Dilarang!! Tak Boleh Minta Penangkal Penyakit ke Pak Kiyai

Komentar

Pertanyaan:

Ketika kita terimpa suatu penyakit lalu pergi ke imam besar/ustadz/kiyai meminta penangkal (semisal jimat/mantra) apakah ini amalan yang diperbolehkan atau tidak?

Jawaban:

Tidak boleh jika kalian tertimpa suatu penyakit, pergi ke imam masjid/ustadz/kiyai lalu kalian meminta amalan penangkal darinya. Jika kalian pergi kepada imam tersebut dan kalian meminta ruqyah darinya berupa al-Qur’an yang dibacakan kepada orang yang sakit, jika imam tersebut terpercaya kelurusan akidahnya dan ia membacakan Al-Qur’an kepada orang yang sakit, maka ini sesuatu yang bagus.

Karena melakukan ruqyah dengan membacakan Al Qur’an kepada orang yang sakit telah shahih dasarnya dari sunnah RasulullahShallallahu’alaihi Wasallam.

BACA JUGA : Diduga Ilmu Hitam, Makam Gadis Cantik ini Dibongkar, yang Terjadi Mengejutkan

Adapun jika ia menulis mantra yang dipakaikan pada orang yang sakit tersebut, maka ini tidak boleh. Karena sesungguhnya jika pengangkal-penangkal ini dari selain al-Qur’an, yaitu berupa mantra-mantra syirik atau di dalamnya nama-nama setan atau jin, atau di dalamnya terdapat simbol-simbol yang tidak dipahami maknanya, maka ini adalah tamimah/jimat yang mengandung kesyirikan. Yang tidak diperbolehkan berdasarkan kesepakatan para ulama.

Adapun jika penangkal-penangkal ini berasal dari ayat-ayat al-Qur’an, maka yang benar berdasarkan perkataan para ulama adalah tidak boleh menggantungkannya / dipakai pada badan. Karena yang demikian itu merupakan sarana menuju kesyirikan dan tidak terdapat dalil bolehnya yang seperti itu. Yang terdapat dalilnya adalah ruqyah berupa membacakan Al Qur’an kepada si penderita.
Top