Jangan Nyesek Kalau Belum Punya Momongan, Cara Ini Bisa Jadi Jalan Keluar yang Aman!


Siapa yang tidak bersedih kalau belum punya momongan? Pasti dalam hati bertanya-tanya apa masalah utama kenapa sampai saat ini belum berisi.

Kita semua pernah merasakan sebagai anak bagi kedua orang tua kita. Terlepas dari apakah sekarang kita telah berumah tangga dan telah memiliki anak atau bahkan cucu, maupun kita belum memilikinya. Yang pasti, kita telah berpengalaman bagaimana kehadiran kita di antara kedua orang tua benar-benar menambah kebahagiaan mereka.

Artikel pilihan : Tulisan Viral Wanita Cantik Manado Tolak Antar Harta, "Karena Menikah Bukan Tanggungan Orang Tua"

Dengan demikian benarlah bila anak disebut juga sebagai qurrata a'yun, yang berarti penyejuk pandangan mata bagi kedua orang tuanya. Dari pengalaman seperti itulah, kita yang telah berumah tangga begitu sangat mendambakan hadirnya seorang anak di tengah-tengah keluarga.

Selain itu memang Allah 'Azza wa jalla telah menganugerahkan fitrah bahwa kita butuh kepada seorang pasangan agar beranak-pinak dan melanjutkan perjuangan ibadah kita kepada-Nya. Tidak hanya anugerah fitrah ingin hidup berumah tangga untuk melestarikan jenis manusia saja, namun Dia 'Azza wa jalla juga memerintahkan agar pasutri senantiasa mengharap anak tatkala bersenang-senang bersama pasangannya. Dia 'Azza wa jalla berfirman:

أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَآئِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَأَنتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ عَلِمَ اللّهُ أَنَّكُمْ كُنتُمْ تَخْتانُونَ أَنفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنكُمْ فَالآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُواْ مَا كَتَبَ اللّهُ لَكُمْ

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu (yaitu anak[1]).” (QS al-Baqarah: 187)

Sehingga wajar jika menikah dan memiliki seorang anak menjadi impian bagi seluruh pasangan yang ada. Akan tetapi bagaimana dengan pasangan yang tidak bisa memiliki anak? hmmm rasa sedih dan terpuruk pasti ada menyelimuti pernikahan mereka pastinya.

Tapi tenang saja ada beberapa cara yang bisa buat pernikahan kalian tetap indah dan bahagia kok! Berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin tetap bahagia walau tidak memiliki anak, dikutip dari berbagai laman yang bisa dirimu terapkan agar tetap bangkit meskipun belum ada tawa si kecil yang menemani.

1. Adopsi anak


Jika kamu memang ingin mendengar langkah kaki kecil yang berlari di area rumah, diskusikanlah pada suami jika kamu ingin mengadopsi seorang anak. Dengan mengadopsi anak kamu juga bis amembantu mereka yang tidak memiliki siapa-siapa.

2. Pergi Berlibur


Pergilah keliling dunia selama mungkin menggunakan tabungan yang sudah kalian tabung selama ini. Keliling dunia dengan pasangan akan memberi kebahagian sendiri dan memberikan perspektif baru tentang kehidupan.

3. Pelihara seekor binatang. 


Mencintai binatang peliharaan hampir setara dengan mencintai anak kita sendiri, peliharalah seekor anjing atau kucing, atau burung.

4. Belilah sepetak kecil tanah dan mulai berkebun.



Artikel pilihan : Sempat Menggerutu di Depan Ka'bah, Wanita Ini Akhirnya Mendapat Kisah Nyata Seperti Ini!

Kamu akan menabur benih, menyirami dan merawatnya hingga tumbuh besar. Ini hampir sama dengan merawat anak hingga besar. Bahkan, psikolog mengatakan bahwa menanam pohon akan memberi kamu perasaan yang serupa dengan memberikan anak-anak.

Namun yang perlu digarisbawahi bagi pasangan suami istri yang telah lama menikah dan belum memiliki anak tetap tidak diperbolehkan untuk berputus asa dari Rahmat Allah SWT.

Doa adalah permohonan untuk dapat mengerjakan/berusaha dengan izin allah agar dalam segala urusan menjadi lancar. Begitupula dengan doa lekas hamil, dimaksudkan agar tetap bersemangat dalam berusaha bagi anda yang baru menikah atau sudah menikah bertahun-tahun dalam memiliki keturunan.

Doa agar cepat hamil yang dapat anda amalkan:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hablii min ash-shalihiin.

Artinya: Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (As-Shaffat: 100).

Wallahu a'lam.
Top