Amalkan Doa Sesudah Belajar ini agar Apa yang Dipelajari Dapat Dengan Mudah Dipahami

Doa sesudah belajar / Pic source : pappalkautsar

Menjadi seorang muslim, pastilah ingin agar selalu diberi ridha oleh Allah SWT dalam keadaan apapun dan dimana saja.

Oleh karena itulah, kita dianjurkan untuk terus belajar dan memahami ilmu dari mereka-mereka yang kiranya mempunyai tujuan yang baik.

Also read : Bacaan Doa Berpakaian Arab, Latin dan Adab-Adab Ketika Memakai Baju

Sudah banyak yang memahami pula bahwa hakikat belajar tak terbatas pada ruang dan waktu, sehingga sebisa mungkin kita haruslah terus mencari dan menggali lagi ilmu untuk hidup yang lebih baik.

Karena tanpa ilmu, manusia tak akan mampu berdiri di dunia ini.

Oleh karena itulah mencari ilmu wajib hukumnya bagi setiap manusia yang hidup di muka bumi ini.

Belajar dalam Islam

Islam sebagai agama yang mengajarkan tentang ilmu, bukan hanya di dunia namun juga di akhirat.

Sehingga ada banyak sekali pembahasan tentang amalan yang baik dari wajib hingga sunnah. Salah satunya yakni perintah untuk menuntut ilmu yang bermanfaat.

Berbicara mengenai ilmu dalam Islam, pastilah bagi kita yang bersekolah, masuk perguruan tinggi, atau sedang bekerja pun tak akan pernah dari yang namanya belajar.

Jika diberi pertanyaan apa ilmu Islami ketika berada di sekolah? Mungkin salah satu yang disebutkan yang paling mudah adalah doa sebelum dan doa sesudah belajar.

Benar bukan?

Perlu diketahui bahwa manusia yang lahir di dunia ini semuanya dalam keadaan polos atau telanjang dan tanpa pengetahuan apapun, rapuh hingga buta akan segalanya.

Allah swt. berfirman:

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam Keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.” (An-Nahl 78).

Maka pendengaran, penglihatan dan akal ialah alat-alat yang diberikan oleh Allah kepada manusia untuk digunakannya memperoleh pengetahuan dan merupakan jendela-jendela yang melaluinya orang dapat menjenguk ke alam yang luas untuk mengetahui rahasia-rahasianya.

Kemudian mengambil manfaat dari apa yang Allah telah mengisinya untuk kemakmuran, kebahagiaan dan kelestarian hidup manusia, makhluknya yang diamanatkan untuk menjadi khalifah-Nya di atas bumi ini.

Jadi, jelaslah sudah jikalau manusia diwajibkan untuk mencari ilmu agar setiap manusia bisa bersyukur dan mengetahui nikmat yang telah Allah SWT berikan.

Doa Ketika Belajar

Doa sesudah belajar / Pic source : cssmora

Salah satu bentuk bersyukur yang telah diulas sebelumnya adalah dengan memperbanyak berdoa. Jika membahas tentang belajar, maka doa yang paling tepat adalah doa sebelum dan sesudah belajar.

Belajar bukan hanya tentang mencari ilmu saja, namun lebih dari itu belajar juga termasuk ke dalam ibadah dan menyimpan pengetahuan agar bisa diamalkan nanti kepada mereka yang bertanya.

Sehingga doa belajar juga bukan hanya belajar pelajaran saja, namun ada pula doa sesudah belajar ngaji, doa cepat hafal sesuatu, dan lain-lain.

Maka dari itulah, berikut ini ada beberapa doa tentang belajar yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari kita semua.

1. Doa ketika hendak belajar

يَارَبِّ زِدْنِىْ عِلْمًا وَارْزُقْنِىْ فَهْمًا

Yaa robbi zidnii 'ilman warzuqnii fahmaa

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rizqi akan kepahaman"

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik"

2. Doa sesudah belajar

Seperti halnya doa sebelumnya, doa sesudah belajar singkat bisa dipahami dalam ulasan berikut ini.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii astaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya aku menitipkan kepada Engkau ilmu-ilmu yang telah Engkau ajarkan kepadaku, dan kembalikanlah kepadaku sewaktu aku butuh kembali dan janganlah Engkau lupakan aku kepada ilmu itu wahai Tuhan seru sekalian alam."

اَللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya:

"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehinggga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya"

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Doa sesudah belajar / Pic source : republika

Also read : Bacaan Doa Sebelum Bekerja dalam Ajaran Islam Lengkap dengan Artinya

3. Doa sebelum belajar mengaji

اَللَّهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Alloohumma akhrijnaa min dzulumaatilwahmi wa akrimnaa binuuril fahmi waftah'alainaa bima'rifatika wasahhil lanaa abwaaba fadl-lika ya arhamar roohimiin

Artinya:

"Ya Allah, keluarkanlah kami dari kegelapan prasangka muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang paling penyayang."

Dan apabila kita sudah selesai belajar bisa membaca doa setelah belajar dibawah. berikut adalah doa setelah selesai belajar beserta latin dan terjemahnya.

Sudah paham kan tentang doa sesudah belajar di sekolah dan di tempat ngaji tersebut?

Jangan sampai lupa membaca doa ya, karena ilmu Allah SWT akan turun pada mereka yang mau bersyukur, dan salah satu tanda bersyukur adalah dengan berdoa.
Top