Jangan Sampai Pahala Ramadhan Terbuang Percuma, Masa Selfie Pas Tarawih? Share Biar Sadar!


Di bulan yang mulia itu seharusnya kita sebagai manusia memperbanyak amalan baik kita, sehingga bukan untuk bersuka cita karena sebentar lagi Idul Fitri saja, namun lebih menekankan sekali lagi ketika setiap apa yang telah kita lakukan di bulan suci tersebut mendapatkan ridha Allah SWt untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Artikel pilihan : Iya Butuh Duit, Tapi Kalau Anak Ditinggal Terus, Itu Anak Ibu atau Anak Baby Sitter?

Nah berbicara mengenai ibadah tahukah kamu dengan tren selfie? Sejatinya, selfie merupakan salah satu kegiatan yang sulit dihilangkan oleh masyarakat dunia zaman sekarang. Dengan kata lain, selfie sudah menjadi tren tidak tertulis di kalangan umum. Siapapun yang memiliki kamera bisa melakukan selfie di manapun ia berada.

Lantas, apa hubungannya ibadah dengan tren selfie yang memang sudah ada sejak beberapa waktu silam tersebut? Mungkin karena ingin mengabarkan aktifitas apa yang tengah dilakukan dan hendak menjadi populer di kalangannya, maka beberapa orang masih saja menganggap bahwa beribadah itu tak lengkap rasanya jika tak dikabarkan kepada orang lain.

Misalnya saja shalat Tarawih. Ingat! Selfie Saat Salat Tarawih Bisa Lunturkan Pahala di Bulan Puasa? Share ya Biar Sadar!


Bahkan di tempat ibadah saat sedang tarawih. Kita bisa lihat di social media seperti Instagram, Path, Twitter, dan lainnya, banyak foto selfie beredar ketika sedang melaksanakan ibadah salat dengan berbagai latar belakang dan judul.

Di bulan puasa seperti saat ini, timbul pertanyaan "Apakah hukum selfie saat beribadah?"

Ustaz Dr Muhammad Lukman Ibrahim, salah satu dosen senior salah satu akademi di Malaysia mengatakan bahwa hukum selfie adalah sah-sah saja. Tetapi hukum selfie bisa berubah mengikuti keadaan atau niat si selfiers. Kalau ia ber-selfie untuk mengabadikan momen kebersamaannya dengan teman-teman, boleh-boleh saja.

Artikel pilihan : Temukan Kertas Lusuh, Preman Ini Mampu Bertemu dengan Rasulullah dalam Mimpinya!

Namun, jika ke mana-mana harus melakukan selfie, Ustaz Dr Muhammad Lukman Ibrahim mengatakan bahwa hal tersebut adalah sesuatu yang sia-sia. "Allah berfirman,  (sifat) orang mukmin ialah menjauhi perkara yang sia-sia," ujarnya dikutip dari laman laman Says.

Ia juga mengingatkan untuk menghindari berselfie dan mengunggah gambar ke social media dengan tujuan menunjukan kemewahan dan kebanggan. Hal tersebut bisa menimbulkan sifat riya dan membuat orang lain menjadi dengki. Jika sudah begitu, hukum selfie menjadi haram dan dilarang.

Tambahnya, ia mengingatkan ketika beribadah sebaiknya untuk fokus dan tidak menunjukkan ke seluruh dunia. Sebab riya dan takabur bisa menghapus pahala ibadah.

Saat beribadah, konsepnya seperti bersedekah, tangan kanan memberi, tangan kiri sebaiknya tidak mengetahui. Maka dari itu, yuk kita jaga amal ibadah kita dengan tidak berselfie saat tarawih dan mengunggahnya ke social media. Bisa-bisa pahalamu selama bulan puasa bisa berkurang, lho. Jadi bagaimana denganmu sekarang? Mau hits di tengah masyarakat atau hits di hadapan Allah SWT sehingga bisa masuk ke dalam surga-Nya?
Top