Rasulullah Tidak Pernah Lupa 4 Hal Ini Saat Hari Raya Idul Fitri

Komentar
Hanya tinggal hitungan, hari yang ditunggu-tunggu setiap muslim akan tiba. Yap, hari raya idul fitri yang akan jatuh pada minggu depan. Di Indonesia, selain shalat id, ada tradisi unik yakni bersalam-salaman di tetangga, kampung dan juga saudara.



BACA JUGA: Hati-hati! Kita Selalu Melakukannya, Padahal Ini Tidak Boleh Dilakukan Saat Idul Fitri

Rupanya, Rasulullah SAW juga punya tradisi unik sendiri terkait dengan hari raya. Beliau tidak pernah lupa akan 4 hal ini.

1. Mandi sebelum ke Masjid untuk Shalat id

Seorang di hari ied disunnahkan untuk bersuci dan membersihkan diri agar bau tak sedap tidak mengganggu saudara kita yang lain ketika sholat dan bertemu. Ini berdasarkan atsar dari

Ali bin Abi Tholib Radhiyallahu anhu pernah ditanya tentang mandi, maka beliau menjawab, “(Mandi seyogyanya dilakukan) di hari Jum’at, hari Arafah (wuquf), hari Iedul Adh-ha, dan hari Iedul Fitri“. [HR.Asy-Syafi’i dalam Al-Musnad (114), dan Al-Baihaqy (5919)]

2. Pakai pakaian yang bagus (tidak berlebihan)

Diantara bentuk kegembiraan seorang muslim, dia mempersiapkan dan memakai pakaian baru di hari raya iedul Fitri dan iedul Adhha. Ketahuilah, Sunnah ini diambil dari hadits Ibnu Umar , ia berkata:

” Umar mengambil jubah dari sutera yang dijual di pasar. Diapun mengambilnya lalu dibawa kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam seraya berkata: [” Ya Rasulullah, Belilah ini agar engkau bisa berhias dengannya untuk hari ied dan para utusan …”] ” [HR.Al-Bukhory dalam Shohih-nya (906), Muslim dalam Shohih-nya (2068)]

3. Makan dulu sebelum ke Masjid

Sebelum berangkat ke musholla (dalam hal ini: lapangan), maka dianjurkan makan –utamanya kurma- sebagaimana ini dilakukan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘alaihi wassalam pada hari iedul fitri. Adapun iedul Adhha, maka sebaliknya seseorang dianjurkan makan setelah sholat ied agar nantinya bisa mencicipi hewan kurbannya.

Buraidah –Radhiyallahu- anhu berkata: “Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam tidaklah keluar di hari iedul Fithri sampai beliau makan, dan pada hari iedul Adh-ha beliau tak makan sampai beliau kembali”. HR. Ibnu Majah dalam As-Sunan (1756). Di-hasan-kan oleh Syu’aib Al-Arna’uth dalam Takhrij Al-Musnad.

4. Mencari Jalan lain Ketika Pulang ke Rumah

Disunnahkan mencari jalan lain ketika selesai melaksanakan sholat ied. Artinya ketika ia pergi ke musholla mengambil suatu jalan, dan ketika pulang ke rumah di mencari jalan lain dalam rangka mencontoh Rasulullah SAW. Beliau juga bertakbir saat pergi menuju masjid.

itulah sunnah-sunnah Rasulullah SAW saat idul fitri.
Top