Doa Sebelum Wudhu dan Sesudah Wudhu yang Benar, Lengkap Sesuai Sunnah

Komentar

Doa sebelum wudhu dan sesudahnya / Pic source : jalankemasjid

Islam sebagai agama yang sempurna, yang selalu menganjurkan umatnya untuk selalu berbenah diri untuk menjadi pribadi yang lebih lagi.

Islam mengajarkan bahwa sebagai muslim, kita harus selalu menjaga keimanan kita, dan berbicara mengenai keimanan, pastilah ada kaitannya dengan kebersihan.

Baca juga : Tata Cara, Niat, Doa Wudhu serta Tayamum yang Benar dan Paling Lengkap

Seperti misalnya ketika hendak masuk kamar mandi, harus membaca doa, ingin makan harus cuci tangan dan membaca doa, pun ketika wudhu haruslah membaca doa sebelum wudhu terlebih dahulu.

Membahas perihal kebersihan, apakah benar jika kebersihan itu sebagian daripada iman?

Seperti apa kebersihan dalam pandangan Islam tersebut?

Pengertian Bersih dalam Islam

Sesuatu yang sulit untuk dijumpai dalam agama lain, yakni perihal Islam yang sangat menganjurkan muslim untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Merawat kebersihan seseorang tidak hanya dianggap sebagai kebiasaan yang baik dalam Islam, tetapi juga merupakan suatu ibadah yang merupakan bagian dari iman.

Seperti salah contoh untuk kita yang hendak shalat maka haruslah diwajibkan untuk berwudhu terlebih dahulu, dan membaca doa sebelum wudhu yang benar sebelum melakukannya.

Tidak aneh bila Islam peduli tentang kesejahteraan manusia baik di dunia dan di akhirat. Seorang mukmin yang kuat dan sehat lebih disukai Allah daripada yang lemah.

Hal ini sebagai sarana manusia untuk beribadah lebih baik kepada Allah Swt. Seperti dijelaskan dalam hadist berikut ini.

Bersuci [thaharah] itu setengah daripada iman.”(HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi) (Lihat Imam As-Suyuthi, Al-Jami’ Ash-Shaghir, II/57)

Pun dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْفِطْرَةُ خَمْسٌ الْخِتَانُ وَالِاسْتِحْدَادُ وَقَصُّ الشَّارِبِ وَتَقْلِيمُ الْأَظْفَارِ وَنَتْفُ الْآبَاطِ

Ada lima macam fitrah , yaitu : khitan, mencukur bulu kemaluan, memotong kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu ketiak.” (HR. Bukhari no. 5891 dan Muslim no. 258)

Oleh karena itulah, sudah jelas bahwa kebersihan memang mempunyai kedudukan yang penting di dalam Islam itu sendiri.

Perihal menjaga kebersihan, sudah dijelaskan bahwa ketika hendak melakukan shalat haruslah mempunyai wudhu terlebih dahulu, dan jangan dilupa juga doa sebelum wudhu sesudah wudhunya.

Seperti apa doa sebelum wudhu dan doa setelah wudhu tersebut?

Doa Sebelum Wudhu dan Sesudah Wudhu yang Benar

Doa sebelum wudhu dan sesudahnya / Pic source : wajibbaca

Sebelum berwudhu sangat dianjurkan untuk membaca niat, agar ketulusan kita diberikan ridha oleh Allah SWT. Namun perlu diketahui bahwa doa sebelum wudhu bukan niat, melainkan doa sebelum niat berwudhu.

Seperti apakah bacaan doa sebelum wudhu sesuai sunnah tersebut?

Doa sebelum berwudhu

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَ هذَاالْمَآءَ طَهُوْرًا رَبِّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَعُوْذُبِكَ رَبِّ اَنْ يَحْضُرُوْنِ

Alhamdulillahi ladzi ja'ala haadzal maa-a thohuuroo robbi innii a'udzubika min hamazaatis syayathiini wa a'udzubika robbi ayyahduruun.

Artinya :

Segala puji bagi Allah yang menjadikan air ini suci dan menyucikan. Ya Allah, aku mohon berilndung kepada Mu dari godaan syaiton dan aku mohon perlindungan-Mu dari godaan syaiton yang akan datang.

اَشْهَدُ اَنْ لآّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ

Asyhadu alla ilaaha illallohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rosuuluhuu, allohummaj'alnii minat tawwaabiina waj'alni minal mutathohiriin, waj 'alni min 'ibadhikas-sholihiin.

Artinya :

Aku bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah dan tidak ada yg menyekutukan bagi-nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad Saw adalah hamba-Nya dan Utusan-Nya.

Ya Allah jadikanlah aku orang yg ahli taubat dan jadikanlah aku orang yg suci dan jadikanlah aku dari golongan orang–orang yg Sholeh.

Lalu dilanjutkan dengan membaca doa niat wudhu. Inilah niat wudhu arab latin dan artinya.

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَلِرَفْعِ الْحَدَثِ الْاَصْغَرِفَرْضًالِلّٰهِ تَعَالٰى

Nawaitul wudhuu-a liraf’ll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta’aalaa

Artinya :

Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah.

Kemudian dilanjutkan dengan tahapan-tahapan dalam berwudhu seperti yang telah dianjurkan.

Itulah doa sebelum wudhu bahasa arab dan terjemahannya yang bisa dibaca, dihafal, dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah berwudhu ada baiknya kita membaca doa sesudah wudhu seperti yang telah diajarkan ketika masih di taman kanak-kanak.

Namun jika masih ada yang belum mengetahuinya, tidak apa karena ulasan berikut ini akan membahas tentang doa sebelum wudhu dan sesudah wudhu.

Baca juga : Hendak Tidur Langsung Tarik Selimut? Ternyata Berwudhu Sebelum Tidur Punya Manfaat Ini Lho

Doa sesudah berwudhu

Doa sebelum wudhu dan sesudahnya / Pic source : lukito-kuntardjo

Berikut ini adalah bacaan doa sesudah wudhu lengkap.

اَشْهَدُ اَنْ لاَّ اِلَهَ اِلاَّالله وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدَ الرَّسُولُ الله اَللهُمَّ جْعَلْنِى مِنَ التَّوَّبِيْنَ وَجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِرِ يْنْ وَجْعَلْنِى مِنْ عِبَادِكَ الصَّلِحِيْنْ

Asyhadu allaa ilaaha illallaah, wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna mUhammadan ‘abduhu wa Rasuuluhu. Allahumma j’alnii minat tawwabiina, waj’alnii minal mutathahiriina waj’alnii min ‘ibaadikash shalihiina.

Artinya :

Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya.

Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku bagian dari hamba-hamba-Mu yang sholeh.

Itulah doa sebelum wudhu muhammadiyah, doa sebelum wudhu nu, dan doa sesudahnya.

Semoga bisa bermanfaat dan menjadi bekal yang baik untuk diajarkan kepada si kecil juga.

Jangan sampai kebiasaan baik seperti menjaga diri dan kebersihan, dengan berwudhu dan membaca doa sebelum ambil wudhu ini dilupakan. Ayo ajarkan kebiasaan baik kepada si kecil.
Top