Sudah Hafal Lebaran Ditanya "Kapan Nikah?", Ini Lho Jawaban Biasa Tapi Semua Pasti Bilang "Iya-ya"


Masa iya sih, kita mau mangkir kumpul keluarga di hari lebaran nanti hanya karena takut ditanya kapan nikah? Dih, jangan sampai ya. Ternyata ini lho jawaban biasa yang bisa tepis kepo mereka.

Umur sudah segini tapi masih saja sendiri? Mungkin itulah yang ada di benak keluarga kita ketika sedang asyik berkumpul dan melihat kita telah menjadi dewasa. Apalagi di hari Raya Idul Fitri nanti, itu artinya Anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk persiapan mudik Lebaran.

Artikel pilihan : Jawaban Pamungkas Untukmu Para Jomblo, Ketika Ditanya "Kapan Nikah?" di Hari Lebaran Nanti!

Pada akhirnya, ketika mudik ke kampung halaman, hal yang paling tidak menyenangkan bagi seorang single adalah pertanyaan “kapan kawin?”. Bagi sebagian orang mungkin itu akan terdengar biasa dan mungkin hanya dianggap sebagai angin lalu. Akan tetapi ada pula yang sampai mangkir ketemu keluarga karena merasa tak nyaman dengan pertanyaan tersebut.

Untuk itu, sebelum sampai ke kampung halaman, Anda juga perlu persiapan agar tetap prima dan menjawab pertanyaan tersebut dengan percaya diri tanpa merendahkan diri sendiri. Berikut enam cara elegan menjawab pertanyaan “kapan kawin?” saat mudik Lebaran, seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

Tanya Kembali, Apakah Nikah Sebuah Jawaban?


Bagi kebanyakan orang Indonesia status "menikah" tentu dianggap lebih baik daripada "belum menikah" atau "tidak menikah", apalagi bagi mereka yang perempuan. Maka tak heran jika kebanyakan perempuan rela menikah dengan laki-laki mana pun demi mengejar "status", meski tidak sesuai dengan ekspektasi. Alhasil banyak pasangan tidak menemukan muara kebahagiaan dari pernikahan itu sendiri. Lalu, apakah pernikahan sebuah jawaban?

Masih Mau Kuliah (Lagi)


Untuk Anda yang masih menjalani kuliah, jawaban “mau selesaikan kuliah dulu” merupakan bentuk jawaban elegan yang bisa diterima banyak orang, termasuk si penanya. Namun pertanyaan “kapan kawin?” akan menjadi lebih bermasalah jika Anda sudah menyelesaikan kuliah. Alternatif jawaban yang elegan bagi Anda adalah “saya ingin lanjutkan kuliah dulu”.

Nikah Butuh Perencanaan Matang


Selain perencanaan materi, seseorang yang ingin menikah juga perlu persiapan mental dan kesiapan batin. Menggabungkan dua pikiran dalam satu rumah tangga bukan perkara mudah, perlu kerelaan untuk mau mengalah dan menepiskan ego. Jawaban “Nikah butuh perencanaan matang” sambil terus mencari jodoh yang tepat merupakan salah satu cara elegan untuk menjawab pertanyaan “kapan nikah?”.

Mohon Doa Saja


Tanpa merendahkan diri Anda sebagai seorang single, jawaban ini memang paling aman dan sederhana jika Anda mendapati pertanyaan “kapan kawin?” saat mudik Lebaran.


Artikel pilihan : Ibadah di Akhir Ramadhan yang Jarang Dilakukan Wanita, Bagi Ibu-ibu Pasti Mudah Melakukannya

Sedang Cari Sponsor


Bagi Anda yang ingin menjawab dengan sederhana namun sedikit berselera humor, jawaban “sedang cari sponsor” merupakan salah satu cara yang elegan. Selain mengandung humor, cara ini juga bisa menyentil si penanya untuk turut berandil secara materi dalam prosesi pernikahan. Tidak menutup kemungkinan setelah jawaban tersebut, ada sanak saudara yang ingin membiayai pernikahan Anda.

Berikan Senyum


Selain mohon doa, senyum juga menjadi cara sederhana namun elegan untuk menjawab pertanyaan “kapan kawin?”. Pasang senyum Anda yang paling manis saat ada yang bertanya “kapan kawin?” saat mudik Lebaran. Selain jadi cara yang elegan, dengan senyuman manis tidak menutup kemungkinan akan ada lawan jenis yang tertarik pada Anda.

Sudah siap mendengarkan pertanyaan pamungkas keluarga saat lebaran nanti?
Top