Tak Banyak yang Paham, Hukum Makmum Membaca Al-Fatihah Ketika Imam Masih Membaca Surah. Berikut Penjelasan Al-Qur'an dan Hadist

pilarbangsa.com
Pertanyaan :
"Assalamualaikum Ustadz, apakah hukumnya makmum masih baca surah Al-Fatihah di belakang Imam?"

Contoh :Ketika imam membaca surat pendek sesudah surah Al-Fatihah (ketika sholat berjama'ah)
makmum juga sibuk membaca surah AL-Fatihah. Hal ini dialami ketika sholat berjama'ah jahriyyah (Shubuh, Maghrib, dan Isya').

BACA JUGA: Wahai Gadis Muslimah, 10 Ciri Laki-laki Ini Tak Boleh Kau Jadikan Suami Menurut Islam

Jawaban :
"Sunnah makmum membaca surah Al-Fatihah selepas bacaan Al-Fatihah imamnya. Hal ini adalah sekiranya  makmum mempunyai berat sangkaan bahwa dia sempat untuk membaca AL-Fatihah sebelum imamnya rukuk. Selepas itu, barulah makmum mendengar bacaan surah imamnya pula.

Namun, hal tersebut juga diketahui bahwa dia tidak akan sempat membaca Al-Fatihah sebelum imamnya rukuk, maka ketika itu sunnah bagi makmum tersebut membaca al-Fatihah beserta dengan imam tanpa perlu menunggu imamnya selesai membaca Al-Fatihah. (Fath al-'Allam, al-Syams al Munirah)."

Justru sunnah bagi makmum adalah mendengar bacaan imamnya (Mughni al-Muhtaj, I'anah al-Tolibin). Sebagaimana Allah SWT berfirman :

وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya : "Dan apabila al-Quran itu dibacakan, maka dengarlah akan dia serta diamlah (dengan sebulat-bulat ingatan untuk mendengarnya), supaya kamu beroleh rahmat." (Surah Al--A'raf ayat 204)

BACA JUGA: Bacalah! Amalan Ayat ‘Innahu Min Sulaimana Wa Innahu Bismillahirrohmanirrohim" Niscaya 3 Khasiat Ini Akan Kamu Dapatkan!

Rasulullah SAW bersabda :

(إذا كبر فكبروا، وإذا قرأ فأنصتوا (واه مسلم

Artinya : "Apabila imam bertakbir, maka hendaklah kamu bertakbir dan apabila imam membaca AL-Qur'an, maka hendaklah kamu diam."

Selain itu, dalam sebuah Hadist Hasan Sahih Rasulullah SAW bersabda:

إذا كنتم خلفي فلا تقرءوا إلا بأم القرءان

Artinya: "Apabila kamu berada dibelakangku(sebagai makmum), maka janganlah kamu membaca (Al-Qur'an) melainkan AL-Fatihah." (al-Darqutni)

Kesimpulan: Dalam firman Allah SWT dan sabda Rasulullah SAW  telah jelas dikatakan bahwa ketika imam masih membaca Surah Al-Fatihah, maka sebagai makmum hendaknya kita mendegarkan dan diam. Bukan membaca bersamaan dengan Imam. Semoga bermanfaat


Top