Jika Dengar Adzan Maghrib Langsung Berbuka, Artinya Anda Termasuk Orang Ini...

Komentar
Puasa Ramadhan adalah kewajiban bagi setiap muslim. Selain kita menahan lapar dari subuh hingga maghrib, siapa sangka jika berpuasa merupakan nikmat terbesar dari Allah SWT bagi umat-Nya. Terutama saat kita berbuka puasa.



BACA JUGA: Kisah Ngenes Remaja Jual Boneka Gara-gara Putus Dari Pacarnya, Sering Terjadi!

Ketika kita mendengar adzan maghrib, pasti kita akan segera membatalkan puasa kita. Rupanya hal itu sangatlah mulia, bahkan dalam kitab Riyadhus Shalihin yang ditulis oleh Imam Nawani mengatakan bahwa jika kita ingin mendapatkan ridha Allah SWT, maka hendaknya kita menyegerakan berbuka Puasa. Hal ini pula yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.

“Selama kita mau mengikuti ajaran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam, kita akan selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan,” tulis Imam Nawawi dalam kitabnya.

Jika terdengar adzan Maghrib, umat Muslim yang berPuasa hendaknya menyegerakan berbuka, karena hal tersebut sesuai dengan Hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam yang bersumber dari Sahl bin Sa’ad RA. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Kaum Muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa,” Hadis riwayat Muttafaqun ‘alaih.

Menurut Imam Nawawi, makan sahur di waktu mendekati shubuh dan menyegerakan berbuka puasa adalah perilaku yang dicontohkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Perilaku tersebut merupakan cara untuk kita terhindar dari ajaran puasa yang berlebihan.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam yang bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, HambaKu yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat berbuka puasa.” (Hadis riwayat Muslim).
Top