyukan kepadamu dan kepada (Nabi-Nabi) sebelummu: "Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapus amalmu dan tentulah kamu termasuk orang-orang yang merugi"(Az-Zumar : 65)

2. Meninggalkan shalat
Shalat merupakan cara umat muslim untuk beribadah kepada Allah SWT. Karena dengan shalat kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah. Dan shalat sendiri adalah doa, meminta kepada Allah apa yang diinginkan.

Dan janganlah engkau meninggalkan shalat, sebab shalat adalah kewajiban umat muslim yang harus dilakukan. sesuatu yang kamu miliki akan tidak bermanfaat karena tidak diridha i oleh Allah. Sebab Allah berfirman :

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآَتُوا الزَّكَاةَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan ta’atlah kepada rasul, supaya kamu diberi rahmat." (Quran Surat An Nur ayat 56)

3. Durhaka kepada orang tua 
Janganlah sekali-kali engkau durhaka atau sampai melawan orang tua, karena akan membuat hidupmu tak tenang. Dan bisa menghambat rezeki yang anda cari, karena hanya doa dari orang tua yang cepat diijabahi oleh Allah. Jika kamu mempunyai masalah terhadap rezeki anda, itu pasti karena orang tua tidak meridhai.

Allâh Azza wa Jalla memberitakan sebagian jasa tersebut dalam firman-Nya :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَانًا ۖ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهًا وَوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۖ وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْرًا

Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan. [al-Ahqâf/46:15].

4. Rizki haram
Ketika kamu memiliki harta yang berlimpah maka bersyukurlah kepada Allah yang telah memberikanmu itu semua. Tapi jangan mencari harta atau rezeki dengan cara yang haram. Misalnya mencuri atau dengan cara mencari pesugihan, itu termasuk musyrik dan dosa besar.

cari rezeki dengan cara yang halal, meskipun tidak banyak, tapi bisa mendapat ridha dari Allah. Allâh Azza wa Jalla berfirman :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Wahai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu”. [al-Baqarah/2:168]

5.Kikir atau pelit
Orang yang yang hidupnya selalu kikir dan pelit, maka hidupnya tidak akan tenang dan selalu merasa kurang dan tidak cukup puas atas apa yang ia miliki. Jangan kau memiliki sifat yang seperti itu, karena Allah tidak akan tinggal diam dan bisa saja mengambil atas apa yang kamu miliki.

Gunakanlah hartamu sebaik mungkin dan sering-seringlah bersedekah jika mempunyai harta lebih. Karena barang siapa yang terus menyimpan hartanya tanpa mengeluarkan sebagian hartanya untuk orang yang tidak mampu, maka ia lah termasuk orang-orang penghuni neraka.

6. Minum khamr/ narkoba
Minuman keras adalah minuman haram, karena memabukkan. Allah melarang umatnya untuk meminum dan memakan makanan yang haram. Apalagi barang yang namanya Narkoba, itu juga barang haram. Dosa besar jika sampai mengkonsumsi atau memakan dan meminum barang tersebut.

Itu semua dapat menghambat rezeki yang anda cari.

                                                       ايدخل الجنّة مد مّن خمر

“Tak akan bisa masuk surga orang yang suka meminum khamar." (HR. Ibnu 
Majjah)

7. Memutus silaturrahmi
Marilah kita bertakwa kepada Allah Ta’ala. Takwa yang juga dapat mengantarkan kita pada kebaikan hubungan dengan sesama manusia. Lebih khusus lagi, yaitu sambunglah tali silaturahmi dengan keluarga yang masih ada hubungan nasab (anshab). Yang dimaksud, yaitu keluarga itu sendiri, seperti ibu, bapak, anak lelaki, anak perempuan ataupun orang-orang yang mempunyai hubungan darah dari orang-orang sebelum bapaknya atau ibunya. Inilah yang disebut arham atau ansab. Adapun kerabat dari suami atau istri, mereka adalah para ipar, tidak memiliki hubungan rahim ataupun nasab.

Karena hal itu yang dapat memberi jalan untuk mencari rezeki. Dosa besar jika kita memutus tali silaturrahmi.Dari Anas bin Malik RA, di mengatakan Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa ingin di lapangkan rezekinya dan di panjangkan umurnya, hedaklah ia bersilaturahim” (HR.Muttafaq ‘alaih)

8. Saksi palsu/ berbohong
Sekarang ini, banyak orang yang terkena kasus dan tidak ingin dihukum menggunakan saksi palsu, hal yang seperti itu yang harus kita hindari. Selain bisa dihukum memberikan saksi palsu juga mendapat dosa, dan dari apa yang ia dapat dengan memberi saksi palsu akan terhambat dan tidak diridhai oleh Allah.

Memberikan saksi palsu sama saja dengan berbohong, karena mengeco dan menipu  semua pihak yang dirugikan. Hadits ibnumajah 2364

حَدَّثَنَا سُوَيْدُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْفُرَاتِ عَنْ مُحَارِبِ بْنِ دِثَارٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَنْ تَزُولَ قَدَمَا شَاهِدِ الزُّورِ حَتَّى يُوجِبَ اللَّهُ لَهُ النَّارَ

Sekali-kali kedua kaki orang yg bersumpah palsu tak akan bergeser hingga Allah memasukannya ke dalam neraka. [HR. ibnumajah No.2364].

9. Ngomongin orang/ ghibah
Semua yang kita miliki akan hilang ketika kita selalu membuat kejelekan. seperti membcarakan tentang kejelekan orang ( Ghibah ). Dosa yang kita dapat dari semua itu bila kita bisa menghindarinya.

Karena Allah sangat membenci orang-orang yang seperti itu. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

وَلاَ يَغْتِبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيْهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوْهُ وَاتَّقُوْا اللهَ إِنَّ اللهَ تَوَّابٌ رَحِيْمٌ

“Dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati, pasti kalian membencinya. Maka bertaqwalah kalian kepada Allah, sungguh Allah Maha Menerima taubat dan Maha Pengasih”. [Al Hujurat :12]

10. Zina/ mendekati zina
zina adalah hubungan seks yang dapat merusak kehormatan diri. Janganlah engkau mendekati zina, karena itu dilarang oleh Allah dan termasuk dosa besar. Dan juga bisa menghabiskan apa yang kamu miliki karena menuruti nafsu untuk melakukan zina.

Banyak jenis-jenis zina yang harus kita ketahui, supaya kita tau betapa bahayanya berzina bagi yang belum mukhrim. Firman Allah :

                     وَ لاَ تَقْرَبُوا الزّنى اِنَّه كَانَ فَاحِشَةً، وَ سَآءَ سَبِيْلاً. الاسراء : 32

Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji, dan suatu jalan yang buruk. [QS. Al-Israa’ : 32] 
Top