Sering Massage atau Pijat? Ternyata Rahasia Ini Tersimpan di Dalamnya dan Tak Ada yang Tahu Lho!

Ternyata hal ini tidak bisa kita duga ada di dalam pijatan atau massage. Jadi selama ini...


Mungkin bagi sebagian orang massage atau pijat hanyalah relaksasi biasa. Namun ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan anda.

Spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi dr Nunung Nugroho SpKFR mengungkapkan, salah satu cara untuk membuat tubuh refresh adalah melakukan spa.

Ulasan terkait : Mempersoalkan Kekuatan Magis Daun Kelor dan Sisi Medisnya, Ternyata Fakta Sebenarnya Ialah...

Pada spa, biasanya ada teknik pemijatan atau massage. Ini dilakukan untuk mengurangi timbunan asam laktat,’’ ujarnya, sebagaimana dimuat laman JawaPos, baru-baru ini.

Menurut dokter di RS Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya tersebut, penumpukan asam laktat menjadi penyebab ketidaknyamanan atau nyeri otot. Jika dibiarkan, tubuh terasa pegal-pegal dan sakit. Asam laktat bisa muncul karena aktivitas pascamudik. Misalnya, duduk dalam jangka waktu lama.

Baik sebagai penumpang maupun mengemudi kendaraan milik pribadi. Otomatis, penggunaan otot berlebihan memicu kelelahan.

’’Istilahnya fatigue. Kalau dibiarkan, rasa capeknya bisa berlangsung lama,’’ jelasnya.

Nah, spa dapat bermanfaat mengurangi kelelahan tersebut. Seluruh tubuh bisa dipijat. Juga, bagian tertentu yang timbunan laktatnya tinggi seperti betis, tangan, punggung, atau leher. Sebab, lokasi-lokasi itulah yang biasanya dipakai beraktivitas. Misalnya, saat mengangkat barang dagangan atau memindahkan meja dan kursi. Massage pada tubuh membantu melepaskan asam laktat.

Sebab, terjadi proses melancarkan peredaran darah. Metabolisme tubuh akan membaik. Pemijatan sebaiknya dilakukan pihak yang profesional. “Pijat juga memiliki teknik khusus,’’ papar Nunung.

Menurut alumnus FK Unair itu, pijat tidak boleh terlalu keras. Otot justru bisa cedera. Pijatan yang terlalu hebat mampu membuat otot membiru. Yang benar, pijat kuat, tetapi lembut. Selain itu, di setiap lokasi otot, ada alurnya. Nunung mencontohkan pemijatan pada telapak kaki. Tumit dipijat dengan cara diputar, sedangkan pada lokasi lain bisa dengan ditekan.

Selain pijat, spa biasanya dilengkapi dengan pemberian aromaterapi. Wewangian dari minyak esensial membuat tubuh lebih tenang sehingga dapat beristirahat dengan baik.


Ulasan terkait : Mungkinkah Ini Alasan Mengapa Wanita Lebih Memilih Bad Boy atau Pria Nakal untuk Berpacaran?

Aromaterapi bagi setiap orang sebenarnya tidak sama. ’’Kebutuhannya beda. Ada yang cocok kayu putih, kayu manis, atau wangi lain,’’ terang Nunung.

Kebutuhan yang berbeda itu biasanya diketahui ahli spa profesional. Menurut dia, sebaiknya pilih lokasi spa yang memang mempunyai keahlian menganalisis kebutuhan tubuh untuk relaksasi setelah seharian melakukan aktifitas ataupun pekerjaan.

’’Pilih yang tepat biar happy, tubuh segar kembali, dan siap beraktivitas lagi,’’ tandasnya.

Nah, itulah mengapa massage atau pijat menjadi salah satu pilihan yang tepat di akhir pekan yang santai. Jadi, sudahkah memasukkan spa dan massage yang menenangkan di daftar liburan akhir pekan kali ini?
Top