Jangan Sampai Tergoda, Ini Cara Kalahkan Hawa Nafsu yang Membuncah Saat Puasa

Komentar

Setiap manusia yang diciptakan oleh Allah Ta’ala mempunyai nafsu. Nafsu yang terdapat pada manusia adalah ujian Allah Ta’ala. Jika manusia mampu menguasai atau mengendalikan nafsunya bermakna dia tengah berusaha mengatasi salah satu ujian dari Allah Ta’ala. yang cukup berat ini.

Sebab itu Allah ta’ala mengingatkan kita tentang hal ini di dalam firman-Nya: “Mereka yang berjuang ke jalan Kami, niscaya Kami akan tunjukkan jalan jalan Kami. Sesungguhnya Allah berserta dengan orang-orang yang berbuat baik.” (Surah al- Ankabut ayat 69)

Also read : Kalian yang Menentukan, Ngabuburit Sama Al-Qur'an atau Malah Asyik Hape-an?

Apalagi ketika puasa, bukannya kita dituntut untuk tak hanya puasa makan minum saja, tapi juga harus bisa mengalahkan hawa nafsu. Buat kamu yang lagi dekat dengan seseorang, jangan jadikan kangen sebagai alasan. Ini Ramadhan lho, pahala bisa datang berkali-kali lipat, apa lagi dosa. Oleh karena itulah, berikut ini ialah cara bagaimana agar dirimu tak terkalahkan oleh nafsu dan pahami kembali bukan hanya sebagai angin lalu.


Menjelang Ramadhan, ada baiknya kamu dan pasangan menentukan bersama bagaimana sebaiknya rutinitas pacaran kalian berjalan. Yakinkan bahwa memang ada komitmen dari kamu dan dia untuk lebih menjaga diri. Mengubah gaya pacaran itu nggak mudah bila keinginannya tidak datang dari kedua belah pihak.

Tentukan bersama kebiasaan apa yang harus dikurangi atau dihilangkan sama sekali selama puasa. Supaya perjanjian ini benar-benar bisa dilaksanakan, kamu dan dia juga bisa membuat sistem reward and punishment. Kalau salah satu melanggar perjanjian, harus gak ketemuan 3 hari berturut-turut misalnya.


Demi mengurangi intensitas berduaan tapi gak membuat kamu dan dia dilanda rindu, coba deh kencan beramai-ramai. Ketika mau pergi, jangan ragu mengajak teman-teman kalian yang masih jomblo. Kalau perlu ajak dia yang paling konyol dan heboh sehingga mengalihkan perhatianmu dan pasangan pada kelucuannya. Intinya, jangan cuma mengajak mereka yang sama-sama udah punya pasangan.

Selain lebih asyik, pergi beramai-ramai dengan teman yang jomblo bisa memberikan distraksi pada kamu dan pasangan. Kamu gak akan tergoda untuk manja-manjaan sama pacarmu. Malu kan dilihatin mereka? Lagian ngobrol bareng sambil nunggu buka juga udah cukup seru kok.


Hindari tempat gelap, dingin dan sepi. Bukannya mau meragukan keimanan dan kemampuanmu menahan diri, tapi secara reflek seseorang akan lebih mudah melakukan kontak fisik dengan pasangannya ketika dihadapkan pada 3 kondisi diatas.

Kalau kamu dan dia mau pergi berduaan di jam-jam puasa, carilah tempat yang relatif minim godaan. Pergilah ke toko buku yang terang benderang, atau coba pergi ke kebun binatang dimana banyak anak kecil berkeliaran. Carilah tempat yang akan membuat kalian rikuh kalau terlihat mesra di depan orang.


Also read : Ragu Berpisah ataukah Bertahan, Suami Suka Selingkuh Buat Hati Tak Ikhlas Melayani

Ingin menjadikan ramadhan-mu lebih bermakna bersama pasangan? Coba deh cari kegiatan bersama yang bisa memperluas wacana agama kalian. Saat bulan puasa biasanya banyak tempat mengadakan pengajian yang bisa didatangi oleh siapa saja. Gak cuma di masjid aja. Bahkan ikatan mahasiswa Muslim kampus dan pusat perbelanjaan juga sering mengadakan agenda semacam ini.

Daripada jalan-jalan muterin mall sambil menahan lapar, mending ikutan acara macam ini. Pengajian macam ini dijamin aman, karena pihak penyelenggara akan memisahkan tempat bagi pengunjung lelaki dan wanita. Selain itu pemahamanmu sama agama juga pastinya bisa bertambah kalau mau ikutan kegiatan ini.


Kok nggak boleh sahur bareng? Kan sahur on the road itu kegiatan sosial, bukannya pahalanya dilipat gandakan pas Ramadhan? Tenang, tenang.

Kegiatan SoTR yang diadakan malam buta, dingin dan membuatkalian berkeliling untuk membagikan nasi bungkus memperbesar kemungkinan kalian melakukan kontak fisik yang gak seharusnya. Apalagi kalau kamu dan dia ada di kendaraan yang sama. Kalau memang kalian ada kegiatan SoTR mending pisah kendaraan aja deh sama temen masing-masing. Masih ada hari esok kok buat ketemuan.


Satu cara jitu untuk mengalihkan perhatian dan membuat diri tetap ingat untuk menjaga batasan antar muhrim adalah dengan memperbanyak ibadah. Dengan semakin meningkatkan kualitas ibadah, akan ada alarm alami dalam dirimu jika kamu dan pasangan berniat macam-macam. Walau gak ada yang ngingetin kamu akan malu dan merasa berdosa sendiri jika tidak memanfaatkan Ramadhan dengan baik.

Tambah kuantitas tadarus dan tingkatkan kualitas sholatmu dengan melakukan sholat sunnah. Dengan meningkatkan kualitas ibadahmu secara otomatis adab bergaulmu dengan pacar juga akan terjaga.


Kamu masih khawatir gak bisa fokus ibadah karena ada pasangan yang masih belum halal mendampingi beribadah siang-malam? Tapi juga udah cinta mati dan enggan putus dari dia? Ada satu cara lagi yang dijamin tokcer: NIKAHIN.

Yup, kalau memang sudah siap kenapa harus ditunda lagi? Semoga Allah selalu menjaga hati kita untuk selalu tunduk kepadanya. Aamiin.


Top