Doa Dimudahkan Rezeki dan Dipermudahkan dalam Segala Urusan


Doa dipermudah rezeki dan semua urusan / Pic source : imgrum

Setiap manusia yang hidup di muka bumi, pastilah akan selalu berusaha untuk menjadikan dirinya lebih baik lagi dan mampu hidup dengan nyaman.

Oleh karena itulah, setiap orang akan terus berusaha bekerja dengan keras agar mampu menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya.

Memabahas tentang hal tersebut, semua itu tak akan lepas dari yang namanya rezeki.

Artikel pilihan : Membaca 2 Ayat Ini Saja Setiap Malam, Rezeki Akan Lancar, Bisa Buat Nyicil Hutang

Siapa yang tak ingin mendapatkan rezeki yang melimpah? Pastilah semua orang ingin mendapatkan penghasilan yang besar, atau kekayaan yang melimpah.

Pada hakikatnya proses penciptaan manusia berawal dari ketiadaan menjadi ada.

Kendati demikian prosesnya, penciptaan manusia tidaklah lebih besar daripada penciptaan langit dan bumi sebagaimana tertuang dalam penjelasan Alquran.

Sesungguhnya penciptaan langit dan bumi lebih besar daripada penciptaan manusia akan tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. (QS : Ghaafir ayat 57).

Allah Ta’ala senantiasa memberi rezeki kepada setiap makhluk-Nya, rezeki-Nya yang amat luas.

Dimana tidak terbatas pada materi melimpah, melainkan bisa juga berupa nikmat-nikmat berharga lainnya yang ada di sekitar manusia.

Itulah rezeki yang kita maknai sebagai bentuk karunia Allah SWT. Kita sebagai manusia dituntut untuk selalu berusaha dan berdoa menyambut rezeki yang telah ditetapkan kepada kita.

Hakikat Rezeki dalam Pandangan Islam

Rezeki bukan hanya sekedar harta dan kemuliaan saja, namun juga perihal kemudahan yang setiap hari kita rasakan.

Salah satunya adalah kesehatan, perut kenyang, kasih sayang dari keluarga, bisa juga senyuman dari guru atau atasan bisa menjadi rezeki yang luar biasa untuk kita.

Lalu, bagaimana Islam memandang perihal rezeki tersebut?

Umat Islam sangat familiar dengan istilah "Rezeki ada di tangan Allah."

Namun zaman sekarang sangat nampak bahwa pemikiran “Rezeki di tangan Allah” telah mengalami pergeseran sehingga kehilangan maknanya.

Pemikiran tersebut menjadi kosong dan bahkan tidak menjadi keyakinan bagi kebanyakan umat Islam saat ini.

Seakan kita sebagai manusia tidak apa-apa untuk bersantai ria toh rezeki juga sudah ada porsinya sendiri.

Akan tetapi tahukah bahwa rezeki itu harus dijemput dengan usaha?

Salah satunya adalah dengan rajin membaca doa dimudahkan rezeki oleh Allah disamping bekerja dengan giat pastinya.

Lantas bagaimana doa untuk hal tersebut?

Doa Dimudahkan Rezeki dan Dipermudahkan dalam Segala Urusan

Doa dipermudah rezeki dan semua urusan / Pic source : disdagsar.magelangkab

Sebuah urusan atau masalah, sesulit apapun pasti akan ada jalan keluarnya.

Jangan pernah terbawa nafsu amarah sehingga kita terpancing untuk melakukan hal buruk yang bukannya menyelesaikan masalah, tapi justru dapat menimbulkan masalah baru.

Memohon petunjuk atas urusan yang dihadapi adalah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah. Dengan adanya petunjuk, insya Allah segala urusan akan menjadi lebih mudah diselesaikan.

Salah satunya ketika menghendaki untuk mencari rezeki, maka panjatkanlah doa dimudahkan rezeki dan dipermudahkan segala urusan.

Seperti pada ulasan lengkap berikut ini.

Doa Diberi Kemudahan Segala Urusan

Sebelum membahas perihal bacaan doa dimudahkan rezeki, hal yang tak boleh terlupa adalah mengenai doa agar diberi kelancaran dalam urusan apapun. Seperti doa berikut,

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Alloohumma laa sahla illaa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idzaa syi'ta sahlaa.

Artinya:

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Selain doa tersebut, juga ada doa dimudahkan rejeki dan pekerjaan, yakni agar setiap orang yang membacanya bisa mendapatkan ketenangan hati dan bukannya pusing perihal harta dunia saja.

Akan tetapi lebih daripada hal itu, orang yang mengamalkannya secara rutin bisa jadi akan mendapatkan ridha Allah SWT sehingga rezeki pun akan datang baik saat dicari maupun datang tak terduga.

Inilah doa dimudahkan rezeki latin. arab, dan terjemahan yang bisa dilafalkan kapan pun dan dimana saja.

Doa Agar Dipermudah Rezeki

Ternyata doa dimudahkan rezeki halal bisa dilafalkan harus dengan niatan yang tulus. Karena barangsiapa yang berdoa kepada Allah dengan hati yang khusyu’ dan berdoa sesuai dengan aturan syariat.

Maka tidak ada penghalang diterima doa tersebut. Hal ini sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala kabarkan dalam firman-Nya:

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (QS. Al-Anbiya’: 90)

Sehingga inilah doa yang bisa dibaca agar rezeki bisa mudah didapatkan.

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ

Al-hamdu lillaahil ladzii rozaqonii haadza min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin, alloohumma baarik fiihi

Artinya:

Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.


Doa dipermudah rezeki dan semua urusan / Pic source : dakwatuna

Artikel pilihan : Bacaan Doa Sebelum Bekerja dalam Ajaran Islam Lengkap dengan Artinya

Bisa juga dengan menambahkan doa meminta diberikan rezeki yang baik dan halal seperti berikut ini.

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi'an thoyyiban min ghairi ta'abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka 'a-laa kulli syai-in qodiir

Artinya:

Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.

Beberapa ringkasan mengenai doa dimudahkan rezeki dalam berdagang, bertani, ataupun bekerja di kantor ini semoga bisa menambah wawasan kita semua mengenai hakikat mencari rezeki yang baik.

Semoga bermanfaat.
Top