Usia Menikah Itu Wajarnya Berapa Sih? Ternyata Islam Beri 6 Alasan Yakni di Umur 20-25 Tahun!

Komentar

Setiap orang tentunya ingin menikah dengan orang yang telah dicintainya, dan pastinya akan sangat bahagia jika seseorang dapat menikah dengan orang yang dicintainya. Dan untuk melakukan pernikahan itu tentunya kita membutuhkan sebuah persiapan yang matang, sehingga bukan untuk main-main adanya karena merupakan acara sumpah di hadapan Allah SWT.

Artikel pilihan : Yuk Yakinkan Orang Tua Kita Mau Menikah Muda!

Untuk batasan usia menikah itu sendiri secara umum tidak lah ada, karena orang yang sudah tua pun masih dapat melakukan pernikahan. Dan untuk batasan mudanya mungkin karena kita hidup di negara hukum yang melarang seseorang itu menikah dibawah umur, maka kita harus mengikuti aturan tersebut dan sebaiknya kita menikah ketika usia kita sudah menginjak dewasa atau diatas 18 tahun.

Banyak rumor yang mengatakan bahwa usia muda merupakan usia terbaik untuk menikah, baik dilihat dari sisi psikologis maupun kesehatan. Namun, tidak ada patokan pasti kapan usia ideal seseorang untuk menikah. Jika dirasa sudah memiliki kemampuan dan kematangan, tidak ada salahnya untuk menyegerakan menikah.


Fitnah dunia saat ini sudah mencapai tahap mengkhawatirkan, khususnya fitnah terhadap lawan jenis. Untuk itu dengan menikah di usia muda insya-Allah bisa menjaga kita dari fitnah khalwat dengan lawan jenis yang bukan mahram.


Pengantin muda memiliki sikap toleransi yang tinggi terhadap pasangannya dan lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.


Ketika awal menikah tentu kita tidak langsung menjadi pribadi yang matang dan dewasa. Dengan menikah di usia muda kita bisa mengasah kedewasaan kita, karena kita sudah memiliki tanggung jawab baik sebagai suami ataupun istri. Kita bisa belajar menjadi dewasa bersama pasangan kita, bukankah hal tersebut sangat menyenangkan?

Artikel pilihan : Tidur Terus Bangun Pas Mau Buka, Dijamin Puasamu Sia-Sia! Apa Lagi Ya yang Tidak Boleh?


Menikah di usia muda terbukti lebih cepat mendewasakan pasangan tersebut, Sehingga emosinya bisa lebih terkontrol. Hal tersebut dipengaruhi oleh ketenangan yang hadir sejalan dengan adanya pendamping hidup.


Jika kamu memiliki mimpi, kamu bisa mendapat dukungan penuh dari pasanganmu, sehingga kamu akan lebih semangat menggapai mimpi tersebut.


Peluang memperoleh keturunan lebih tinggi, karena rentang usia 20-25 merupakan usia dimana masa subur wanita sedang dalam tahap maksimal.

Nah, bagi kamu yang sudah siap berumah tangga, persiapkan dengan baik agar dimudahkan prosesnya, dan jangan lupa banyak berdoa agar diberi yang terbaik. Seperti Rasulullah dan Aisyah yang usianya terpaut jauh, Utsman bin Affan juga pernah menikah dengan gadis belia. Saat rambut Utsman telah memutih, beliau menikah dengan Nailah yang masih berusia 18 tahun.

Namun begitulah, Islam menghadirkan kebahagiaan dalam rumah tangga tanpa peduli usia. Menikah dengan sesama usia muda mengandung banyak berkah. Namun, menikah saat muda dengan pasangan yang jauh lebih dewasa juga terbukti tidak bermasalah. Dari niat, segalanya dimulai. Dan dari niat, Allah menilai.


Top