Bacaan Doa Sebelum Bekerja dalam Ajaran Islam Lengkap dengan Artinya

Komentar
Bacaan doa sebelum bekerja / Pic source : lst

Untuk menyambung hidup, pastilah semua orang di muka bumi ini akan memberikan yang terbaik bagi dirinya sendiri dan keluarga.

Oleh karena itulah, selain berdoa agar selalu mendapatkan rezeki yang melimpah, seseorng akan dengan giat bekerja dan menyingsingkan lengan baju demi imbalan atau upah.

Artikel pilihan : Sedekahkan 100 Kuda Perang Setiap Hari, Hanya dengan 3 Menit Melakukan Hal Ini!

Maka dari itulah, banyak sekali orang yang berdoa kerja dipermudah untuk jenjang karir yang lebih mapan dan penghasilan juga terus bertamabah.

Apalagi di segi ekonomi sekarang ini yang apa-apa serba mahal dan menjadi momok tersendiri bagi mereka yang berpenghasilan rendah.

Bekerja dalam Islam

Bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup saja, bekerja dalam Islam adalah sebagai ajang untuk mencari rezeki yang halal, serta untuk beribadah kepada Allah SWT agar selalu diberikan ridha-Nya.

Selain itu, bekerja juga termasuk ke dalam ibadah yang bernilai jihad karena mencari rezeki tanpa kenal terik dan hujan, waktu yang panjang, dan juga penat, semata-mata untuk keluarga.

Oleh karena itulah, bekerja menjadi hal yang wajib dilakukan oleh setiap umat Islam, dan dianjurkan untuk meneladani mereka yang bekerja keras dalam Islam dengan baik di jalan Allah.

Mencontoh Rasulullah yang bersifat siddiq, fathonah, amanah dan tabligh. Sehingga ketika bekerja membawa sifat-sifat tersebut akan menghasilkan banyak sekali kemudahan dan kelancaran demi usaha yang sedang dijalani.

Pun akan ada ridha dan pahala yang melimpah dari Allah SWT karena pekerjaan yang dilakukan telah bernilai ibadah.

Doa Sebelum Bekerja

Bacaan doa sebelum bekerja / Pic source : coreindonesia

Berbicara mengenai pekerjaan yang mudah dan juga lancar, ternyata ada beberapa hal yang patut disimak.

Salah satunya adalah ketika kita memanjatkan doa sebelum bekerja agar dipermudah urusan kita oleh Allah SWT.

Dan sebaiknya bacalah doa ini sebanyak 3 kali sebelum berangkat atau keluar rumah.

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً,  وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ.  اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ,  وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Alloohummarzuqnii rizqon halaalan thoyyibaa, wasta’milnii thayyibaa. Alloohummaj’al ausa’a  rizqika‘alayya‘inda kibari sinnii wanqithoo’i‘umrii.

Alloohummakfinii bihalaalika‘an haraamika. wa aghninii bifadhlika‘amman siwaaka. Alloohumma in nii as-aluka rizqon waasi’an naafi’an.

Alloohumma innii as-alukan na’iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu.

Artinya:

Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku.

Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezeki yang luas dan berguna.

Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu ni’mat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang.

Doa agar Mendapat Pekerjaan

Lantas, setelah mengetahui doa berangkat kerja tersebut, bagaimana dengan mereka yang masih belum mempunyai pekerjaan?

Tenang, selain dengan berusaha untuk melamar pekerjaan di tempat yang dituju, ada pula doa untuk mereka yang ingin cepat diterima kerja.

اَللهُمَّ اغْفِرْلِى ذَنْبِيْ، وَوَسِّعْ خُلُقِيْ، وَطَيِّبْ لِيْ كَسَبِيْ، وَقَنِّعْنِيْ بِمَا رَزَقْتَنِيْ، وَلاَتَذْهَبْ قَلْبِيْ إِلَى شَيْئٍ صَرَّفْتَهُ عَنِّيْ 

ALLAAHUMMAGHFIR LII DZANBII, WA WASSI' KHULUQII, WA THAYYIB LII KASABII, WA QANNI'NII BIMAA RAZAQTANII, WA LAA TADZ-HAB QALBII ILAA SYAI-IN SHARRAFTAHU 'ANNII.

Artinya :

"Ya Allah, ampunillah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima apapun yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apapun yang telah Engkau palingkan dariku". (HR. Ibnu An-Najjar)

Bacaan doa sebelum bekerja / Pic source : tirto

Artikel pilihan : Suami Istri Sudah Sama-sama Bekerja, Mengapa Hidup Cuma Segini Saja?

Pun, bisa disampung dengan doa berikut ini.

اَللهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا اَبْوَابَ الْخَيْرِ وَاَبْوَابَ الْبَرَكَةِ وَاَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَاَبْوَابَ الْقُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلاَمَةِ وَأَبْوَابَ الْجَنَّةِ. رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَارَشَدًا. بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMAFTAH 'ALAINAA ABWAABAL KHAIRI WA ABWAABAL BARAKATI WA ABWAABAN NI'MATI WA ABWAABAL QUWWATI WA ABWAABASHSHIHHATI WA ABWAABAS SALAAMATI WA ABWAABAL JANNATI. RABBANAA AATINAA MIN LADUNKA RAHMATAN WA HAYYI' LANAA MIN AMRINAA RASYADAA. bISMILLAAHI TAWAKKALTU 'ALALLAAHI LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH.

Artinya:

Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga.

Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini).

Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.

MasyaAllah, sungguhlah Allah telah memudahkan kita ketika ingin bekerja ataupun mencari pekerjaan dengan salah satunya doa kerja lancar yang telah disebutkan tersebut.

Maka, marilah kita sebagai seorang Muslim harus lebih memperbanyak amalan baik agar semua pekerjaan dan niat kita untuk menghidupi keluarga bisa diberi kemudahan dan juga kelancaran guna hidup yang lebih baik lagi.
Top