Doa Menuntut Ilmu agar Mudah Diserap, Dipahami dan Dimengerti Sesuai Sunnah


Doa menuntut ilmu agar mudah diserap / Pic source : satujam

Di dalam kehidupan ini, apa yang dicari oleh setiap manusia adalah kebahagiaan. Oleh karena itulah, kebahagiaan sangat ingin diperoleh oleh siapapun di dunia ini.

Akan tetapi di zaman sekarang ini, banyak yang merepresentasikan bahwa kebahagiaan bisa datang ketika kita mempunyai kedudukan, kekuasaan, dan juga harta yang melimpah.

Artikel pilihan : Amalkan Doa Sesudah Belajar ini agar Apa yang Dipelajari Dapat Dengan Mudah Dipahami

Bahasa kasarnya, semua hal butuh uang.

Benarkah begitu?

Mungkin saja benar, namun mungkin saja tidak. Uang memang bisa membeli apapun yang kita inginkan, akan tetapi untuk memperoleh uang tersebut terkadang seseorang harus merelakan kebahagiaanya.

Oleh karenanya, ada sebuah kata motivasi yang mengajarkan bahwa, jangan sampai mengejar dunia atau harta, karena bisa jadi ia akan semakin menjauh.

Akan tetapi dekati sumbernya, yakni siapa yang memberikan harta tersebut. Siapa lagi kalau bukan Allah SWT Sang Pencipta alam dan seisinya?

Oleh karena itulah, kita sebagai manusia dituntut untuk selalu belajar dan belajar.

Bukan hanya tentang ilmu dunia saja, namun juga mengenai ilmu akhirat dan ilmu kebaikan lainnya.

Berbicara mengenai peranan ilmu dan belajar, bagaimana kiranya Islam memandang akan hal tersebut?

Hakikat Menuntut Ilmu di Dalam Islam

Islam sebagai agama yang mengajarkan tentang ilmu, bukan hanya di dunia namun juga di akhirat.

Sehingga ada banyak sekali pembahasan tentang amalan yang baik dari wajib hingga sunnah. Salah satunya yakni perintah untuk menuntut ilmu yang bermanfaat.

Berbicara mengenai ilmu dalam Islam, pastilah bagi kita yang bersekolah, masuk perguruan tinggi, atau sedang bekerja pun tak akan pernah dari yang namanya belajar.

Misalnya saja belajar mengenai doa menuntut ilmu sesuai sunnah yang dilafalkan ketika hendak belajar.

Menuntut ilmu sejatinya harus dilakukan oleh seorang muslim sampai nanti waktunya berjalan di dunia habis.

Bahkan kiasan umum mengatakan untuk semua orang bahwa haruslah kita pergi menuntut ilmu hingga ke negeri China.

Maksudnya adalah, seseorang yang hendak menuntut ilmu, tanpa terlupa bagaimana doa menuntut ilmu dengan niat yang tulus pastinya.

Maka hendaklah kejar ilmu itu tanpa mengenal usia.

Perlu diketahui bahwa manusia yang lahir di dunia ini semuanya dalam keadaan polos atau telanjang dan tanpa pengetahuan apapun, rapuh hingga buta akan segalanya.

Allah swt. berfirman:

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (An-Nahl 78).

Maka pendengaran, penglihatan dan akal ialah alat-alat yang diberikan oleh Allah kepada manusia untuk digunakannya memperoleh pengetahuan.

Pun merupakan jendela-jendela yang melaluinya orang dapat menjenguk ke alam yang luas untuk mengetahui rahasia-rahasianya.

Kemudian mengambil manfaat dari apa yang Allah telah mengisinya untuk kemakmuran, kebahagiaan dan kelestarian hidup manusia, makhluknya yang diamanatkan untuk menjadi khalifah-Nya di atas bumi ini.

Jadi, jelaslah sudah jikalau manusia diwajibkan untuk mencari ilmu agar setiap manusia bisa bersyukur dan mengetahui nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Membahas perihal nikmat yang diberikan Allah SWT kepada kita, sudahkah kita paham akan doa menuntut ilmu dan artinya?

Jangan sampai setiap hari kita pergi belajar namun malah lupa untuk membaca doa tersebut.

Lalu bagaimana doanya?

Doa Menuntut Ilmu agar Mudah Diserap, Dipahami dan Dimengerti Sesuai Sunnah

Doa menuntut ilmu agar mudah diserap / Pic source : nu-lampung

Inilah beberapa doa menuntut ilmu yang bermanfaat, yang mana semoga mampu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً وَرِزْقًا وَاسِعًا وَاِلَى الْخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ بَعِّدْنَا

Alloohumma innii as-aluka 'ilman naaafi'an wa 'amalam mutaqobbalaa' wa rizqona'waasi'an wa ilal khoiri qorribna'a wa 'anisy syarri ba'idnaa

Artinya :

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau ilmu yang bermanfaat, amal perbuatan yang diterima, rizqi yang lapang, dan dekatkanlah aku ke perilaku yang baik serta jauhkanlah aku dari perbuatan yang jelek.

Ada pun selain doa menuntut ilmu arab, latin, dan terjemahan tersebut. Ada beberapa doa yang juga bisa dilafalkan saat hendak belajar.

Inilah beberapa doa untuk kita yang ingin mempunyai ilmu bermanfaat dengan belajar, dan inilah doa buat belajar lengkap.

1. Doa ketika hendak belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman"

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

2. Doa sesudah belajar

Seperti halnya doa sebelumnya, doa sesudah belajar singkat bisa dipahami dalam ulasan berikut ini.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam."

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya:

"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya"

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."


Doa menuntut ilmu agar mudah diserap / Pic source : kuttabisykarima

Artikel pilihan : Menjadikan Anak Agar Disayang Allah Subhanahu Wata'ala

3. Doa sebelum belajar mengaji

Selain itu, ada pula doa belajar mengaji yang bisa diamalkan ketika hendak menuntut ilmu akhirat. Pastilah akan menambah keceriaan tempat mengaji apabila doa ini bisa dibiasakan untuk dibaca.

اَللَّهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya:

"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."

Nah, itulah tadi beberapa doa belajar untuk ujian, mengerjakan tugas, selesai belajar, sampai sebelum mengaji.

Semoga menjadikan diri kita selalu bertindak baik untuk memperoleh pahala serta ridha-Nya. Sehingga apa yang dilarang oleh Allah SWT pun bisa terhindarkan.
Top