Sering "Ngorok" Ketika Tertidur? Ini 5 Cara untuk Mengatasi Dengkuran dengan Mudah

Komentar
Jangan sampai disepelekan ya. Selain mengganggu ternyata dengkuran keras juga bisa dikaitkan dengan kesehatan. Makanya halau dengan cara ini.


Mendengkur sering dianggap sebagai kebiasaan buruk yang lumrah dialami seseorang saat sedang tidur. Suara yang ditimbulkannya biasa mengganggu pasangan atau teman sekamar.

Artikel pilihan : Tak Usah Panggil Dukun, Ternyata Hanya dengan Air Putih Sudah Bisa Deteksi Aura Negatif di Dalam Rumah

Penyebab mendengkur ialah karena seseorang tidak dapat dengan bebas memindahkan udara yang masuk, sehingga akibatnya udara keluar dari hidung dan tenggorokan juga saat tidur.

Setiap orang tentu rentan terhadap mendengkur, jika kamu terus mendengkur di malam hari, ada kemungkinan ini terjadi karena masalah kualitas tidur.

Mendengkur disebabkan oleh penyumbatan jalur udara yang dapat menyebabkan kelelahan dan masalah kesehatan yang serius.

Hampir 70% orang yang mendengkur memiliki tidur obstruktif yang bisa membuat berisiko terkena penyakit jantung.

Bahkan orang yang berkelebihan berat badan cenderung mendengkur karena memiliki jaringan lemak yang menekan saluran udara.

Selain kemungkinan risiko tersebut, mendengkur juga dapat menyebabkan komplikasi lainnya, seperti kesulitan berkonsentrasi, mengantuk di siang hari, serta kecenderungan kepada sifat agresif.

Oleh karena itulah, berikut ini ada beberapa cara mudah untuk mencegah dengkuran, diantaranya adalah.

Menjaga bantal


Memeluk bantal bisa mencegah dengkuran, karena tidak membuat posisi tidur miring.

Kamu dapat mengangkat kepala dengan meletakkan bantal yang lebih tinggi, ini bisa membuka saluran hidung dan mencegah mendengkur.

Mengubah posisi tidur


Tidur dengan posisi telentang akan menyebabkan tenggorokan kamu menjadi rileks dan ini bisa menghalangi aliran napas dengan menyebabkan suara bergetar saat tidur.

Cobalah untuk mengubah posisi tidur agar tidak mendengkur.

Kunyit dan susu


Dua bahan ini memiliki khasiat antiseptik dan antibiotik yang membantu mengurangi dengkuran.

Ambil 2 sendok makan dari kunyit dan campurkan dalam cangkir susu.

Minum ini setiap hari akan membantu kamu untuk menghilangkan dengkuran saat tertidur, jadi sebaiknya minumlah setiap malam sebelum tidur.


Artikel pilihan : Hendak Tidur Langsung Tarik Selimut? Ternyata Berwudhu Sebelum Tidur Punya Manfaat Ini Lho

Minum air kapulaga


Pengobatan rumah juga secara efektif dapat menyembuhkan mendengkur, kapulaga adalah dekongestan yang efektif untuk membuka saluran hidung yang tersumbat.

Ambil 1 sendok makan bubuk kapulaga lalu tambahkan ke dalam segelas air hangat, campurlah dengan baik dan konsumsilah sebelum kamu tidur.

Kurangi berat badan


Kelebihan berat badan bisa meningkatkan dengkuran, jika kelebihan berat badan maka seluruh tubuh akan menghalangi jalan nafas.

Sebagai aturan praktis, cobalah untuk tidur setidaknya 7-8 jam per hari dan pada saat yang sama hindari tidur terlentang. Jika teknik self-help di atas tidak dapat membantu seseorang untuk berhenti mendengkur.

Maka cara terbaik untuk mendapatkan pengobatan adalah mengunjungi pusat tidur setempat untuk memperoleh bantuan dan nasihat dari profesional.
Top