Fakta Meninggalnya Seorang Jamaah Shalat Isya di Tebet, Ternyata Bukan Saat Shalat Tarawih

Meninggalnya seorang jamaah di Masjid Raya Al Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan tadi malam (Selasa, 13 Juni 2017) ini menarik perhatian banyak warganet. Namun bukan saat shalat tarawih seperti berita yang beredar. Berikut faktanya.



Sebelumnya, ternyata kejadian yang hampir serupa telah terjadi pada masa Rasulullah.

Sebagaimana hadist Rasulullah dari Ali bin Abi Tholib ra, dia berkata:
“Suatu hari saya akan menunaikan sholat subuh di masjid bersama Rasulullah saw, tapi di tengah jalan aku bertemu dengan seseorang yang sudah renta juga mau ke masjid untuk menunaikan sholat subuh, aku terus berjalan di belakangnya, dan ketika kami berdua sampai di masjid ternyata sholat berjamaah sudah usai, akhirnya aku sholat subuh berjamaah dengan kakek itu, dan ketika aku salam tahiyyat akhir si kakek tetap bersujud dan ternyata si kakek telah meninggal dunia, lalu para sahabat bertanya kepada Rasulullah saw, “Ya Rasulullah, bagaimana keadaan kakek ini di akhirat?” Rasulullah saw menjawab, “Dia masuk surga” (HR Ahmad & Daruqutni)

Dalam tayangan video dari hasil rekaman cctv Masjid Al Itihad, pada saat salat jamaah Isya, Selasa (13/6/2017), salah satu jamaah tidak terbangun dari sujudnya.

Setelah salat selesai, jamaah lainnya pun melihat dan mencoba membangunkannya. Namun betapa kagetnya, para jamaah salat tersebut mendapati seorang jamaah yang mengenakan baju biru tersebut sudah tidak bernafas, meninggal dunia dalam keadaan sujud.

Berikut video lengkapnya,



Mengutip akun facebook Lukman Alhikmah, seorang jamaah laki-laki yang berusia kurang lebih 50 tahun ini meninggal dunia (InsyaAllah) pada saat rokaat ketiga sholat Isya'. Kejadian tadi malam (Selasa, 13/06/17) ini memang langsung viral dan menyita perhatian banyak warganet. Diberbagai media sosial telah mengunggah video ini. Namun banyak yang tidak mengetahui fakta yang terkait peristiwa ini.

Baca Juga: Konglomerat ini Berikan Separuh Hartanya, Bagi yang Mau Menemaninya di Alam Kubur Selama 40 Hari

Banyak fakta yang diungkapkan oleh akun Lukman perihal jamaah laki-laki yang meninggal dunia ini antara lain,

1. Meninggalnya saat jamaah shalat Isya (InsyaAllah) pada rakaat ketiga, bukan pada saat jamaah shalat tarawih seperti berita yang beredar.

2. Menurut jamaah disampingnya, pada saat rakaat kedua beliau masih sempat berdiri lalu terjatuh. Dan pada tahiyat awal masih ikut duduk.

3. Dan pada rakaat ketiga beliau sujud tidak bangun-bangun, hingga selesai rakaat keempat dibangunkan jamaah lain. Inalilahi wa inna ilaihi rojiun, meski sudah ditelentagkan dan dikendorkan pakaian serta ditekan perutnya. Jamaah ini sudah tidak bernafas dan pupil matanya sudah putih.

Berikut hingga almarhum dibawa kerumah sakit.


Selain itu, Lukman juga mengatakan, bahwa almarhum masih saudara ipar Bapak Gamawan Fauzi yang pernah menjabat sebagai bupati Solok, Sumatera Barat.

Almarhum yang berasal dari Bandung ini rencana hari ini akan berangkat umrah bersama dengan 6 anggota keluarga lain. Karena salah satu kakak iparnya tinggal di Tebet, maka beliau jamaah shalat di Tebet, mengingat keberangkatan dijadwalkan shubuh tadi.

Berikut keterangan dari akun Lukman,

Selasa 13 juni 2017
Td saat sholat isya di Masjid Raya Al Ittihad ..ada seorang jamaah sedang sujud Sholat Isya meninggal..warga tebet mas..usia sktr 50 th. Laki2..nikmat sekali meninggal dlm keadaan husnul khotimah..smg kita nanti menghadap Alloh dlm keadaan husnul khotimah..Amiin

Almarhum orang bandung, sebenarnya almarhum bsk subuh mau berangkat umrah dgn 6 orang keluarganya salah satu kakak iparnya yg tinggal di tebet mas.

Almarhum Iparnya Bapak Gamawan Fauzi

Kata saksi disamping nya Cerita:
- Saat rekaat ke dua sholat isyak.. beliau berdiri terjatuh. Lalu Iman Takhiyat awal masih ikut Duduk.
- Saat rekaat ke Tiga.. Beliau tdk ikut berdiri tapi tetep sholat dg duduk.
-Nah saat sujud rekaat ke Tiga..Beliau ikut sijud dan tdk bangun2 .
- Begitu rekaat ke Empat selesai.. Baru dibantu Jamaah lain ..dibangunkan dan ditelentangkan.dg dikendorin Pakain serta di tekan2 Perutnya. Ternyata Pupil mata sudah putih
"Innalillahi..wa innailaihi Rojiuun".

MasyaAllah, semoga almarhum Husnul Khatimah dan diberikan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. Aamiin.
Top