Berniat Bangun Masjid, Muslim di Jepang Hasilkan Anime Berkualitas yang Penuh Haru

Komentar

Islam memang sudah dipeluk oleh sebagian besar umat di dunia, termasuk Jepang. Di negeri Sakura, islam merupakan agama yang sudah tidak asing lagi. Di negara ini bahkan cukup banyak berdiri masjid.

Jepang sendiri mulai banyak pemeluk islam sejak usai perang dunia kedua. Banyak sekali tentara yang dinas ke luar negerinya dan kembali dalam keadaan menjadi muslim. Saat itulah islam mulai berkembang subur di negeri ini. Dan seperti inilah kehidupan islam di Jepang. Salah satunya adalah Jepang yang memiliki banyak masjid, yang mana meskipun sederhana namun penuh dengan kesadaran diri dan kedisiplinan ketika beribadah.

Ulasan terkait : Masih Banyak yang Keliru, Ini Bedanya Nama Islam dengan Nama Arab!

Hal ini memang memudahkan bagi setiap muslim dan muslimah dalam beribadah jama’ah. Meski demikian, di Jepang jarang sekali bangunan masjid yang mewah. Kebanyakan seperti rumah atau apartemen atau bangunan yang disewa beberapa orang.

Jepang adalah negara yang melarang keributan. Oleh sebab itu, tidak ada suara adzan yang terdengar melalui pengeras suara. Suara adzan hanya terdengar di dalam ruangan. Jadi, sebagai muslim di Jepang harus mengandalkan jam sebagai pengingat sholat.

Berbicara tentang masjid, percayakah jika anime Jepang sekarang juga memunculkan sisi agama Islam ke dalamnya? Wah, sungguh indah bukan sepertinya?

Mengenai rencana pembangunan sebuah mesjid di daerah shizuoka, Jepang, membuat organisasi muslim jepang yang menamai dirinya asosiasi Shizuoka Muslim, ciptakan film pendek anime guna penggalangan dana untuk membangun mesjid.

ASH Berencana membangun mesjid selain untuk tempat ibadah, juga untuk pertukaran pengetahuan antara muslim dan warga setempat.

Dilanasir dari The Asahi Shimbun, Sabtu 23 Januari 2016, organisasi ini memulai Proyek Masjid Shizuoka pada tahun 2010.

Sejauh ini mereka telah berhasil mengumpulkan 20 juta yen (USD 171.000) dari target 300 juta yen yang dibutuhkan untuk membangun masjid. Penasaran seperti apa anime besutan muslim jepang? Simak videonya dibawah ini:


Ulasan terkait : Sering Terdengar Lantuntan Dzikir di Masjid Ini, Pas Dilihat Tak Ada Orangnya!

Semoga apa yang dilakukan oleh Muslim di Jepang tersebut bisa terwujud dan bisa menjadi inspirasi untuk daerah lainnya yang belum tersentuh oleh nilai-nilai Islam. Semoga saja, bukan hanya sebagai film pendek saja, namun siapa tahu suatu saat akan ada anime Muslim dari Jepang yang mampu mendunia.
Top