Bacaan Niat dan Doa Shalat Hajad Lengkap Bahasa Arab dan Latin Serta Artinya

Bacaan niat dan doa shalat hajad / Pic source : smkn2-bjm

Siapa manusia di muka bumi ini yang tak mempunyai keinginan? Pastilah ada banyak sekali orang yang menginginkan ini dan itu sehingga seakan semua tak mungkin bisa terkabul dengan cepat.

Mungkin pernah menonton film yang menyuguhkan keajaiban di dalamnya, sehingga harapan yang diinginkan bisa terkabul dengan cepat tanpa harus bekerja keras.

Also read : Doa agar Diberi Kemudahan dalam Segala Urusan, Diberi Kelancaran dan Kesehatan

Semua orang pasti ingin hal serupa.

Namun ini dunia nyata, sehingga tak akan bisa seperti itu tanpa usaha yang keras dan tentunya doa yang giat.

Akan tetapi, tahukah bahwa ternyata ada lho ibadah yang mampu dipanjatkan agar harapan benar-benar bisa terkabul?

Benar, itulah shalat atau doa shalat hajad yang pasti sudah tidak asing lagi bagi Muslim di seluruh dunia.

Shalat hajad sendiri merupakan salah satu shalat sunnah yang dilakukan ketika seseorang memiliki sebuah keinginan atau hajat.

Dengan melaksanakan ibadah ini, umat Islam percaya hajat dan keinginannya bisa terkabul dengan cepat.

Keinginan yang dilakukan oleh orang yang melakukan shalat hajad bisa bermacam-macam, mulai dari keinginan untuk segera mendapat jodoh yakni dengan membaca doa shalat hajad untuk jodoh, keinginan dibebaskan dari segala macam masalah, dan harapan-harapan yang lain.

Waktu Shalat Hajat

Bacaan niat dan doa shalat hajad / Pic source : tuntunanshalat

Selain untuk mengetahui tentang apa itu shalat hajat, ada pula waktu shalat hajat yang diridhai oleh Allah SWT.

Sehingga waktu mustajab untuk shalat hajat dapat terkabul adalah tidak cukup dengan hanya melakukan sholat hajat sebanyak satu kali saja.

Disunnahkan oleh para ulama agar kita dapat melaksanakan shalat sunnah hajad ini sebanyak 3 malam atau sampai 7 malam berturut-turut.

Banyaknya hari pelaksanaan shalat hajad ini sendiri dapat disesuaikan dengan penting tidaknya maksud atau hajat yang kita kehendaki.

Dalam setiap hari waktu sholat hajat, kita dapat melakukan shalat ini dalam 2 rakaat, 4 rakaat, 6 rakaat, dan kelipatannya hingga 12 rakaat.

Pelaksanaannya tentu dengan salam di setiap 2 rakaatnya. Maksudnya, setiap habis 2 rakaat harus dilakukan salam, kemudian bangkit kembali untuk membaca niat sholat hajat lagi. Begitu seterusnya.

Jangan lupa juga untuk membaca doa shalat hajat dalam bahasa arab agar harapan lebih cepat dikabulkan.

Selain itu shalat hajad sama seperti shalat sunnah pada umumnya, namun berbeda pada niat yang tak bisa disepelekan.

Karena dari niat pulalah, Allah bisa melihat kesungguhan hati umat-Nya ketika menjalankan amalan tersebut. Berikut ini bacaan niat sholat hajat yang harus dibaca atau dibatin ketika akan melakukan sholat hajat:

أُصَلِّي سُنَّةَأُ الحَاجَةِ كْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى 

Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.” Yang artinya adalah “saya nita sholat hajat dua rakaat karena Allah ta’ala.

Doa Shalat Hajad

Adapun do’a yang dibaca, bisa disimak dalam ulasan berikut ini.

Doa Hajad Pertama

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Tidak ada sesembahan yang benar melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Mahamulia, Mahasuci Allah Rabb Arsy yang agung, segala puji millik Allah Rabb sekalian alam, aku memohon kepada-Mu hal-hal yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan yang menyebabkan ampunan-Mu serta keuntungan dari tiap kebaikan dan keselamatan dari segala dosa.

Janganlah Engkau tinggalkan pada diriku dosa kecuali Engkau ampuni, kegundahan melainkan Engkau berikan jalan keluarnya, tidak pula suatu kebutuhan yang Engkau ridhai melainkan Engkau penuhi, wahai Yang Maha Penyayang di antara penyayang.

Bacaan niat dan doa shalat hajad / Pic source : satujam

Also read : Niat Shalat Jum'at Lengkap dengan Shalat Sunnahnya Beserta Wirid dan Doa

Doa Hajad Kedua

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِمُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي قَدْ تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ لِتُقْضَى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepada-Mu dengan Muhammad Nabiyyurrahmah. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Rabbku denganmu dalam kebutuhanku ini agar ditunaikan. Ya Allah, terimalah syafa’atnya untukku.

Setelah mengetahui doa shalat hajat arab dan latin, serta artinya, maka hal yang perlu dilakukan ketika mempunyai harapan dan ingin segera dikabulkan adalah dengan memperbanyak ibadah sunnah selain ibadah wajib.

Pun jangan sampai ketika nanti hajad telah terpenuhi ibadah menjadi malas. Sehingga harus lebih rajin dan tepat waktu lagi dalam beribadah.
Top