Ketika Terkadang Kehidupan Orang Lain Lebih Berwarna Dibandingkan Kita


"Enak ya Si A sudah punya rumah sendiri", " Si B punya bisnis jadi bisa melancong terus", atau " Mereka harmonis banget, kompak lagi". Semua pernyataan yang mungkin pernah dirimu lontarkan meskipun secara tak sadar.

Artikel pilihan : Cintai dengan Cara Halal, Bukan Menghalalkan Segala Cara untuk Mencintai!

Memang terkadang karena beberapa hal sulit yang sedang kita hadapi cukup membuat kita melihat hidup orang lain lebih enak dibandingkan hidup yang sedang kita jalani. Kita merasa seseorang tersebut lebih beruntung dalam segala hal, meskipun kenyataannya tidak.

Saat itu kita sedang menduga-duga hidup orang lain lalu membandingkannya sendiri tanpa tau kenyataan yang sebenarnya. Karena bisa jadi hidup seseorang itu jauh lebih sulit dari kita, hanya saja karena dia tidak mengeluh akhirnya itu tidak tampak dimata kita.

Perlu kita ketahui, bahwa kesulitan ataupun masalah yang kita rasakan menjadi besar saat kita menyuarakannya kepada selain Allah. Tetapi ketika kita bijak dalam menyelesaikannya walaupun hanya dengan mendiamkan lewat doa, maka masalah yang tadinya membelenggu akan menjadi ringan.


Maka dari itu, jangan biasakan diri membandingkan hidup yang kamu miliki, yang menurutmu begitu menyulitkan dengan terus melihat kebahagiaan orang lain. Karena bisa jadi orang lain yang kamu anggap baik-baik saja hidupnya telah lebih dulu merasakan masa sulit seperti yang tengah kamu rasakan saat ini.


Jangan mengeluhkan keadaan hanya karena kamu melihat orang lain lebih enak hidupnya, karena bisa jadi justru merekalah yang lebih berat hidupnya ketimabang hidupmu.

Hanya terkadang mereka begitu pandai menyembunyikan kegelisahan mereka, sebab ia selalu yakin bahwa pertolongan Allah selalu bersamanya saat ia mampu menyuarakannya hanya dalam sebait doa yang terus menerus tercurahkan.


Jangan biasakan menginginkan kenikmatan hidup yang tengah didapatkan orang lain, sebab belum tentu kamu bisa berjuang seperti mereka ketika masa sulit datang. Kamu belum tentu bisa bersabar seperti mereka ketika ujian datang menerpa, maka dari itu saat kamu melihat kebahagiaan orang lain yang nampak Elegan.

Kamu harus pandai berfikir panjang, jangan hanya melihat sisi bahagianya semata, agar hatimu tidak pernah mengeluh atas hidup yang kamu miliki.


Jangan biarkan hatimu melemah hanya karena saat ini sedang menadapat kesulitan, karena sulit itu ada sebab Allah sudah sediakan kebahagiaan yang sempurna sesudahnya.

Maka jalanilah dengan ikhlas segala sesuatu yang menajdikanmu sulit, jangan mengeluh ataupun biasa membandingkannya dengan kehidupan orang lain, sebab merekapun tentu akan mempunyai masalah dalam hidupnya, meski masalahnya tentu tidak akan sama persis seperti yang kamu alami saat ini.


Artikel pilihan : Anak SD Buat Haru, Menabung dan Disedekahkan Tiap Jumat untuk Ibunya yang Telah Meninggal

Teruslah bersabar, dan jangan biasakan mengeluh hanya karena kamu berasumsi hidup orang lain selalu lebih enak dari hidup yang kamu miliki, pandailah berprasangka baik pada ketentuan-ketentuan Allah.

Karena semuanya akan membuatmu tetap baik-baik saja saat kamu mampu menerimanya dengan terus bersabar dan ikhlas.

Setiap orang mempunyai jalan hidup tersendiri yang telah Allah lakarkan indah diatas pentas kehidupan. Pasti semuanya bersesuaian dengan kehidupan kita. Cuma kita terlalu naïf dan lemah untuk menilai dengan sebaik-sebaik penilaian terhadap semua takdir kita.

janganlah kamu berasa lemah dan jangan pula kamu bersedih hati kerana kamulah orang yang paling tinggi darjatnya jika kamu oarng orang yang beriman”. [ surah ali-imran ayat 139 ]

Bila tiba masanya nanti kita akan tersenyum memikirkan kembali hikmah yang Allah tunjukkan. Cuma buat masa ini kita hanya perlu bersabar dan jangan mempersoalkan serta membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain.


Top