Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia? Ada di Jawa Tengah Loh!

Penulis Unknown | Ditayangkan 05 Jun 2017

Selama ini,  Puncak Jaya Gunung Jayawijayalah tempat bersalju di Indonesia yang utama. Namun sayangnya, dikarenakan pemanasan global, tebal salju tersebut menyusut. Dari yang sebelumnya pada tahun 2010 31,49m, kini menyusut hingga 26,23m pada November 2015 lalu.

Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia? Ada di Jawa Tengah Loh!

BACA JUGA: Anak Sapi Berwajah Mirip Manusia Ini Disembah Warga, Alasannya Bikin Melongo

Bahkan diperkirakan salju yang katanya 'abadi' di gunung tertinggi se Indonesia (4.884 Mdpl) ini, akan semakin menyusut hingga mengering akibat pemanasan global. Lalu, adakah tempat lain yang bersalju di Indonesia?

Tentu saja ada dong, ada satu lagi lokasi lain di Indonesia yang dapat dibilang memilki penampakan 'salju'. Lokasi tersebut adalah di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Sepanjang sejarahnya suhu udara terdingin di Dieng mencapai minus 4 derajat celcius yakni pada bulan Agustus 2013. Fenomena cuaca ekstrim ini membuat lapangan disekitar kompleks candi Arjuna Dieng tertutup bun upas atau embun upas. Dengan ketebalan hingga 5 cm, embun upas ini kerap disamakan dengan salju. Fenomena ini semakin memperkuat julukan Dieng sebagai 'Eropanya Indonesia'.

Ada Lokasi Bersalju Baru di Indonesia? Ada di Jawa Tengah Loh!

Embun Upas ini tak hanya terjadi sekali, saat acara tahunan Dieng Culture Festival 2016, suhu di kawasan tersebut mencapai minus 2 derajat celcius. Kawasan yang dijuluki Negeri di Atas Awan itu juga dilanda ‘salju mini’. Embun-embun yang membeku, membentuk kristal es yang disebut embun upas tadi.

Jika beruntung kamu yang akan mengunjungi Dieng pada Agustus nanti mungkin dapat merasakan sensasi 'salju mini' tersebut. Hmmmm tertarik untuk berkunjung ke puncak ini?

SHARE ARTIKEL