Sebentar Lagi Lebaran, Ini Lho Trik Supaya Nastar Bisa Lembut dan Manis!

Komentar

Siapa sih tak suka kue nastar dengan isian selai nanas ini? Daripada beli lumayan mengocek kantong. Yuk Bikin sendiri di rumah. Ternyata hal sepele ini rahasia nastar bisa lezat dan legit!

Hari lebaran biasanya identik dengan berbagi kue untuk para tamu. Tradisi tersebut, untuk menyemarakkan ajang kunjung-mengunjungi bersama keluarga, tetangga dan teman lainnya. Tradisi kue-kue lebaran sebetulnya tidak diharuskan ada di hari lebaran. Bahkan tidak ada dalil atau hadist tentang anjuran kue di hari kemenagan itu.

Artikel pilihan : Foto Patroli Polisi Ponorogo Jadi Viral! Kuntilanak Nongkrong di Angkringan?

Namun suasana tersebut, tidak terlepas dari semarak untuk saling silahturahmi. karena kue tersebut dapat dijadikan suguhan untuk menjamu tamu yang datang dirumah. Rasulullah menganjurkan untuk menyambut lebaran dengan suka cita. Saling silahturahmi saat itu sebagai bentuk kesyukuran dan adab-adab dalam bertamu dengan suguhan-suguhan.

Rasulullah SAW juga bersabda: Barangsiapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silahturahmi.

Sehingga ketika lebaran, kue bukan menjadi faktor keharusan menyambut Ramadan, dilakukan dengan ikhlas dan tidak berlebih-lebihan. Namun ada yang seharusnya diutamakan saat itu tiba, yaitu kasih sayang dan kepedulian sesama manusia.

Nah, berbicara mengenai kue lebaran, pasti sudah tak asing lagi bukan dengan kue nastar? Ya, kerap jadi pilihan kue nastar sangat populer untuk menjadi suguhan di hari Idul Fitri nanti. Kue kering berisi nanas ini ngeprul teksturnya. Bentuknya agak besar karena ada selai nanas di dalamnya. Rasanya menyegarkan. Mari kita kenal lebih jauh. Jadi, simak saja bagaimana cara membuatnya dalam ulasan berikut ini.

Adonan Nastar


Adonan nastar dibuat dengan creamy method yakni margarin dan mentega dikocok sampai lembut lalu dimasukkan bahan lain.

Isi Nanas


Selai nanas harus dibuat sendiri supaya jangan mengandung jeli. Cara membuat selai sangat mempengaruhi kelezatan kue. Perhatikan hal berikut:

1. Pilih nanas yang rasanya asam manis.
2. Masak selai di atas api sedang cenderung kecil.
3. Nanas bisa direbus dahulu di atas api untuk mengurangi airnya. Setelah air mengering, tambahkan gula.
4. Kalau suka nanas yang segar, boleh ditambahkan sedikit citroen zuur selain air jeruk nipis.
5. Waktu memasak harus cukup lama agar selai jadinya legit.
6. Jangan memasak selai sampai kering betul. Selai akan menjadi kering. Angkat saja kalau ada sedikir cairan. Setelah itu, selai bisa ditiriskan di atas saringan. Gunakan saringan stainless steel agar asam tidak melarutkan besinya.
7. Saat akan diangkat, tambhakan air jeruk nipis dan masak lagi sampai mengering betul.

Mengisi Nastar


Lebih baik, bentuk dahulu selai nanas sehingga tangan kita tidak lengket. Kulit tidak boleh terlalu tipis supaya selai tidak bocor ke luar. Kalau nanas tidak dibentuk, gunakan garpu kecil untuk mengisinya. Dengan begitu, isi tidak tertekan kulit. Bila terkena kulitnya, kulit nanas tidak bisa merapat.


Artikel pilihan : Beli Oppo Lewat Online Shop, Ternyata Isinya Iphone! Tapi Mengapa Pria Ini Malah Kesal?

Membentuk Nastar


Membentuk nastar harus cepat supaya mentega di dalam adonan kulit tidak mencair terkena panas tangan kita. Yang harus diperhatikan juga, kulit harus kompak supaya tidak pecah waktu dioven.

Mengoleskan Topping


Nastar adalah kue yang mengembang saat di-oven. Karena itu jangan mengolesnya dengan kuning telur sebelum dioven. Ia akan pecah-pecah waktu kue mengembang.

Nah, itulah tips yang bisa kita ikuti saa membuat nastar. Mudah diikuti, bukan? Yuk, buat nastar sendiri di rumah. Sudah siapkah untuk saling bermaaf-maafan dan peduli kepada sesama? Bagaimana menurutmu?
Top