Bukan Soda yang Bikin Diabetes, Tapi Hati-hati Dengan Kopi & Teh!

Komentar
Gula memang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Tapi ingat satu hal, apapun yang berlebihan pasti tidak sehat dan berbahaya. Begitu juga gula yang akan membuat obesitas dan diabetes.



BACA JUGA: Kurma Sampai Tidak Kuat Menahan Tangisannya Karena Rindu Rasulullah SAW

Dalam hal ini, bukan berarti kita memakan gula mentah-mentah. Tapi perhatikan segala macam makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, seperti soda, teh maupun nasi. Memang minuman yang banyak banyak mengandung gula adalah soda. Tapi siapa sangka yang sangat berpotensi adalah teh dan kopi. Kok bisa?

"Sewajarnya, minum air itu berfungsi untuk hidrasi dan bukan menjadi sumber kalori. Tapi di kita, seringkali minuman sehari-hari seperti teh dan kopi ditambah gula," kata salah seorang peneliti di SEAMEO-REFCON, Ir. Helda Khusun, MSc, PhD di sela-sela temu media beberapa waktu lalu.

Menurut penelitian yang ia lakukan soal Calorie Intake and Physical Study, ia menemukan, gula yang ditambahkan dalam minuman berkontribusi terhadap 6,5 persen total energi--yang paling banyak disumbang oleh teh dan kopi.

Helda menggunakan 864 sampel di Indonesia yang melibatkan pria dan wanita umur 18-45 tahun di Jakarta Timur, Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan. Pola konsumsi seperti ini, diikuti dengan gaya hidup tidak aktif, berkaitan erat dengan peningkatan risiko Penyakit Tidak Menular seperti obesitas, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

"Untuk mencegah obesitas, kami menyarankan pentingnya memonitor keseimbangan asupan dan keluaran kalori dengan menurunkan konsumsi makanan tinggi lemak dan tinggi gula serta perubahan perilaku yang lebih aktif dengan menambah kegiatan bergerak seperti olahraga untuk pembakaran kalori," pungkasnya.

Nah, jangan sampai kita kena diabetes gara-gara minum kopi dan teh yang berlebihan..
Top