Membawa Gadget atau HP Berisikan Al-Qur'an ke Dalam Toilet? Apa Benar Boleh?

Sering tak sadar, apakah boleh membawa ponsel atau smartphone ke dalam kamar mandi? terlebih lagi banyak yang gemar BAB sambil pegang HP.


Pastinya setiap hari kita sering sekali bolak-balik kamar mandi. Entah itu mandi, buang air besar atau kecil, mencuci tangan sampai aktivitas mencuci pakaian.

Ulasan terkait : Sholat Masih Bolong? Haduh, Ini Lho Caranya Supaya Terasa Ringan dan Tak Nanti-nanti

Selain harus mengetahui adab ketika hendak pergi ke kamar mandi, seperti misalnya saja membaca doa sebelum pergi ke kamar mandi yang berbunyi,

Allahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaits”,

artinya:

Ya Allah, Sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan syetan perempuan”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Lalu, mendauhulukan kaki kiri ketika memasukinya, sampai jangan berbicara ketika di dalamnya.

Lantas muncul sebuah pertanyaan, bolehkah membawa gadget atau ponsel ke kamar mandi, apalagi yang berisikan Al-Qur'an?

Sudah jelas di era modern ini, hampir bisa dibilang kalau semua dapat dilakukan di genggaman tangan saja. Ya, dengan smartphone yang mendukung beribu fitur. Bahkan ibadah membaca al-Quran pun tak harus membuka-tutup lagi lembaran mushaf.

Cukup di HP.

Yang kerap menjadi masalah, bagaimana kalau kita hendak ke WC atau kamar mandi (tempat kotor) sambil membawa HP atau smartphone yang berisi Al-Qur’an?

Mengenai ini, Syekh Muhammad Sholeh Al-Munajjid menjawabnya seperti dilansir dari laman Islamqa.

Tidak diharamkan membawa masuk hp semacam ini ke kamar mandi karena ia tidak sama dengan hukum mushaf. Meskipun di dalamnya telah di download program Al-Qur’an. Karena ia adalah suara tersembunyi bukan tulisan yang tampak.

Selain itu, ada pula ulama yang menganalogikan HP berisi Al-Qur’an ini dengan penghafal Alquran. Seorang penghafal Al-Qur’an, di dalam memorinya tersimpan firman-firman Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Meskipun demikian, tidak ada larangan baginya untuk masuk toilet atau kamar mandi. Selama dia tidak membaca Al-Qur’an di tempat-tempat yang kurang terhormat ini.


Ulasan terkait : Tanpa Sadar, Maksiat Adalah Sumber Berbagai Macam Penyakit, Bahkan Hadist Pun Membenarkannya

Sekarang sudah tahu ya, jika membawa ponsel yang berisi Al-Qur'an ke dalam kamar mandi itu tidak mengapa.

Namun ada baiknya untuk tak membawa benda tersebut ke kamar mandi lagi karena bisa berbahaya seperti misalnya ponsel yang jatuh ke bak mandi, atau bisa saja terkena aliran listrik dari ponsel tersebut.

Jangan sampai ya.

Mari membiasakan diri kita dan anak-anak dengan adab-adab yang baik ketika pergi ke kamar mandi dan tentu saja sesuai dengan sunah Rasulullah SAw. Agar semua aktivitas kita bernilai ibadah di hadapan Allah swt. Aamiin…
Top