Doa Sesudah Adzan dan Doa Sesudah Iqomah Arab, Latin Beserta Artinya

Adzan / Pic source : wijayalabs

Bagi seluruh umat Islam di berbagai belahan bumi, pastilah sudah mengetahui perihal adzan.

Adzan merupakan panggilan untuk mengerjakan Sholat wajib 5 waktu dan kita bisa mendengarkan kumandang adzan yang di ucapkan oleh Muadzin didalam Masjid maupun Musholla setiap harinya.

Sudah pasti ketika beraktivitas sehari-hari, sering kali kita mendengar suara adzan berkumandang di masjid.

Also read : Jika Dengar Adzan Maghrib Langsung Berbuka, Artinya Anda Termasuk Orang Ini...

Adzan hukumnya fardhu kifayah bagi laki-laki ketika sudah masuk waktu sholat lima waktu, termasuk di dalamnya sholat jum’at.

Artinya jika salah satu laki-laki dari kaum muslimin telah mengumandangkan adzan ketika telah masuk waktu sholat Maghrib umpamanya, maka gugurlah kewajiban atas semua laki-laki dari kaum muslimin yang lain.

Sebaliknya jika tidak ada satupun yang mengumandangkan adzan ketika sudah masuk waktu sholat wajib, maka seluruh kaum muslimin berdosa.

Dalilnya adalah hadist Malik bin al- Huwairisi bahwasanya Rosulullah sholahu ‘alaihi wa as- salam bersabda :

فإذا حضرت الصلاة فليؤذن لكم أحدكم ثم ليؤمكم أكبركم

"Jika waktu sholat telah tiba, hendaklah salah seorang diantara kalian mengumandangkan adzan untuk kalian dan hendaklah orang yang paling tua diantara kalian yang menjadi imam.(HR Bukhari dan Muslim )

Saat mendengar suara panggilan untuk menunaikan sholat tersebut, kebanyakan kita hanya diam, menghentikan aktivitas, atau langsung berangkat menuju masjid terdekat untuk melaksanakan sholat.

Padahal ada beberapa amalan sunnah yang dapat kita lakukan sembari mendengarkan adzan.

Bukan hanya berdiam diri dan mendengarkan saja, namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan salah satunya adalah membaca doa sesudah adzan.

Doa Sesudah Adzan

Doa sesuda adzan / Pic source : flickr - koleksi_as-sunnah

Kalimat adzan sendiri merupakan kalimat suci yang mengandung panggilan atau ajakan agar setiap muslim yang mendengarkannya untuk melakukan Sholat wajib dan meninggalkan sejenak urusan duniawi meraka.

Bahkan Nabi Muhammad Saw pernah bersabda bahwa dengan mendengerkan Adzan lalu merespon atau menjawab Adzan sesuai ajaran islam maka akan di janjikan surga baginya.

MasyaAllah sungguh luar biasa bukan?

Adapun bacaan doa sesudah adzan arab dan artinya ini bisa diamalkan dimana pun setelah mendengarkan adzan berkumandang.

اَللهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًامَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَآاَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz. Ya arhamar roohimiin.

Artinya:

Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang tetap didirikan, Karuniailah Nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Tempatkanlah dia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. wahai Dzat yang Maha Penyayang.

Amalan Sesudah Adzan

Menelisik dari ulasan sebelumnya, dimana doa setelah adzan singkat tentu dibacakan setelah adzan. Namun, sambil menunggu adzan berhenti berkumandang, ada amalan lain yang bisa kita lakukan sebagai sunnah.

Beberapa amalan tersebut tercantum dalam hadist riwayat Muslim no. 384, HR.Bukhari no. 614, HR. Muslim no. 386, HR. Abu Daud no. 524 sebagaimana hal berikut:

1. Mengucapkan kalimat adzan seperti yang diucapkan oleh muadzin.

2. Melafalkan sholawat Nabi dengan lafal "Allahumma sholli ‘ala Muhammad".

3. Membaca kalimat tauhid "Asyhadu allaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalah wa anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuluuh. Rodhitu billahi robbaa, wa bi muhammadin rosulaa, wa bil islami diinaa".

4. Membaca doa setelah adzan yang lafalnya telah kami sajikan di atas.

5. Membaca doa yang menjadi keinginan kita, mengingat waktu setelah adzan adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Doa Setelah Iqomat

Sudah memahami perihal doa sesudah adzan dan artinya? Sekarang bisa beralih pada doa selanjutnya.

Doa apakah itu?

Yakni doa setelah iqomat. Lantas apakah itu iqomat?

Pengertian iqomat atau iqamah menurut istilah adalah seruan atau pemberitahuan bahwa sholat akan segera dimulai atau didirikan dengan menyebut lafal–lafal khusus dan iqomat bisa dibilang sebagai Adzan yang kedua.

Kemudian Lafal Iqamah pun sama dengan Adzan, hanya saja Adzan di ucapkan masing–masing 2 kali sedangkan untuk iqomat cukup diucapkan sekali saja.

Adapun iqamah sendiri di sunatkan diucapkan dengan agak cepat dan dilakukan menggunakan suara yang lebih rendah pada saat Adzan.

Hukum menjawab iqamah untuk setiap muslim adalah sunnah sehingga jika anda mendengarkan iqamah ada baiknya kita semua menjawab dengan bacaan yang sama seperti yang diucapkan oleh Muadzin kecuali pada kalimat ” Qad Qaamatish ”.

Layaknya doa sesudah adzan, setelah iqomat dikumandangkan pun ada doa tersendiri yang harus diketahui bagi setiap muslim.

Iqamah / Pic source : tuntunanshalat.

Also read : Mendengar Adzan Shubuh Saat Makan Sahur, Berhenti atau Diteruskan?

Adapun Bacaan doa setelah mendengar iqamah bisa dilihat dan dipahami serta hafalkan sendiri dibawah ini:

اَقَامَهَااللهُ وَاَدَامَهَا مَادَامَتِ السَّمَوَاتُ وَاْلاَرْضُ

Aqoomahalloohu wa-ad aamahaa maadaa matis samaawaatu wal-ardl.

Artinya:

Semoga Allah selalu menegakkan dan mengekalkan adanya shalat selama langit dan bumi masih ada.

Itulah lafal doa setelah adzan dan doa setelah iqomat beserta artinya. Setelah mengetahui doa-doa, dan sunah saat mendengar adzan tersebut mari kita mengamalkan semuanya.

Hal yang perlu diingat bahwa jika setiap ada Muadzin yang mengumandangkan adzan dan iqamah ada baiknya untuk mendengar dan dijawab dengan benar.

Karena di lain mendapatkan pahala (sunnah), sekali lagi waktu saat adzan dan iqamah adalah waktu dimana doa dimustajab oleh Allah SWT.

Wallahu a'lam.
Top