Dituduh, Tulisannya Hasil Plagiarisme, Afi Menangis Saat Menjawab

Komentar
Jagad maya digegerkan dengan terungkapnya tulisan Afi yang di tuduh netizen adalah hasil plagiarisme. Komentar pedas dimana-mana pun berhamburan. Hingga saat ini pun akun Afi Nihaya Faradisa sudah tak bisa diakses.


Afi Nihaya Faradisa via topikini.com

Berikut komentar netizen,










Dan masih banyak lagi komentar netizen di media sosial. Anda bisa dengan mudah bisa mencarinya.

Dilansir Kompas.com, mata Asa Firda Inayah, atau kerap dipanggil Afi, tampak berkaca-kaca saat dimintai konfirmasi mengenai dugaan plagiarisme dalam tulisannya yang berjudul "Belas Kasih Dalam Agama Kita" yang diunggah di akun Facebooknya pada 25 Mei 2017. Dia menegaskan tidak melakukan hal yang dituduhkan tersebut.

Baca Juga: Diduga Tulisan Afi yang Viral itu Plagiarisme, Benarkah?

Seperti diketahui tulisan itu pernah ditulis tahun 2016, bahkan juga tahun 2012 seperti diposting akun facebook Rubia Syarifuddin diatas.





Awalnya, Afi yang ditemui Bayu Sutiyono di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, terlihat santai dengan jilbab pink saat diwawancara oleh Bayu Sutiyono dari KompasTV, Kamis (1/6/2017). Dia pun menjawab dengan cepat dan singkat, "tidak", saat ditanyakan terkait dugaan tersebut.

Afi mengaku belum mengetahui tuduhan plagiarisme yang ditujukan kepadanya. Dia mengatakan belum membuka media sosial.

"Saya  tidak tahu, saya belum banyak bukan sosmed," ucapnya.

Namun, kata dia, dia sudah banyak menulis dan tulisannya banyak yang di-copy orang.

"Saya memang menulis di akun-akun lama, dari tahun 2012 dan beberapa tulisan di akun Afi tulisan lama. Akun lama Afi sudah di-take down," kata Afi.

Ketika Bayu membacakan bahwa tulisan Afi mengenai "Belas Kasih Dalam Agama Kita" itu disebut mengutip tulisan Mita Handayani, yang disebut telah menulis pada 30 Juni 2016, dia menjawab tegas.

"Mita Handayani, minta konfirmasi aja sama akun Mita Handayani," kata Afi.

Afi mulai terlihat sedih. Matanya berkaca-kaca. Tetapi dia tetap menjelaskan mengenai dugaan plagiarisme tersebut.
Top