Hemat Hingga 20 Tahun Begini Pasang Listrik Panel Surya dan Hitung Biaya Pemasangan



Kita semua tahu banyak keluhan dimedia sosial mengenai kenaikan tarif listrik diakibatkan pencabutan Subsidinya. Namun ada caranya lho biar tarif listrik dirumah jadi lebih murah. Dijamin tokcer!

Sebenarnya jika hanya listrik yang naik tentu tidak mengapa, tapi hal ini berimbas akan naiknya harga-harga kebutuhan lainnya.

Sementara disisi lain, pendapatan statis atau bahkan, bagi pengusaha atau wiraswasta, akan mengalami penurunan omset karena daya beli masyarakat yang menurun akibat hal ini, mungkin.

Nah, buat kalian yang mau tarif listriknya lebih murah, ada caranya, namun sejauh ini terbatas bagi yang punya tabungan lebih bisa di manfaatkan untuk membeli alat yang dijamin ampuh hemat tenaga listrik di rumah.

Kalau dihitung, banyak sekali jumlah pembangkit tenaga listrik di Indonesia baik milik PLN maupun milik swasta dan asing.

Kendati PLN punya pembangkit tenaga listrik yang dimanagement oleh anak perusahaannya sendiri seperti Indonesia Power misalnya tapi itu masih jauh dari cukup, yang akhirnya harus membeli daya dari pembangkit milik swasta dan asing itu.

Jangan heran kalau sekarang dan nanti harga listrik semakin mahal, karena PLN beli ke mereka juga mahal semau mereka. BACA: Ini Cara Biar Tarif Listrik di Rumah Jadi Lebih Murah, Syaratnya Mudah Kok!

Artinya uang rakyat itu untuk memberi keuntungan bukan kepada negara, tapi kepada para pemilik modal itu atau disebut juga kapitalis.

Lalu bagaimana solusinya..?

Inilah solusi mujarab untuk menegakkan kedaulatan energi rakyat, PLTS atau Pembangkit Tenaga Surya.

MENGHITUNG BIAYA PEMASANGAN LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK RUMAH TANGGA
CARA MENGHITUNG INSTALASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA SURYA (PLTS) UNTUK RUMAH TANGGA

Untuk membangun PLTS untuk kebutuhan rumah tangga :

Langkah pertama, hitung berapa watt daya yang dibutuhkan oleh masing-masing peralatan dirumah dan berapa jam dipergunakan per hari. Hasil dari perhitungan tersebut akan menghasilkan daya dalam satuan watt jam perhari.

Langkah kedua,hitung jumlah aki yang dibutuhkan sesuai dengan hasil perhitungan daya yang dipergunakan per hari.Langkah ketiga, hitung berapa watt panel surya yang diperlukan untuk pengisian sejumlah aki yang diperoleh dari hasil perhitungan jumlah aki.

Langkah keempat, hitung berapa amper kapasitas charge kontroler yang dibutuhkan.
Langkah kelima, hitung berapa watt kapasitas inverter DC to AC yang diperlukan.

Langkah terakhir, hitung berapa biaya yang harus anda keluarkan.

Semisal hitung data listrik terpakai perhari:

Lampu 10 bh x 10 watt x 12 jam : 1200 watt hour,
Televisi 1 bh x 100 watt x 8 jam : 600 watt hour,
Kulkas 1 bh x 125 watt x 24 jam : 1000 watt hour (1/3 dari total watt karena kompresor tidak selalu berputar)
Lain-lain 100 watt x 5 jam : 500 watt hour,Total pemakaian per hari : 3300 watt hour.

HITUNG JUMLAH AKI YANG DIPERLUKAN :

Aki 12 volt 100 Amp Hour.

Kebutuhan aki harus juga mempertimbangkan hari-hari dimana sinar matahari tidak bisa keluar sempurna karena cuaca misalnya mendung selama 2 hari berturut-turut, dimana panel surya tidak dapat mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik selama 2 hari, untuk itu kebutuhan daya perhari harus dikalikan dengan 2.

Disamping itu juga harus diperhitungkan faktor efesiensi aki dan pada saat pemakaian aki tidak boleh dipakai sampai semua daya habis.Sebaiknya menggunakan aki jenis MF (Maintenace Free).

Jumlah Aki yang dibutuhkan = (Total Daya : Voltase Aki : Ah Aki) = 3300 Watt hour : 12 volt : 100 Ah= 2,75 dibulatkan 3 buah aki 100 Ah.

Sebaiknya aki dipergunakan hanya 50% dari kapasitas, maka : Jumlah aki yang diperlukan = 2 x 12 Volt 100 Ah = 6 bh aki.

Apabila terjadi cuaca ekstrim (mendung/tidak ada sinar matahari) selama 3 hari berturut-turut, maka : Jumlah aki yang diperlukan = 2 x 6 = 12 bh aki 100 Ah.

HITUNG JUMLAH PANEL SURYA YANG DIBUTUHKAN :

Panel surya 100 watt peak.Di Indonesia rata rata maksimum energi surya yang dapat diserap oleh panel surya dan dikonversi menjadi energi listrik rata-rata adalah 5 jam perhari (pkl. 9.00 s.d 14.00).

Jumlah kebutuhan panel surya : (3300 Watt Hour : 5 jam) : 100 Watt Peak = 6,6 (7) unit panel surya 100 Watt Peak (sebaiknya 8 unit 100 Wp).

HITUNG BESARNYA AMPERE CHARGE CONTROL YANG DIBUTUHKAN :

Ukuran (atau rating) untuk alat pengontrol arus masuk dan keluar dari aki ditentukan dalam satuan Ampere.Untuk menghitung kebutuhan charge controller, maka kita harus mengetahui dulu karakteristik dan spesifikasi dari panel surya, biasanya pada bagian belakang panel surya terdapat spesifikasi teknis, misalnya :

Maximum power (Pmax) 100W.
Type cell monocrystalline.
Voltage at Pmax (Vmp) 17.4V Current at Pmax (Imp) 5.75A
Short circuit current (Isc) 6.33A
Open circuit voltage (Voc) 21.6VMaximum system voltage 1000V
Yang harus diperhatikan adalah angka Isc (short circuit current), nilainya dikalikan dengan jumlah panel surya, hasilnya merupakan nilai berapa nilai minimal dari charge controller yang dibutuhkan :
7 x 6,33 = 44,31 Ampere (sebaiknya gunakan 60A).

KAPASITAS INVERTER YANG DIBUTUHKAN :

Besarnya watt inverter DC to AC yang diperlukan adalah :Jumlah pemakaian listrik (lihat angka 1) = 425 watt (sebaiknya menggunakan inverter sine wave 1000 watt) :

HITUNG BIAYA YANG DIBUTUHKAN :

Perhitungan kasar biaya yang dibutuhkan untuk dapat membackup peggunaan listrik dirumah sebesar 425 watt :

7 unit panel surya x 100 watt x Rp. 25.000 per watt = Rp. 17.500.000,-
12 buah aki Delcor N100 (100 Ah) x Rp. 1.400.000,- = Rp. 16.800.000,-
Charge controller 60 Ampere (40 A Rp. 2.500.000,-) = Rp. 3.000.000,-
Inverter 1000 watt 12 volt (modified sine wave) = Rp.2.250.000,-
Total biaya = Rp.39.550.000,-
Biaya tersebut diatas belum termasuk biaya pemasangan, kabel dan lain-lain.

Kesimpulannya, biaya untuk membangun PLTS rumah tangga cukup mahal. Investasi anda yang cukup mahal ini adalah untuk jangka panjang minimal 20 tahun (umur panel surya).

Untuk membandingkan mahal tidaknya investasi ini anda harus menghitung berapa anda harus membayar tagihan listrik setiap bulan x 12 bulan x 20 tahun (rata-rata umur pakai panel surya).

Top