Ilmuwan Ungkapkan Bukti Ilmiah, Kemampuan Nabi Musa Membelah Laut Merah

Penulis Dzikir Pikir | Ditayangkan 08 Jun 2017
Ilmuwan Ungkapkan Bukti Ilmiah, Kemampuan Nabi Musa Membelah Laut Merah
pulsk.com

Setiap Nabi dan Rasul Allah diberikan kemampuan yang luar biasa, hal ini dinamakan mukjizat. Mukjizat hanya diberikan Allah SWT kepada para Nabi dan Rasul-Nya. Sedangkan manusia yang bukan berasal dari dua golongan tersebut diberikan kejadian yang luar biasa dari Allah SWT, maka kejadian tersebut tidak bisa disebut sebagai mukjizat, akan tetapi disebut sebagai karomah.

Sebagai contoh kita tahu bahwa manusia paling cerdas adalah Nabi Idris, beliau adalah nabi yang dikarunia Allah mukjizat berupa kejujuran, kepandaian, kemahiran, serta kemampuan dalam menciptakan hal-hal yang dapat memudahkan kegiatan manusia, seperti ilmu perbintangan, mengenal tulisan, ilmu berhitung, ilmu menjahit, dan lain sebagainya.

Nabi Nuh diselamatkan dari azab dengan semua pengikutnya bahkan hewan yang ikut dalam bahtera besar yang dibuatnya. Nabi Harun yang menguasai berbagai bahasa. Nabi Harun merupakan kakak dari Nabi Musa yang dikenal dengan mukjizatnya yang luar biasa.

Kala itu, Nabi Musa membelah laut merah guna dapat memungkinkan para pengikutnya, kaum Bani Israel, melewati jalur untuk menuju ke tepian di seberangnya.

Baca Juga: Wanita Lebih Utama Shalat di Rumah, Tapi Bagaimana dengan Shalat Tarawih? Ini Penjelasannya!

Setelah ribuan tahun berlalu pasca kejadiaan magis tersebut, ilmuwan mulai meyakini dan mencari pembuktian bahwa sebenarnya mukjizat ini adalah fenomena alam.

Dr Bruce Parker, seorang mantan kepala peneliti kelautan di Amerika Serikat, meyakini bahwa sejatinya Nabi Musa telah paham betul dengan teori bulan dan teori pasang surut air laut. Sehingga, Bruce percaya bahwa saat itu sang Nabi telah memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk melarikan diri dari kejaran bala tentara Firaun.

Ilmuwan Ungkapkan Bukti Ilmiah, Kemampuan Nabi Musa Membelah Laut Merah
Jalur yang dilampaui oleh Musa dan kawan-kawan.

Teori serupa pernah direpresentasikan dalam sebuah film Hollywood bertajuk “Exodus: Gods and Kings,” yang lebih kurang menarasikan bagaimana seorang Nabi Musa dapat memimpin kaumnya menyeberangi Laut Merah.

Dalam film tersebut, air laut tak terbelah hingga membentuk tembok raksasa di kanan kiri layaknya apa yang biasa kita bayangkan. Film tersebut menggambarkannya secara lebih realistis, di mana jalan setapak yang mereka lewati tetap digenangi air namun masih bisa dilewati. Persis seperti fenomena Tsunami di mana air terlebih dahulu surut hingga kemudian pasang membuncah dan menerjang semua yang dilewatinya.

Ilmuwan Ungkapkan Bukti Ilmiah, Kemampuan Nabi Musa Membelah Laut Merah
Cuplikan film Exodus Gods and Kings

Teori Bruce ini tentu tak lantas diterima begitu saja. Banyak yang skeptis kalau Nabi Musa bisa tahu kapan gempa dan tsunami dapat terjadi. Periode seperti itu terjadi paling lama hanya sekitar 10 sampai 20 menit. Durasi yang diperkirakan tak cukup untuk menyeberangkan para pengikut melewati jalur sepanjang itu.

Mungkin di sinilah mukjizat berperan terhadap Nabi Musa. Mereka yang punya asumsi sama dengan Bruce beropini bahwa Tuhanlah yang membisikkan kepada Musa kapan tsunami akan terjadi dan kapan waktu yang tepat untuk melarikan diri.

Teori ini diperkuat oleh fakta yang terjadi tahun 1798. Kala itu Napoleon Bonaparte beserta pasukannya menyeberangi teluk Suez. Lokasi itu berdekatan dengan Laut Merah, yang jauh hari sebelumnya pernah dilewati Nabi Musa.

Ilmuwan Ungkapkan Bukti Ilmiah, Kemampuan Nabi Musa Membelah Laut Merah
Cuplikan film Exodus Gods and Kings

Tanpa ragu, sang jenderal bersama para prajuritnya yang kebetulan mengendarai kuda, lalu menyeberangi tempat tersebut. Ketika hampir sampai di seberang, tiba-tiba air laut menjadi pasang. Jika mereka tak memacu kudanya, bisa saja pasangnya air laut yang tiba-tiba tersebut menenggelamkan ia bersama para prajuritnya.

Baca Juga: Kisah Sedih, Pria ini Baru Tahu Teman yang Benar-Benar Baik, Setelah ia Pura-Pura Bangkrut

Lagipula, Musa memang tinggal di dekat lokasi tersebut dalam waktu yang sangat lama. Ia paham bagaimana aktivitas yang terjadi di sana ketika Laut Merah tengah pasang maupun surut. Ia mungkin sudah mempelajari segala gejala langit dan ilmu untuk memperkirakan kapan air laut akan pasang dan surut.

"Dengan mengetahui kapan pasang surut laut terjadi, berapa lama dasar laut akan mengering, dan kapan air akan kembali menyatu, dijadikan sebagai perhitungan Musa dalam misi penyelamatan kaum Israel," ujar Bruce.

Lain halnya dengan Firaun yang tinggal di sepanjang Sungai Nil yang terhubung dengan Laut Tengah yang relatif tenang. Mereka pasti tak tahu perihal siklus pasang surut Laut Merah dan tentunya rencana Nabi Musa untuk memanfaatkan laut mematikan tersebut untuk melarikan diri darinya suatu saat nanti.

Itulah sepenggal teori dari ilmuwan terkenal yang menyatakan bahwa fenomena terbelahnya laut oleh Nabi Musa bukan keajaiban semata. Namun, ini hanya sebatas teori. Dan belum ada bukti kuat yang dapat membenarkannya. Entah percaya atau tidak, semuanya kembali lagi kepada kita.

Yang jelas adalah meskipun itu fenomena alam, namun jika tanpa campur tangan Allah tak akan terjadi pada saat itu. Dan bila benar ini fenomena alam semata, pasti Allah yang telah memberikan pengetahuan seluk beluk tentang hal tersebut kepada Nabi Musa seorang. Wallahu A'lam.
SHARE ARTIKEL