Pangkas Jadwal Misa Guna Hormati Idul Fitri, Kebijakan Gereja Ini Menuai Decak Kagum Netizen


Toleransi di hari nan fitri, Gereja ini sampai ubah jadwal Misa untuk membantu melancarkan pelaksanaan shalat ied!

Sikap toleransi antar umat beragama kembali ditunjukan pihak Gereja demi menjaga kerukunan. Kali ini, demi menghormati pelaksanaan ibadah salat Hari Raya Idul Fitri pada Minggu (25/6), pihak pengelola Gereja Katedral Jakarta, mengubah Jadwal Misa yang seharusnya pukul 06.00 WIB diubah menjadi pukul 10.00 WIB.

Also read : Fakta Terbaru MUI Mengenai Takbir Keliling di Malam Idul Fitri, Ternyata Bukan Wajib!

Perubahan tersebut disampaikan lewat akun media sosial Facebook, Gereja Katedral Jakarta.

Di sana tertulis pengumuman bahwa halaman gereja dipakai untuk mendukung terlaksananya kegiatan Hari Raya Idul Fitri.

"Pengumuman. Sehubungan dengan hari Raya Idul Fitri & Shalat Id, halaman Gereja Katedral Minggu, 25 Juni 2017 diubah menjadi: Pagi hari (pukul 10.00-12.00) dan sore hari seperti biasa (pukul 17.00-19.00)," seperti dikutip laman Kompas.

Unggahan jadwal misa Gereja Katedral ini telah dibagikan hingga ribuan kali dan mendapat reaksi netizen.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Paroki Gereja Katedral Jakarta, Romo Hani Rudi Hartoko.

"Kami memahami umat Muslim hanya ada 1 waktu serentak untuk Shalat Id. Sedangkan misa bisa menyesuaikan diri karena ada beberapa kali, beberapa hari Minggu," ujarnya.

Ia mengatakan, penyesuaian jadwal misa ini baru pertama kali dilakukan oleh Gereja Katedral kerena Shalat Id tahun ini diperkirakan jatuh pada hari Minggu.


Also read : Sudah Cukupkah Kesalahan Terhapus, dengan Hanya Meminta Maaf Ketika Lebaran?

"Bertetangga yang baik dan tulus sebagai sesama anak bangsa. Untuk saling menghormati dan ikut bergembira di hari yang Fitri ini sungguh sangat menggembirakan," tutupnya.

Romo Hani juga mengatakan halaman parkir gereja juga dapat digunakan untuk parkir bagi umat yang akan melakukan shalat Ied di Masjid Istiqlal yang letaknya bersebelahan, sebagaimana tradisi yang sudah terjalin selama ini.

Sungguh lega bukan mendengar hal tersebut datang di hari nan fitri? Semoga akan terus terjalin kedamaian semacam ini antar umat beragama di Indonesia dan seluruh dunia. Sehingga tiada perselisihan dan perpecahan yang merugikan satu sama lain.

Lantas, bagimana caramu merayakan hari Idul Fitri kali ini? Share di kolom komentar ya.
Top