BCA Gratiskan Biaya Tarik Tunai di ATM Bank Lain, Selama Gangguan

Penulis Unknown | Ditayangkan 31 Aug 2017
Sejumlah nasabah mengeluhkan layanan ATM BCA. Mereka mengeluh karena tidak dapat melakukan berbagai transaksi, termasuk transfer.

Menindak lanjuti hal ini, Corporate Secretary PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jan Hendra mengakui ada ATM yang offline pada hari ini. Karena adanya gangguan satelit milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk ( Telkom), yakni Telkom 1.

BCA Gratiskan Biaya Tarik Tunai di ATM Bank Lain, Selama Gangguan

Dikutip dari Kompas, PT Bank Central Asia Tbk ( BCA) membebaskan biaya transaksi tarik tunai di ATM bank lain selama perbaikan layanan.

Adapun sebanyak 5.700 ATM BCA mengalami offline karena terdampak gangguan satelit Telkom 1.

Adapun, bank memerlukan waktu sekitar 2-3 minggu untuk memperbaiki dampak gangguan tersebut.

Baca juga ; Pemerintah Mau Barter Sukhoi dengan Kerupuk, "gila nih butuh berapa ton kerupuk untuk di barter"

"Kami memberikan kebebasan, tetapi tidak dibebaskan langsung. Secara sistem akan dikembalikan, dikredit kembali pada akhir bulan ya (ke rekening nasabah BCA)," kata Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Menara BCA.

BCA mengenakan biaya tarik tunai sebesar Rp 7.500, jika nasabah melakukan transaksi di ATM bank lain. Hanya saja, pembebasan biaya ini hanya berlaku bagi transaksi tarik tunai.

"Kalau mau cek saldo (dan transaksi perbankan lainnya), bisa di apps, internet mobile banking," kata Jahja.

BCA Gratiskan Biaya Tarik Tunai di ATM Bank Lain, Selama Gangguan

BCA, lanjut dia, yang akan menanggung biaya tarik tunai antar bank. Adapun estimasi biaya tarik tunai antarbank mencapai Rp 50 miliar-Rp 70 miliar.

"Kurang lebih besaran biayanya segitu. Tergantung juga dengan frekuensi (transaksi) dan kecepatan kami melakukan recovery," kata Jahja.

Baca juga : "Jangan sampai kritik terhadap kekuasaan dikategorikan sebagai penebaran kebencian" Ujar Direktur Imparsial ini

Sebagaimana diketahui, satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit. Untuk memperbaikinya, BUMN ini dibantu oleh Lockheed Martin selaku produsen satelit.

Terkait dengan gangguan ini, ATM dari sejumlah bank mengalami offline, yang di antaranya adalah ATM BCA dan Bank Mandiri. Sebanyak 11.510 ATM BCA masih dapat beroperasi dan melayani layanan perbankan.
SHARE ARTIKEL