Doa untuk Bayi Baru Lahir Agar Terhindar dari Gangguan Setan

Doa untuk bayi baru lahir / Pic source : santhytiwul

Bagi setiap pasangan yang telah menikah dan memulai hidup baru, sudah pasti apa yang sangat diinginkan ialah mempunyai penerus kehidupan atau buah hati.

Banyak sekali pasangan yang mencoba untuk mempunyai anak dengan berbagai cara dan usaha.

Mulai dari memakan banyak sayuran penambah kadar kesuburan seperti kecambah, memperbanyak istirahat.

Also read : Bacaan Doa Saat Anak Sakit Biar Cepat Sembuh dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Sampai pada akhirnya ketika malaikat kecil telah lahir di dunia, hanya doa untuk bayi baru lahirlah yang pertama kali dilantunkan.

Bayi Lahir dalam Islam

Berbicara perihal bayi yang lahir, memang kabar tersebut akan ditunggu-tunggu oleh setiap calon orang tua.

Bukan hanya gembira lantaran bayi yang lahir sehat dan selamat, namun juga si ibu yang kuat dan mampu melahirkan calon penerus keluarga tersebut.

Berharap cemas nantinya akan seperti apa kelak si anak ketika dewasa. Sungguh sebuah momen yang tak akan terlupakan bagi mereka yang mengalaminya.

Sehingga menjadi teka-teki, hal apa yang sebaiknya dilakukan setelah mengetahui bayi lahir ke dunia dengan selamat dalam ajaran Islam?

"Maunya sih mengucapkan doa tertentu, tapi tidak tahu ada atau tidaknya dalil syar’i dalam perkara ini. Terkadang hanya mengucapkan doa umum, “Selamat ya, barakallahu fiikum”."

Pasti hal tersebut juga pernah dirasakan bagi mereka yang menjenguk keluarga atau teman yang baru saja menyelesaikan proses persalinan.

Dari Hasan Al-Bashri rahimahullah, bahwasanya ada seseorang yang bertanya kepadanya,

Bagaimana cara saya mengucapkan ucapan selamat (kelahiran)?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah olehmu,

جَعَلَ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

Ja’alallahu mubaarokan ‘alaika wa ‘ala ummati Muhammadin

Artinya:

Semoga Allah menjadikannya anak yang diberkahi atasmu dan atas umat Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam

(Atsar ini hasan, dikeluarkan oleh Imam Thabrani).”

Jadi bagaimana harusnya kita berdoa atau memberikan doa untuk bayi baru lahir menurut islam? Doa kelahiran anak bukan wajib, tapi sebagai muslim kita mesti mengamalkan segala kebaikan.

Godaan Syetan untuk Bayi yang Baru Lahir

Doa untuk bayi baru lahir / Pic source : zaujifijannah

Ketahuilah bahwa bayi yang lahir ke dunia ini, telah diintai oleh syetan sejak pertama kali ia keluar dari rahim ibunya.

Karena memang syetan akan selalu berusaha untuk menggoda setiap manusia di muka bumi agar berdalih pada dosa dan kemungkaran.

Sehingga syetan pun akan mendatangi setiap bayi dan menusuk tepat ke mata anak tersebut guna menutupi pandangan bayi dari perbuatan baik.

Abu Hurairah ra. mengabarkan, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya “Tiada seorang bayi pun yang dilahirkan kecuali setan menyentuhnya saat Ia dilahirkan.

Lalu Ia mengeluarkan suara jeritan karena sentuhan setan padanya, kecuali Maryam dan anak laki-lakinya. (HR. Bukhori dan Muslim)”.

Oleh sebab itu setiap bayi yang baru lahir harus dilantunkan adzan di telinganya, dan dibacakan doa bayi baru lahir sunnah agar terhindar dari tusukan syetan.

Doa untuk Bayi Baru Lahir Agar Terhindar dari Gangguan Setan

Untuk menghindari gangguan syetan kepada bayi yang baru lahir, selain dengan mengumandangkan adzan, juga haruslah ditambah memohon perlindungan kepada Allah SWT dengan doa.

Berikut ini ada doa untuk bayi baru lahir arab, latin, dan artinya yang bisa disimak dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kita bisa memohon perlindungan untuk anak dari gangguan setan, dengan doa seperti yang pernah dipraktekkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika mendoakan cucun beliau, yakni Hasan dan Husain.

Ibnu Abbas menceritakan, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membacakan doa perlindungan untuk kedua cucunya,

أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

Artinya:

Aku memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu serta dari pandangan mata buruk. (HR. Abu Daud 3371, dan dishahihkan al-Albani).

Doa untuk bayi baru lahir / Pic source : balqisaqiqah

Also read : Doa Ulang Tahun Islami yang Terbaik untuk Diri Sendiri, Anak, Suami dan Pernikahan

Atau bisa juga dengan memanjatkan doa bayi lahir sunnah berikut ini untuk kebaikan anak.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ. وَيَرُدُّ عَلَيْهِ الْمُهَنَّأُ فَيَقُوْلُ: بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ، وَجَزَاكَ اللهُ خَيْرًا، وَرَزَقَكَ اللهُ مِثْلَهُ، وَأَجْزَلَ ثَوَابَكَ

Baarokallohu laka fil mauhuubi laka wa sayakartal Waahib wa balagho asyuddahu wa ruziqta birrohu

Artinya:

"Semoga Allah memberkahimu dalam anak yang diberikan kepadamu. Kamu pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta kamu dikaruniai kebaikannya".

Jangan sampai lupa untuk membacakan doa bayi baru lahir tersebut karena bukannya untuk melindungi bayi dari gangguan syetan.

Namun juga berguna untuk mendoakan buah hati agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi ketika tumbuh nanti.
Top